Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Mimpi yang Umum Dialami oleh Ibu Hamil dan Artinya

Mimpi yang Umum Dialami oleh Ibu Hamil dan Artinya

Sebagian orang mungkin percaya bahwa mimpi adalah gambaran masa depan. Atau ada pula yang menganggap mimpi merupakan manifestasi dari kreativitas otak kita. Namun, lain halnya dengan ibu hamil yang mungkin menganggap mimpi merupakan sesuatu yang harus diwaspadai, apalagi jika memimpikan suatu hal yang menakutkan atau terkesan aneh.

Menurut seorang ginekolog asal India, Dr. Priyanka Mehta, bumil sering merasa takut akan mimpi yang ia alami ketika tidur karena bumil cenderung memiliki segudang kekhawatiran atau ketakutan yang ada dalam dirinya saat hamil.

"Saat hamil, perempuan mengalami perubahan fisik dan mental. Di samping itu, ia juga memiliki ketakutan untuk melahirkan. Ketakutan-ketakutan tersebut tercermin dalam mimpi-mimpi yang nyata ketika pikirannya mengasimilasi perasaan dan pengalaman baru," ujarnya.

Baca juga: Mimpi Aneh saat Hamil? Ketahui Penyebab dan Jenisnya, Moms!

Saat mengalami mimpi ketika hamil, terkadang bumil penasaran ingin mengetahui apa arti dari mimpinya tersebut. Berikut beberapa mimpi umum yang dialami bumil beserta artinya.

1. Mimpi memiliki anak perempuan atau laki-laki

Bila Moms bermimpi memiliki anak perempuan atau laki-laki, hal ini tak berarti memberi gambaran jenis kelamin anak Anda ketika lahir nanti. Saat Anda memimpikan memiliki anak perempuan atau laki-laki, ini bisa berarti Anda sedang memunculkan inner child Anda, mengenang masa kecil, atau bahkan ketika kecil Moms memang ingin memiliki anak perempuan atau laki-laki.

2. Mimpi melahirkan anak kembar

Sebagian ibu mungkin akan menjadikan mimpi ini sebagai firasat bahwa akan memiliki anak kembar. Namun, sesungguhnya bila Moms terus bermimpi tentang hal ini, bisa berarti Anda sangat ketakutan memegang tanggung jawab untuk mengurus bayi Anda yang akan lahir. Dan bila Anda melahirkan anak kembar, otomatis tanggung jawab pun akan bertambah menjadi dua kali lipat.

3. Mimpi melahirkan binatang atau alien

Saat Anda mimpi melahirkan binatang atau alien, diyakini ini bagian dari manifestasi emosi Anda. Mimpi melahirkan binatang bisa berarti menggambarkan proses saat mengurus seorang anak. Otak sudah mempersiapkan konsep bahwa mengurus bayi lebih sulit daripada mengurus binatang. Biasanya bumil memimpikan kucing yang kecil dan imut layaknya bayi baru lahir.

Sedangkan mimpi melahirkan alien bukan berarti memberi gambaran bahwa anak yang akan Anda lahirkan akan cacat. Melainkan bumil mungkin merasakan bayi yang ada di dalam perutnya merupakan benda asing. Atau saat melakukan USG, Moms mungkin melihat wajah Si Kecil seperti alien, maka Anda pun bermimpi bahwa muka Si Kecil benar-benar seperti alien.

4. Mimpi terjatuh

Ketika sudah memasuki usia kandungan 9 bulan Moms mungkin lebih mudah merasa lelah dan merasa tidak cukup tidur. Dalam skenario di mimpi Anda, mungkin Anda merasa seperti terjatuh. Namun, hal tersebut tidak berarti menunjukkan keadaan yang benar-benar akan terjadi. Mimpi tersebut diindikasikan terjadi karena Anda takut akan kehilangan kontrol atau keseimbangan di akhir trimester kehamilan.

5. Mimpi bayi terluka

Di masa kehamilan, perempuan berada di titik paling sensitif kehidupannya dan mungkin merasa tertekan atau takut. Maka, tak heran bila Moms sering memimpikan Si Kecil terluka ketika hamil. Namun, mimpi tersebut bukanlah suatu pertanda sama sekali atau pandangan akan kejadian di masa mendatang.

Dalam mimpi ini, sebenarnya Anda sedang mempertanyakan kompetensi Anda sebagai ibu. Mungkin Moms merasa tidak yakin dengan kemampuan Anda untuk mengurus Si Kecil. Namun, sebenarnya ini memperlihatkan sisi protektif dan kepedulian Anda sebagai ibu. Moms sangat peduli dan memperhatikan akan apa yang terjadi pada Si Kecil. Karena rasa kekhawatiran tersebut, Anda akan melakukan segala hal demi melindungi bayi Anda.

6. Mimpi tentang air

Mimpi tentang air bisa berhubungan dengan cairan ketuban Anda. Bila Moms mimpi pecah ketuban, mungkin Anda takut bahwa Anda akan pecah ketuban di tempat yang tidak semestinya. Di sisi lain, bila Anda bermimpi seperti mengambang di air dan merasa rileks, ini bisa berarti Anda siap untuk melahirkan.

7. Mimpi kehilangan atau meninggalkan bayi

Mimpi kehilangan atau meninggalkan bayi di suatu tempat mungkin menjadi mimpi yang paling ditakutkan para ibu. Mimpi tersebut bisa diartikan sebagai ketakutan atau kekhawatiran saat akan mengurus bayi yang sangat tergantung pada Anda ketika menjadi ibu baru. Mimpi ini juga bisa berarti bahwa Anda merasa belum cukup dewasa untuk mengurus bayi. Intinya ketakutan-ketakutan tersebutlah yang mendasari mimpi ini terjadi. (M&B/Vonda Nabilla/SW/Foto: Freepik)