Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

10 Tanda Moms Akan Melahirkan dalam Waktu Dekat

10 Tanda Moms Akan Melahirkan dalam Waktu Dekat

Saat kehamilan sudah memasuki trimester ketiga, Moms pasti sudah menyiapkan diri untuk menyambut kelahiran Si Kecil. Terlebih lagi ketika waktu bersalin atau due date sudah semakin dekat, perasaan berdebar pun akan semakin memuncak. Selain persiapan isi tas yang akan dibawa ke rumah sakit serta mental dan fisik yang kuat, Anda pun perlu mengetahui tanda-tanda saat waktu melahirkan akan tiba. Dari tanda-tanda berikut ini, Moms jadi semakin siap untuk menjalani proses persalinan dengan lebih matang. Berikut ini tanda-tanda jika waktu melahirkan sudah dekat, Moms.

 

1. Kontraksi

Pada usia kandungan 37 minggu, biasanya Anda sudah mulai merasakan kontraksi. Penyebabnya, karena bayi sudah mulai turun ke tulang panggul lebih dalam lagi. Kontraksi pun bisa terjadi 3 kali dalam beberapa menit. Tapi, kontraksi palsu juga bisa terjadi yang dipicu oleh kelaparan atau dehidrasi, dengan ciri tidak kuat dan tidak intens.

Menjelang persalinan, kontraksi akan terasa lebih sering. Biasanya dengan interval dari 10 menit sekali, menjadi 8, 5, hingga 3 menit sekali. Durasi pun sekitar 20-40 detik tiap kontraksi. Jika kontraksi ini sudah semakin intens (dan Anda sudah sulit berbicara), segera ke rumah sakit ya, Moms!


Baca juga: Mengenal Jenis-Jenis Kontraksi

 

2. Pecah Ketuban

Pecah ketuban bisa terjadi setelah kontraksi. Apabila kondisi ini terjadi, Anda hanya merasa seperti sedikit mengompol, bukan mendadak 'banjir' seperti yang terlihat di sinetron. Menurut Ireland Health Service Executive, sekitar 80 persen wanita melahirkan secara spontan dalam 12 jam setelah ketubannya pecah. Bagi mereka yang tidak, biasanya harus diinduksi karena risiko infeksi sudah meningkat.


Baca juga: Moms, Kenali 7 Ciri-Ciri Ketuban Pecah Dini

 

3. Payudara 'Bocor'

Menjelang proses melahirkan, payudara 'bocor' atau ASI sudah mulai keluar. Susu yang keluar ini adalah kolostrum, cairan kaya nutrisi yang sangat baik untuk bayi, selain itu juga membuat ASI lancar keluar dalam beberapa hari setelah melahirkan. Agar tidak membuat baju Anda basah, gunakan breast pad yang disematkan di balik bra yang akan menyerap kolostrum tersebut.

 

4. Keluar Cairan Kental

Selama hamil, mulut rahim Anda dilapisi oleh lendir atau cairan kental berwarna cokelat, merah muda, atau guratan merah. Lendir ini akan luruh dan keluar dalam beberapa hari sebelum melahirkan. Bisa dalam satu gumpalan atau sedikit-sedikit dalam beberapa hari. Untuk memastikan kalau cairan kental itu bukan pendarahan, maka tanyakan pada dokter Anda. 

 

5. Serviks Mengembang

Leher rahim juga mulai membesar (membuka) dan mengecil (menipis) menjelang proses melahirkan. Mintalah dokter atau bidan untuk mengukur pelebaran dan penipisan melalui tes internal. Tapi, Moms tak perlu khawatir jika tanda ini tidak muncul, karena setiap orang memiliki perbedaan tanda saat akan melahirkan.

 

6. Sendi Lebih kendur

Sekitar satu minggu sebelum melahirkan, hormon relaksin akan membuat semua ligamen menjadi lemas dan kendur. Dan sebelum persalinan terjadi, sendi-sendi dalam tubuh pun akan terasa lebih kendur. Kondisi ini ternyata membantu untuk membuka pelvis Moms saat melahirkan Si Kecil.

 

7. Semakin Sering ke Toilet

Kondisi janin yang semakin besar akan menekan kandung kemih Anda. Maka tak heran, Moms menjadi lebih sering buang air kecil saat hamil, terutama di minggu terakhir kehamilan. Meski begitu, pastikan agar Anda tetap banyak minum air putih agar tehindar dari dehidrasi, ya!

 

8. Perubahan Cara Jalan

Saat cara berjalan Anda menjadi agak menyilang seperti koboi atau bebek,ini menjadi salah satu tanda Si Kecil akan segera lahir. Namun, apabila hal tersebut menganggu, mungkin Anda mengalami pelvic girdle pain (PGP). Dokter akan merekomendasikan physiotherapist, untuk mengajarkan Anda beberapa gerakan olahraga, atau menyediakan sabuk khusus untuk tulang panggul Anda.

 

9. Bengkak pada Labia

Sepanjang kehamilan, berbagai perubahan bentuk tubuh terjadi, seperti bengkak di kaki yang Moms alami. Dan menjelang persalinan, labia atau bibir vagina juga akan bengkak. Hal ini disebabkan meningkatnya volume darah di tubuh ibu hamil. Untuk meredakan bengkak ini, Anda bisa kompres dengan ice pack.

 

10. Lebih Sering Kram dan Nyeri Punggung

Menjelang persalinan, otot-otot dan sendi meregang dan tubuh terasa pegal-pegal. Anda juga akan mengalami kram yang lebih sering. Rasa nyeri juga menghampiri, khususnya di area pangkal paha dan punggung. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)