Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

8 Cara Menyimpan Makanan agar bisa Tahan Lebih Lama

8 Cara Menyimpan Makanan agar bisa Tahan Lebih Lama

Salah satu aktivitas Moms setiap bulan, bahkan mungkin setiap minggu, adalah berbelanja bahan makanan. Agar Anda tidak bolak-balik ke supermarket ataupun pasar tradisional, Anda mungkin akan berbelanja bahan makanan dalam jumlah banyak sekaligus untuk memenuhi kebutuhan selama beberapa hari ke depan.

Meskipun begitu, dengan banyaknya bahan makanan yang Anda beli, terutama sayur, Anda mungkin bingung, bagaimana cara menyimpannya agar bisa tahan lama? Nah, melansir IndianExpress, Anda bisa lakukan cara-cara berikut ini untuk menyimpan sayur dan bahan makanan lain agar bisa tahan lama, Moms.

Baca juga: Kenali Metode Blanching, Cara Menyimpan Sayur agar Tahan Lama

1. Rebus sebelum simpan di lemari pembeku

Bahan makanan, seperti kacang-kacangan dan brokoli bisa Anda rebus dulu sebelum dimasukkan ke dalam lemari pembeku agar makanan tersebut bisa tahan lama. Rebus selama sekitar 30 detik, setelah itu Moms bisa taruh di dalam freezer.

2. Potong sebelum simpan di lemari pembeku

Untuk beberapa jenis sayuran seperti wortel, potonglah dahulu sebelum disimpan di kulkas. Hal ini untuk memperlambat pembusukan wortel akibat kandungan air dalam wortel. Sedangkan asparagus bisa tahan lama dengan cara dipotong bagian bawah batangnya, lalu letakkan dengan cara berdiri pada segelas air. Setelah itu, tutupi pakai kantong plastik sebelum dimasukkan ke dalam lemari es.

Baca juga: Agar Nutrisinya Tak Hilang, Begini Cara Memotong Sayuran

3. Bungkus dengan tisu tebal

Bungkuslah sayuran, terutama yang berdaun, seperti daun selada, dengan tisu tebal (tisu untuk mengelap tangan) sebelum disimpan di dalam lemari es. Kemudian simpan sayuran tersebut di tempat makan atau plastik yang kedap udara. Hal ini berguna agar sayuran bisa tahan lebih lama, karena bisa menyerap kelembapan yang membuat daun cepat layu.

4. Buat jus

Beberapa jenis sayuran dan buah bisa Anda buat menjadi jus, lalu masukkan ke dalam botol minum tertutup dan simpan di dalam lemari es. Ini merupakan salah satu cara efektif agar sayur dan buah bisa bertahan lebih lama, Moms. Si Kecil juga mungkin akan lebih suka mengonsumsi sayur dan buah jika dibuat menjadi jus.

Baca juga: Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Membuat Jus Sendiri di Rumah

5. Jadikan acar

Dibandingkan dengan sayuran mentah, sayuran yang dijadikan acar memang bisa tahan lebih lama. Moms bisa jadikan sayuran seperti mentimun, tomat, maupun jamur menjadi acar dengan cara direndam dalam cairan cuka dan minyak sayur, atau ditambahkan bawang putih dan cengkeh.

6. Simpan produk susu di bagian dalam lemari es

Simpan makanan atau minuman berbahan susu, seperti keju, yoghurt, dan mayones di bagian dalam lemari es, karena bagian dalam lemari es memiliki suhu lebih dingin, dan jarang terekspos udara hangat seperti bagian pintu, sehingga pertumbuhan bakteri pada produk tersebut bisa berkurang.

7. Menyimpan telur

Simpan telur di rak tengah dalam lemari es. Ini bisa membuat telur lebih tahan lama 3-4 minggu sejak dimasukkan ke dalamnya.

8. Jangan simpan bahan makanan ini di lemari es

Beberapa bahan makanan seperti bawang putih, bombai, dan kentang ternyata bisa bertahan lebih lama jika disimpan di luar lemari es. Namun, menyimpannya juga harus di tempat yang jauh dari cahaya matahari langsung dan tempat lembap. Disarankan menyimpan bahan makanan tersebut dalam suhu ruangan agar kesegarannya tetap terjaga. Selamat mencoba, Moms! (MB/SW/Foto: Freepik)