Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

6 Kebiasaan yang Perlu Dihindari saat Anda Hamil

6 Kebiasaan yang Perlu Dihindari saat Anda Hamil
6 Kebiasaan yang harus dihindari oleh ibu hamil. (Foto:Dok. Yanalya/Freepik)

Selama menjalani masa kehamilan, Anda perlu mengubah sejumlah kebiasaan yang Anda lakukan. Pasalnya, ada beberapa kebiasaan, baik itu disadari atau tidak, yang ternyata bisa berdampak buruk terhadap kesehatan dan keselamatan Anda dan janin Anda. Kondisi kesehatan fisik dan mental Anda akan menentukan kesehatan janin. Oleh karena itu, ada beberapa kebiasaan saat hamil yang harus Moms hindari, seperti telah dirangkum oleh M&B berikut ini, Moms.

Baca juga: Kebiasaan Ibu Hamil yang Bisa Berdampak pada Bayi

1. Duduk atau berdiri terlalu lama

Selama hamil, hindari untuk duduk atau berdiri terlalu lama ya Moms, karena kebiasaan ini bisa berisiko mengganggu tumbuh kembang janin Anda. Terlalu lama berdiri saat hamil akan membuat aliran darah menuju rahim menjadi terganggu.

Sementara saat duduk, pinggul bagian bawah akan tertekan. Hal ini bisa menghambat peredaran darah, di mana volume darah meningkat sebesar 50 persen saat hamil. Aliran darah pun akan menggumpal di bagian-bagian tubuh tertentu, misalnya kaki dan panggul. Makin banyak darah yang menggumpal, Anda akan berisiko terkena penyakit trombosis vena dalam (DVT) dan emboli paru, yang akan berakibat sangat fatal, bukan hanya untuk Anda tapi juga untuk janin.

2. Memakai sepatu berhak tinggi

Kebiasan lain yang tanpa disadari dilakukan bumil adalah memakai sepatu berhak tinggi. Memakai sepatu hak tinggi bisa membuat Anda berisiko jatuh dan membahayakan keselamatan janin. Selain itu, memakai sepatu hak tinggi juga bisa membuat Anda sakit di bagian punggung karena adanya perubahan postur tubuh dan sakit pada pergelangan kaki yang bengkak. Ada baiknya jika Moms menggunakan sepatu datar tanpa hak dan memiliki sol yang lunak.

3. Bekerja terlalu keras

Tetap aktif saat hamil memang tidak ada salahnya kok, Moms, tapi bukan berarti Anda harus bekerja terlalu keras. Jika dipaksakan, hal ini justru bisa mengganggu kondisi kesehatan Anda seperti kelelahan, stres, dan dehidrasi. Oleh karena itu, Anda harus bisa menyeimbangkan diri dengan memperoleh istirahat yang cukup dan jangan memaksakan diri bekerja terlalu keras jika memang dirasakan tubuh sudah sangat lelah.

4. Mengonsumsi terlalu banyak gula

Asupan gula saat hamil adalah salah satu kebiasaan yang harus Moms hindari saat hamil. Konsumsi gula yang berlebihan saat hamil bisa mengakibatkan kenaikan berat badan yang berlebihan. Selain itu, mengonsumsi gula terlalu banyak juga bisa meningkatkan kadar glukosa dan insulin, sehingga akan berdampak buruk pada perkembangan janin dan proses kelahiran kelak.

5. Olahraga berlebihan

Olahraga memang baik untuk kesehatan Anda, tapi hindari melakukan olahraga yang terlalu berat dan berlebihan ya, Moms. Sebaiknya, pilihlah jenis olahraga yang memang sesuai dengan kondisi dan kemampuan Anda, seperti berenang atau berjalan sehat. Jika Anda melakukan olahraga yang berlebihan, hal tersebut justru bisa membuat jaringan otot tubuh menjadi tegang, sehingga membuat tubuh terasa sakit bahkan bisa mengganggu proses persalinan nanti. Jika Anda ingin berolahraga, tidak ada salahnya untuk mencari informasi dan meminta persetujuan dokter terlebih dahulu.

6. Memakai pakaian ketat

Tahukah Anda bahwa kebiasaan memakai pakaian ketat saat hamil bisa mengganggu kesehatan Anda? Saat hamil, sistem peredaran darah tubuh akan lebih terbebani dengan adanya berbagai perubahan. Memakai pakaian ketat justru akan makin memperparah kondisi Anda. Selama hamil, pembuluh darah akan membesar sebagai persiapan untuk peningkatan volume darah yang berkembang untuk janin. Memakai pakaian yang ketat bisa mengganggu sirkulasi darah dan membuat beberapa bagian tubuh terasa kebas.

Itulah 6 kebiasaan saat hamil yang perlu Anda hindari, demi kesehatan dan keselamatan Anda dan janin di dalam kandungan, Moms. (M&B/Fariza Rahmadinna/SW/Foto: Yanalya/Freepik)