Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

10 Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil

10 Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil

Mengonsumsi makanan sehat sangat penting buat ibu hamil. Hal ini dibutuhkan untuk kesehatan Anda dan kandungan serta tumbuh kembang janin yang optimal.

Salah satu makanan yang sering direkomendasikan untuk ibu hamil adalah kacang hijau. Kacang jenis ini memang sangat terkenal di Indonesia karena harganya yang relatif murah, bisa diolah menjadi beraneka makanan lezat, serta kaya nutrisi.

Kacang hijau bisa Moms jadikan makanan wajib untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Anda sehari-hari. Saat nutrisi bumil terpenuhi, maka hal itu akan membantu perkembangan dan pertumbuhan janin.

Ada banyak manfaat yang diperoleh bumil dengan mengonsumsi kacang hijau secara rutin. Apa saja? Cek penjelasannya berikut ini.

1. Mengurangi risiko masalah kehamilan

Kandungan folat pada kacang hijau cukup tinggi, Moms. Konsumsi folat di masa kehamilan mampu memberikan perlindungan pada bayi agar terhindar dari kelahiran prematur, berat badan rendah saat lahir, dan membantu mencegah cacat tabung saraf (NTD) serta kelainan serius pada otak dan sumsum tulang belakang bayi.

2. Menjaga kesehatan

Kacang hijau kaya vitamin C. Seperti kita tahu, vitamin C merupakan sumber antioksidan yang baik untuk mengusir radikal bebas di dalam tubuh sehingga akan menjaga kesehatan tubuh bumil tetap prima.

Baca juga: Manfaat Vitamin C untuk Ibu Hamil dan Dosis yang Dibutuhkan

3. Memperkuat tulang

Kacang hijau juga mengandung vitamin K. Vitamin ini berperan besar dalam pembekuan darah dan penyembuhan luka. Selain itu, fungsi vitamin K yang tak kalah penting adalah mempertahankan kondisi tulang agar tetap kuat buat bumil dan janin dalam kandungan.

4. Mengatasi masalah pencernaan

Gangguan pencernaan sering dialami bumil. Mengonsumsi kacang hijau bisa menjadi solusinya, karena kacang hijau kaya kandungan serat yang akan membantu Anda mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit dan menjaga kesehatan saluran pencernaan.

5. Sumber energi

Kandungan lain pada kacang hijau yang cukup tinggi adalah karbohidrat. Karbohidrat merupakan sumber energi buat tubuh. Karena itu, dengan mengonsumsi kacang hijau, energi dalam tubuh akan tetap terjaga, Moms.

6. Mencegah anemia

Anemia di masa kehamilan sangat berbahaya karena berisiko memicu pendarahan saat persalinan dan keguguran. Kacang hijau mengandung zat besi yang membantu proses pembentukan hemoglobin dalam darah, sehingga dengan mengonsumsi makanan ini, bumil bisa terhindar dari anemia.

7. Menjaga produksi sel dan cairan tubuh

Kandungan kalium dalam kacang hijau akan membantu tubuh Anda untuk mempertahankan produksi sel dan menjaga cairan tubuh.

8. Mengurangi morning sickness

Kacang hijau juga mengandung vitamin B yang bisa membantu mengatasi masalah pencernaan dan mengurangi mual dan muntah yang sering dialami bumil di masa-masa awal kehamilan. Selain itu, vitamin B juga memiliki banyak manfaat untuk janin, misalnya mengoptimalkan perkembangan otak, sistem saraf, dan jantung.

9. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan lemak yang dimiliki kacang hijau tergolong rendah yang tentunya baik buat kesehatan Moms yang tengah hamil. Kacang hijau mengandung lemak tak jenuh yang penting untuk kesehatan organ jantung. Dengan kandungan lemak yang tergolong rendah, konsumsi kacang hijau secara teratur akan bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh secara alami.

10. Membantu tubuh tetap bugar

Mineral mangan yang terkandung dalam kacang hijau juga punya peran besar dalam membantu melawan radikal bebas. Karena itu, dengan mengonsumsi kacang hijau, tubuh Anda akan tetap bisa bugar dan sehat selama masa kehamilan. (M&B/SW/Foto: Freepik)