Type Keyword(s) to Search

6 Kebiasaan Makan yang Bisa Lemahkan Imunitas Tubuh Anda

6 Kebiasaan Makan yang Bisa Lemahkan Imunitas Tubuh Anda

Selain menjaga kebersihan, menjaga sistem kekebalan tubuh atau imunitas tubuh Anda agar tetap kuat merupakan hal yang penting dilakukan dan berdampak baik pada kesehatan tubuh Anda, Moms.

Untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, Anda dihadapkan pada 2 hal, yaitu memilih makanan yang mampu membantu mendukung fungsi kekebalan tubuh dan menghindari perilaku makan atau minum yang dapat melemahkan imunitas tubuh Anda.

Nah, berikut ini 6 kebiasaan makan dan minum yang harus dihindari demi menjaga sistem kekebalan tubuh Anda agar tetap kuat, Moms.

1. Konsumsi gula berlebihan

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition ditemukan bahwa setelah melakukan puasa semalaman, manusia yang diberi 100 gram gula mengalami pengurangan kemampuan sel kekebalan untuk menelan bakteri. Efek terbesarnya ditemukan antara 1 dan 2 jam kemudian, tetapi bertahan hingga 5 jam.

2. Konsumsi garam berlebihan

Berdasarkan sebuah penelitian di University Hospital of Bonn yang dilakukan pada manusia dan tikus, ditemukan bahwa terlalu banyak konsumsi garam dapat menyebabkan defisiensi imun. Para peneliti menemukan bahwa ketika ginjal mengeluarkan natrium yang berlebih, efek domino akan terjadi sehingga mengurangi kemampuan tubuh Anda untuk melawan infeksi bakteri.

3. Kurang konsumsi serat

Moms, bila Anda punya kebiasaan jarang mengonsumsi makanan yang mengandung serat, sebaiknya Anda segera menghindari kebiasaan ini, ya! Pasalnya banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan bila Anda mengonsumsi cukup serat.

Mengonsumsi serat dapat mendukung kesehatan pencernaan dan membantu mengubah susunan bakteri usus dengan cara meningkatkan kekebalan tubuh dan suasana hati. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa asupan serat pada makanan dan prebiotik yang lebih tinggi mendukung fungsi kekebalan tubuh yang lebih sehat, termasuk perlindungan terhadap virus. Serat yang memadai juga bisa meningkatkan kualitas tidur Anda, lho.

4. Kurang konsumsi sayuran hijau

Bagi Anda yang masih malas mengonsumsi sayuran, mulailah sejak kini untuk rajin mengonsumsi sayuran, khususnya sayuran hijau, karena sayuran hijau sangat berpengaruh terhadap sistem kekebalan tubuh Anda.

Sayuran hijau memberikan nutrisi penting seperti  vitamin A dan C, serta folat, yang dikenal dapat membantu fungsi kekebalan tubuh. Selain itu, sayuran hijau juga memiliki senyawa bioaktif yang dapat melepaskan sinyal kimia yang mengoptimalkan imunitas dalam usus.

5. Konsumsi kafein berlebihan

Kopi dan teh dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh karena tingginya tingkat antioksidan yang dikaitkan dengan antiperadangan. Namun, terlalu banyak mengonsumsi kafein akan bisa mengganggu tidur Anda, dan hal tersebut dapat meningkatkan peradangan serta mengganggu kekebalan tubuh. Untuk mencegah gangguan tidur, sebaiknya Anda menghentikan konsumsi kafein (baik dari kopi atau teh) 6 jam sebelum waktu tidur.

6. Konsumsi Alkohol Berlebihan

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Alcohol Research, para peneliti mencatat bahwa ada hubungan antara asupan alkohol yang berlebihan dan respons imun yang melemah. Efek bila seseorang mengonsumsi alkohol yang berlebihan adalah meningkatnya risiko pneumonia dan mengalami sindrom stres pernapasan akut (ARDS).

Hasil lain dari penelitian tersebut adalah adanya peningkatan risiko sepsis, yaitu risiko terjadinya komplikasi setelah operasi, penyembuhan luka yang buruk, dan pemulihan infeksi yang lebih lambat dan kurang sempurna. (M&B/Vonda Nabilla/SW/Foto: Freepik)


Read Next

More Fromfamily & lifestyle