Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

8 Sayuran dengan Kandungan Vitamin C Paling Tinggi, Bagus buat Anda

8 Sayuran dengan Kandungan Vitamin C Paling Tinggi, Bagus buat Anda

Menjaga daya tahan tubuh agar tetap selalu optimal tentu sangat penting. Bila daya tahan tubuh menurun, segala bakteri dan virus bisa menyerang. Alhasil, berbagai penyakit bisa kita alami. Karena itu, Moms perlu lakukan antisipasi untuk mempersiapkan tubuh berperang melawan bakteri dan virus.

Salah satu caranya adalah dengan menjaga pola makan sehat tinggi vitamin, terutama vitamin C. Melansir Healthline, vitamin C telah lama dikenal sebagai antioksidan yang ampuh, berperan dalam menjaga kulit tetap sehat, dan memperbaiki fungsi imun.

M&B telah merangkum 8 sayuran yang tinggi kandungan vitamin C untuk Anda konsumsi. Simak penjelasannya berikut ini, Moms.

1. Kale

Daun kale mengandung 120 mg vitamin C setiap 100 gramnya. Satu cangkir berisi daun kale mentah yang sudah dipotong-potong mengandung vitamin C sebanyak 80 mg yang setara dengan hampir 90 persen kebutuhan vitamin C harian Anda.

Tak hanya itu, porsi ini juga mengandung tinggi vitamin K. Satu cangkir berisi daun kale yang sudah dimasak mengandung 53 mg vitamin C. Meskipun memasak sayur terlalu lama memang sudah diketahui umum bisa mengurangi kandungan vitamin C, merebus, memanggang, atau mengukus sayuran hijau dapat membantu melepaskan antioksidan. Antioksidan ini sangat berguna untuk mengurangi risiko penyakit yang disebabkan oleh inflamasi kronis.

2. Brokoli

Setiap 100 gram brokoli mengandung 89 mg vitamin C alias bisa memenuhi 99 persen kebutuhan vitamin C harian Anda. Satu setengah cangkir berisi brokoli yang sudah dimasak menyediakan 51 mg vitamin C atau setara dengan 57 persen kebutuhan vitamin C harian Anda.

Ada banyak studi yang menunjukkan kemungkinan hubungan antara mengonsumsi banyak sayuran kaya vitamin C dengan tingkat stres yang menurun, imunitas yang membaik, dan risiko kanker serta penyakit jantung yang menurun.

3. Kangkung

Sayuran berdaun panjang ini pastinya merupakan salah satu sayuran yang disukai masyarakat Indonesia. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang lezat membuatnya disukai mulai dari yang muda hingga yang tua. Terlebih lagi bila Anda mengetahui bahwa kangkung mengandung banyak sekali vitamin C.

Secangkir kangkung mengandung 80,4 mg vitamin C. Tak hanya itu, sayuran ini juga tinggi akan vitamin A, vitamin K, mineral, dan asam lemak yang dibutuhkan oleh tubuh Anda.

4. Kembang kol

Teksturnya yang renyah dan rasanya yang enak menjadikan kembang kol sebagai salah satu sayuran yang disenangi banyak orang. Tidak hanya itu, ternyata kembang kol juga mengandung banyak sekali vitamin C. Secangkir kembang kol yang sudah dicincang mengandung 50 mg vitamin C. Selain itu, kembang kol juga kaya akan serat, kalsium, potasium, folat, vitamin K, dan antioksidan.

5. Kacang kapri

Kacang kapri mungkin terlihat kecil, meskipun begitu setiap 100 gramnya mengandung 60 mg vitamin C yang setara dengan 67 persen rekomendasi kebutuhan vitamin C harian. Selain itu, sayuran ini juga menyediakan cukup serat buat Anda. Serat sangat membantu untuk menjaga pencernaan tetap sehat, mengurangi kadar kolesterol dalam darah, serta menurunkan risiko obesitas.

6. Kubis

Memiliki aroma dan rasa yang khas, kubis juga bisa membantu pemenuhan kebutuhan vitamin C Anda, Moms. Satu cangkir kubis mentah mengandung sekitar 30 mg vitamin C, sedangkan satu cangkir kubis yang sudah dimasak mengandung hampir 60 mg vitamin C. Selain itu, kubis juga mengandung banyak mineral, vitamin K, serat, dan bisa berperan sebagai antioksidan.

7. Brussel sprout

Sayuran ini mengandung 85 mg vitamin C dalam setiap 100 gramnya. Satu setengah cangkir brussel sprout yang sudah dikukus menyediakan 49 mg atau setara dengan 54 persen rekomendasi kebutuhan vitamin C harian.

Selain itu, sayuran yang sering disebut kubis Brussel ini juga kaya akan serat, vitamin K, folat, vitamin A, dan mineral. Melansir Healthline, sebuah studi menemukan bahwa konsumsi harian vitamin C yang tinggi berkaitan dengan menurunnya sekitar 26 persen risiko patah tulang pinggul dan 33 persen risiko osteoporosis.

8. Bayam

Siapa yang tak suka bayam? Bahkan tokoh kartun Popeye saja menyukainya dan menjadikannya "senjata" untuk membantu mengoptimalkan kemampuan tubuhnya. Manfaat bayam ternyata tak hanya fiksi kisah kartun semata, karena setiap 100 gram bayam mampu memenuhi 34 persen rekomendasi kebutuhan vitamin C harian. Tak hanya itu, bayam juga mengandung vitamin A, vitamin K, mineral, serat, dan protein yang baik buat tubuh. (M&B/Gabriela Agmassini/SW/Foto: Freepik)