Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

8 Sayuran dengan Kandungan Vitamin C Paling Tinggi

8 Sayuran dengan Kandungan Vitamin C Paling Tinggi

Menjaga daya tahan tubuh agar tetap selalu optimal tentu sangatlah penting. Bila daya tahan tubuh menurun, segala jenis bakteri dan virus bisa menyerang. Alhasil, berbagai penyakit bisa diderita. Karena itu, Moms perlu lakukan antisipasi untuk mempersiapkan tubuh berperang melawan bakteri dan virus.

Salah satu cara menjaga daya tahan tubuh adalah dengan pola makan sehat tinggi vitamin, terutama vitamin C. Melansir Healthline, vitamin C telah lama dikenal sebagai antioksidan yang ampuh, berperan dalam menjaga kulit tetap sehat, dan memperbaiki fungsi imun. Berikut ini 8 sayuran yang tinggi kandungan vitamin C untuk Anda konsumsi, Moms.

Baca juga: 10 Sayuran Terbaik untuk Ibu Menyusui

1. Kale

Daun kale mengandung 120 mg vitamin C setiap 100 gramnya. Satu cangkir berisi daun kale mentah yang sudah dipotong-potong mengandung vitamin C sebanyak 80 mg, yang setara dengan hampir 90 persen kebutuhan vitamin C harian Anda. Tak hanya itu, porsi ini juga mengandung tinggi vitamin K. Satu cangkir berisi daun kale yang sudah dimasak mengandung 53 mg vitamin C.

Meskipun memasak sayur terlalu lama memang sudah diketahui umum bisa mengurangi kandungan vitamin C, merebus, memanggang, atau mengukus sayuran hijau bisa membantu melepaskan antioksidan. Antioksidan ini sangat berguna untuk mengurangi risiko penyakit yang disebabkan oleh inflamasi kronis.

2. Brokoli

Setiap 100 gram brokoli mengandung 89 mg vitamin C alias bisa memenuhi 99 persen kebutuhan vitamin C harian Anda. Satu setengah cangkir berisi brokoli yang sudah dimasak menyediakan 51 mg vitamin C atau setara dengan 57 persen kebutuhan vitamin C harian Anda.

Ada banyak studi yang menunjukkan kemungkinan hubungan antara mengonsumsi banyak sayuran kaya vitamin C dengan tingkat stres yang menurun, imunitas yang membaik, dan risiko kanker serta penyakit jantung yang menurun.

3. Kangkung

Dengan teksturnya yang lembut dan rasanya yang lezat, sayuran berdaun panjang ini jadi salah satu sayuran favorit masyrakat Indonesia. Terlebih lagi jika Anda tahu bahwa kangkung mengandung banyak sekali vitamin C. Secangkir kangkung mengandung 80,4 mg vitamin C. Tak hanya itu, sayuran ini juga tinggi vitamin A, vitamin K, mineral, dan asam lemak yang dibutuhkan tubuh.

4. Kembang kol

Teksturnya yang renyah dan rasanya yang enak menjadikan kembang kol juga salah satu sayuran yang disenangi banyak orang. Tidak hanya itu, ternyata sayuran ini juga kaya vitamin C. Satu cangkir berisi kembang kol yang sudah dicincang mengandung 50 mg vitamin C. Selain itu, kembang kol juga kaya serat, kalsium, potasium, folat, vitamin K, dan antioksidan.

5. Kacang kapri

Kacang kapri mungkin terlihat kecil. Meskipun begitu setiap 100 gramnya mengandung 60 mg vitamin C yang setara dengan 67 persen rekomendasi kebutuhan vitamin C harian. Tak hanya itu, sayuran ini juga menyediakan cukup serat buat Anda. Serat sangat bagus untuk membantu menjaga pencernaan tetap sehat, mengurangi kadar kolesterol dalam darah, serta menurunkan risiko obesitas.

6. Kubis

Memiliki aroma dan rasa yang khas, kubis juga bisa membantu pemenuhan kebutuhan vitamin C Anda, Moms. Satu cangkir kubis mentah mengandung sekitar 30 mg vitamin C, sedangkan satu cangkir berisi kubis yang sudah dimasak mengandung hampir 60 mg vitamin C. Selain itu, kubis juga mengandung banyak mineral, vitamin K, serat, dan dapat berperan sebagai antioksidan.

7. Brussel sprout

Sayuran ini mengandung 85 mg vitamin C setiap 100 gramnya. Satu setengah cangkir brussel sprout yang sudah dikukus menyediakan 49 mg atau setara dengan 54 persen rekomendasi kebutuhan vitamin C harian.

Sayuran yang sering disebut kubis Brussel ini juga kaya serat, vitamin K, folat, vitamin A, dan mineral. melansir Healthline, sebuah studi menemukan bahwa konsumsi harian vitamin C yang tinggi berkaitan dengan 26 persen risiko patah tulang pinggul dan 33 persen risiko osteoporosis yang menurun.

8. Bayam

Siapa yang tak suka sayur bayam? Bahkan tokoh kartun Popeye saja menyukainya dan menjadikannya "senjata" untuk membantu mengoptimalkan kekuatan tubuhnya. Manfaat bayam ternyata bukan cuma kisah kartun semata, karena setiap 100 gram bayam mampu memenuhi 34 persen rekomendasi kebutuhan vitamin C harian. Tak hanya itu, bayam juga mengandung vitamin A, vitamin K, mineral, serat, dan protein yang baik buat tubuh. (M&B/Gabriela Agmassini/SW/Foto: Freepik)