Type Keyword(s) to Search
BABY

Manfaat Jambu Biji untuk MPASI Bayi 6-12 Bulan

Manfaat Jambu Biji untuk MPASI Bayi 6-12 Bulan

Bayi Anda sudah memasuki usia MPASI, Moms? Yeaayy! kini waktunya untuk berkreasi dengan berbagai makanan sehat, nih. Salah satu menu MPASI yang enak dan pasti disukai Si Kecil adalah buah jambu biji atau guava. Buah yang satu ini tak hanya lezat, tapi juga banyak manfaatnya untuk menunjang tumbuh kembang bayi Anda.

Kapan bayi boleh makan jambu biji? Apa manfaat jambu biji untuk bayi? Dan bagaimana cara aman memberikannya kepada bayi? Nah, untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, baca penjelasan lengkapnya berikut ini, Moms.

Baca juga: Manfaat Jambu Biji untuk Kesuburan dan Kehamilan

Cara menyajikan MPASI jambu biji

Ingat, jambu biji memiliki biji-biji kecil dan keras yang mungkin sulit untuk diolah di dalam saluran cerna Si Kecil. Maka, perhatikan cara aman untuk menyajikan jambu biji berikut ini.

1. Semua makanan bisa saja menimbulkan reaksi alergi pada anak, termasuk jambu biji. Maka setelah memberikan puree jambu biji untuk bayi, tunggu beberapa hari (disarankan setidaknya 3 hari) untuk melihat apakah anak Anda alergi jambu biji. Jika aman, Anda boleh memberikannya lagi.

2. Walau mungkin bayi Anda menyukai jambu biji, sebaiknya jangan memberi Si Kecil jambu biji setiap hari ya, Moms. Batasi konsumsi jambu biji hanya 1 atau paling banyak 2 kali seminggu, karena buah ini mengandung asam alami yang mungkin bisa memicu ruam popok.

3. Berikan sedikit demi sedikit, dan pastikan Anda sudah mengolah jambu biji dengan benar. Caranya, cuci bersih, kupas, dan potong jambu biji. Rebus atau kukus jambu, lumatkan, dan saring (pastikan bijinya tidak ada yang tersisa lagi). Berikan puree lembut tersebut sedikit demi sedikit.

Kapan bayi boleh makan jambu biji?

Tentu saja jambu biji aman dikonsumsi bayi yang sudah memasuki usia MPASI (6 bulan ke atas). Namun, perhatikan teksturnya dan pastikan sudah tidak ada biji dan kulitnya ya Moms, agar Si Kecil tidak tersedak.

Daging jambu biji juga tergolong keras untuk bayi, terutama yang baru belajar menikmati MPASI, jadi sebaiknya kukus terlebih dahulu buahnya sebelum diberikan kepada Si Kecil. Moms juga bisa membuat puree dari campuran jambu biji dan buah lain atau bahkan sayuran lain, misalnya mencampur jambu biji dengan buah pir atau brokoli.

Manfaat MPASI jambu biji untuk anak

Jambu biji punya sederet manfaat untuk bayi Anda, Moms, antara lain:

  • Menjaga kesehatan mata, karena jambu biji kaya akan vitamin A.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh, berkat kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya.
  • Mencegah kanker, karena tingginya kadar antioksidan seperti vitamin A, C, E, dan lycopene.
  • Mengoptimalkan perkembangan otak. Buah asam manis yang satu ini kaya akan folat, riboflavin, vitamin B3, B6, K, dan thiamin, semuanya baik untuk mengoptimalkan perkembangan otak bayi.
  • Menjaga kesehatan saluran cerna karena jambu biji tinggi serat.
  • Mencegah dan meredakan konstipasi, Terima kasih untuk kandungan serat yang banyak terdapat dalam jambu biji.
  • Mencegah obesitas. Buah ini kaya akan kandungan air dan serat, sehingga anak akan merasa kenyang lebih lama. Jambu biji juga baik untuk dijadikan menu camilan balita lho, Moms.

Yuk, berikan jambu biji untuk menu MPASI bayi Anda, Moms! (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Freepik)