Type Keyword(s) to Search

7 Manfaat Makan Jengkol untuk Ibu Hamil

7 Manfaat Makan Jengkol untuk Ibu Hamil

Saat hamil, ada-ada saja makanan yang bikin bumil ngidam. Dari makanan yang asam, sulit dicari, sampai yang tadinya tidak disukai pun kini mungkin saja menjadi makanan favorit bumil, termasuk makan jengkol. Ya, tidak sedikit lho, bumil yang ngidam makan jengkol. Sebenarnya, boleh enggak sih, makan jengkol saat hamil? Apa sih, manfaat jengkol? Cari tahu infonya di bawah ini yuk, Moms!

Jengkol berasal dari tanaman yang bernama latin Archidendron pauciflorum. Jengkol memiliki ciri khas, yakni baunya yang menyengat. Meskipun begitu, jengkol menjadi salah satu makanan kegemaran masyarakat Indonesia. Melansir Steemit.com, ini manfaat jengkol bagi tubuh Anda, Moms.

1. Mencegah anemia

Ternyata jengkol kaya akan kandungan zat besi yang sangat penting untuk mencegah kekurangan produksi sel darah merah di tubuh Anda. Moms tentu sudah tahu kan, kalau kekurangan zat besi bisa mengurangi produksi sel darah merah. Kalau sudah begitu, pengiriman oksigen dan nutrisi untuk janin juga akan berkurang.

2. Memperkuat tulang

Makanan yang sering dijadikan semur dan rendang ini kaya akan protein, kalsium, dan fosfor. Semua kandungan tersebut tentunya baik untuk menjaga tulang Anda dan janin di dalam kandungan agar tetap sehat dan kuat. Kandungan tersebut juga baik untuk mencegah osteoporosis lho, Moms.

3. Membasmi radikal bebas

Jengkol mengandung banyak vitamin, seperti vitamin A, B1, B2, dan vitamin C. Seperti yang Moms ketahui, vitamin A sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A dan vitamin C juga berguna sebagai antioksidan yang sangat baik untuk membasmi radikal bebas penyebab kanker.

4. Bebas konstipasi saat hamil

Moms harus tahu kalau ternyata jengkol cukup kaya serat dan bisa membantu melancarkan pencernaan, lho. Jadi, ucapkan bye bye pada konstipasi!

5. Mencegah diabetes

Aneh tapi nyata! Jengkol ternyata bisa mencegah diabetes. Kok bisa, ya? Bisa, karena jengkol memiliki suatu zat yang unik dan hanya dimiliki oleh jengkol, itu adalah jengkolat acid atau sering juga disebut djengkolic acid, suatu asam amino dengan atom belerang yang baik untuk mencegah diabetes.

6. Mencegah penyempitan pembuluh darah

Kandungan mineral pada jengkol efektif membantu melebarkan pembuluh darah yang menyempit, sehingga darah yang mengalir ke arah jantung akan menjadi lebih lancar.

7. Mencegah bayi lahir cacat

Jengkol memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi lho, Moms. Zat ini tentu saja sangat baik untuk membantu mencegah bayi lahir dalam keadaan cacat. (M&B/Tiffany/SW/Foto: Freepik)


Read Next

More Frombump to birth