Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

10 Tanda Serangan Jantung yang Sering Diabaikan Wanita

10 Tanda Serangan Jantung yang Sering Diabaikan Wanita

Penyakit jantung bisa dibilang menjadi salah satu penyakit paling mematikan. Namun, sayangnya banyak orang yang cenderung masih mengabaikan gejalanya ketika mengalaminya. Hal ini terutama terjadi pada wanita, yang bisa memiliki gejala serangan jantung yang sangat berbeda dari gejala-gejala pada umumnya.

Baca juga: Beda Gagal Jantung dengan Serangan Jantung yang Perlu Anda Tahu

Untuk mewaspadainya, Anda perlu mengetahui beberapa gejala serangan jantung pada wanita yang sering diabaikan berikut ini, Moms.

1. Nyeri pada bahu, leher, rahang, atau telinga

Ketika Anda merasa ketegangan atau mati rasa secara tiba-tiba di sekitar rahang, leher, telinga, atau bahu, Anda mesti waspada. Sensasi menyakitkan ini bisa menjalar ke lengan Anda dan mungkin terasa seperti otot yang ditarik. Bila Anda tidak melakukan gerakan yang menyebabkan otot seperti ditarik, kemungkinan Anda bisa mengalami serangan jantung.

2. Berkeringat dan kepanasan

Waspada bila Anda merasa kepanasan di tengah cuaca atau ruangan yang sebenarnya tidak terasa panas. Sensasi ini disebut dengan hot flash (yang biasa dialami wanita menopause), sehingga sulit diidentifikasi apakah ini gejala menopause atau salah satu tanda Anda mengalami serangan jantung.

3. Sulit mengingat dan konsentrasi

Mungkin Anda menganggap bahwa memiliki masalah pada ingatan atau kesulitan memusatkan perhatian pada suatu hal yang sedang dihadapi adalah sebuah kesalahan kognitif sesaat. Namun, waspadalah! Hal tersebut juga merupakan gejala serangan jantung lainnya yang sering diabaikan.

4. Mual dan gangguan pencernaan

Masalah gastrointestinal seperti mual dan gangguan pencernaan tidak selalu disebabkan oleh keracunan makanan atau mual di pagi hari. Serangan jantung bisa menyebabkan mual dan muntah. Waspadai gejala tersebut apalagi ketika Anda tidak mengonsumsi makanan yang membuat Anda mual atau mengalami masalah gangguan pencernaan.

5. Kelelahan

Beberapa minggu atau bulan sebelum mengalami serangan jantung, kemungkinan penderita akan merasakan kelelahan ekstrem yang menghambat mereka untuk melakukan rutinitas normal. Maka, waspadalah dengan gejala ini, Moms!

6. Sesak napas

Bila Anda merasa tidak bisa mengatur napas ketika melakukan pekerjaan yang semi-keras seperti tugas rumah tangga atau naik turun tangga, gejala ini tidak boleh diabaikan. Terutama ketika Anda merasa sehat dan biasanya tidak mengalami masalah ini.

7. Sulit tidur

Dalam jurnal Neurology, peneliti di Cina melaporkan bahwa orang yang memiliki setidaknya 3 gejala insomnia misalnya sulit tidur, terus terjaga, dan bangun terlalu pagi, 18% lebih mungkin terkena serangan jantung atau stroke.

8. Mengalami kecemasan atau stres

Stres dan kecemasan secara ekstrem bisa menjadi gejala serangan jantung yang perlu Anda waspadai. Melansir laman Halodoc, stres bisa memengaruhi perubahan tubuh dalam cara pembekuan darah, sehingga serangan jantung pun lebih mungkin terjadi.

9. Merasa ingin pingsan

Melansir laman CNN Indonesia, kurang makan atau mengubah posisi dari duduk ke berdiri terlalu cepat bisa membuat Anda merasa pusing dan hilang keseimbangan seperti ingin pingsan. Namun, bila kondisi ingin pingsan ini terjadi tiba-tiba saat Anda sedang duduk, ini bisa menjadi tanda awal dari serangan jantung. Hal ini terjadi karena tekanan darah Anda turun akibat jantung Anda tidak mampu memompa darah seperti seharusnya.

10. Nyeri dada

Tidak seperti pria, saat mengalami serangan jantung wanita lebih cenderung merasakan seperti ada beban berat yang menekan dada mereka, atau seperti tidak bisa bernapas karena ada sesuatu yang menekan paru-paru mereka. (M&B/Vonda Nabilla/SW/Foto: Freepik)