Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Ini Penyebab Kulit Kering saat Hamil dan Cara Mengatasinya

Ini Penyebab Kulit Kering saat Hamil dan Cara Mengatasinya

Di masa kehamilan, berbagai macam keluhan memang wajar dialami bumil. Beberapa keluhan yang paling sering dirasakan adalah mual, pusing, sakit punggung, dan kulit kering. Ya, kulit bumil memang jadi lebih sensitif dan cenderung lebih kering. Apa sih, yang menyebabkan kulit kering saat hamil? Cari tahu faktanya, yuk!

Baca juga: Tips Merawat dan Mengatasi Masalah Kulit Kering pada Wajah

Penyebab kulit kering pada ibu hamil

Pertama, tenang saja karena Anda tidak sendiri, Moms! Menurut penelitian yang dimuat di Journal of Obstetrics & Gynaecology of India, sekitar 90 persen wanita hamil mengalami perubahan pada kulit mereka. Ada yang memang sudah mengalami masalah tersebut sejak sebelum hamil, tapi ada juga yang baru mengalaminya saat hamil. Apa sih, penyebab kulit kering saat hamil? Berikut ini penyebabnya.

1. Perubahan hormon. Hormon kehamilan bisa mengurangi atau bahkan menghilangkan lapisan hidrolipid yang melindungi permukaan kulit Anda. Akibatnya, kulit bumil jadi kurang lembap.

2. Kebutuhan cairan meningkat. Selain itu, tubuh Anda sedang membutuhkan lebih banyak cairan dibandingkan biasanya, karena diperlukan untuk meningkatkan volume darah dan oksigen. Nah, jika bumil tidak memenuhi kebutuhan cairan hariannya, maka risiko kulit kering pun akan meningkat.

3. Kekurangan vitamin A. Jika pola makan bumil rendah vitamin A, maka risiko kulit kering bisa meningkat, lho. Kulit Anda juga akan terasa lebih kasar dan mungkin mengelupas. Karena itu, konsumsi makanan yang kaya vitamin A, ya.

4. Peregangan kulit. Saat kulit tubuh Anda meregang seiring dengan membesarnya kandungan, maka kulit Anda juga akan makin kering dan gatal. Namun, gangguan ini hanya bersifat sementara kok, Moms.

5. Terlalu sering mandi. Bumil biasanya mudah gerah, sehingga besar kemungkinan ia akan lebih sering mandi dibandingkan biasanya. Padahal terlalu sering mandi bisa melunturkan pelembap alami di kulit Anda lho, Moms. Kalau sudah begini, kulit pun jadi lebih kering dan terasa kasar.

Bagian kulit yang jadi kering saat hamil

Entah Anda hamil untuk yang pertama kalinya atau lebih, kulit kering saat hamil adalah masalah yang normal terjadi. Tak perlu khawatir, karena ini sifatnya sementara dan akan hilang setelah Anda melahirkan kok, Moms.

Biasanya bumil akan mengalami kulit kering di beberapa bagian tubuh, tapi yang paling sering adalah daerah perut. Area ini akan makin kering di trimester 2 dan trimester 3, karena perut Anda makin besar dan area itu sedang membutuhkan lebih banyak air daripada biasanya. Bagian tubuh lain yang juga mungkin mengering seiring bertambah besarnya usia kehamilan Anda adalah wajah, tangan, leher, payudara, dan paha.

Baca juga: Mencegah Kulit Kering saat Hamil

Cara mengatasi kulit kering saat hamil

1. Hindari mandi dengan air yang terlalu panas atau terlalu dingin, karena ini bisa menghilangkan pelembap alami dari kulit Anda.

2. Penuhi kebutuhan air harian Anda. Bumil setidaknya butuh 10 gelas air per hari.

3. Pakai moisturizer dan hydrator. Ada bedanya lho, Moms! Hydrator memberikan air pada permukaan kulit Anda, sedangkan moisturizer untuk melembapkan kulit.

4. Anda bisa menambahkan essential oil ke dalam air mandi Anda untuk membantu mengurangi masalah kulit kering saat hamil.

5. Lindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari langsung dengan menggunakan tabir surya.

6. Konsumsi makanan yang mengandung lemak sehat, seperti alpukat, kacang-kacangan, minyak zaitun, dan sayuran hijau.

7. Jika tempat tinggal Anda terbilang kering dan kurang lembap, maka tidak ada salahnya untuk menggunakan room humidifier agar udara di rumah Anda tidak kering. (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Freepik)