Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Saat Hamil, Sebaiknya Hindari Pekerjaan Rumah Ini, Moms

Saat Hamil, Sebaiknya Hindari Pekerjaan Rumah Ini, Moms

Sebagaimana diketahui, selama masa kehamilan, ada sejumlah larangan untuk ibu hamil, salah satunya menghindari beberapa pekerjaan rumah. Ini dikarenakan saat hamil tubuh Anda jadi lebih mudah lelah dan sekaligus untuk mencegah keguguran. Berikut ini beberapa pekerjaan rumah yang ada baiknya dihindari selama masa kehamilan, Moms.

Mengangkat benda-benda berat

Pekerjaan rumah yang sebaiknya Anda hindari saat hamil adalah mengangkat benda-benda yang berat. Ini karena saat hamil Anda sudah memberikan banyak tekanan pada pinggang dan punggung, sehingga memaksakan mengangkat benda-benda yang berat justru bisa mengakibatkan nyeri pada pinggang dan punggung.

Selain itu, memaksakan diri untuk mengangkat benda-benda berat juga bisa meningkatkan risiko pendarahan, air ketuban pecah dini, dan kelahiran prematur. Oleh karena itu, saat hamil Anda harus menghindari mengangkat benda-benda yang berat.

Berdiri atau duduk terlalu lama

Pekerjaan rumah yang mengharuskan Anda untuk berdiri atau duduk terlalu lama, seperti memasak dan mencuci piring, ada baiknya dihindari semasa hamil. Jika dibiarkan, hal ini bisa menyebabkan pembengkakan dan nyeri punggung. Namun, jika Anda terpaksa harus melakukan pekerjaan rumah tersebut, pastikan Anda mengistirahatkan diri dengan duduk sejenak, barulah kemudian Anda melanjutkan kembali pekerjaan rumah tersebut.

Baca juga: Ibu Hamil Sebaiknya Tidak Duduk Terlalu Lama, Ini Alasannya

Membersihkan kotoran kucing

Apakah Anda memiliki peliharaan kucing di rumah, Moms? Jika ya, ada baiknya untuk menghindari terlebih dahulu aktivitas membersihkan kandang dan kotoran kucing semasa hamil. Mengapa? Karena kotoran kucing biasanya mengandung parasit yang disebut Toxoplasma gondii, yang bisa meningkatkan risiko Anda terkena toksoplasmosis. Kondisi ini dapat membahayakan kesehatan Anda dan juga janin di dalam kandungan, seperti kelahiran prematur dan kerusakan organ janin.

Membersihkan kamar mandi

Pekerjaan rumah lainnya yang harus Anda hindari selama hamil adalah membersihkan kamar mandi. Kenapa? Karena biasanya produk-produk pembersih mengandung bahan kimia beracun yang tidak boleh terhirup atau terkena kulit.

Selain itu, saat membersihkan kamar mandi, tidak menutup kemungkinan Anda berisiko terpeleset dan jatuh. Hal ini tentu saja bisa membahayakan keselamatan janin di dalam kandungan. Oleh karena itu, ada baiknya Anda menghindari pekerjaan rumah yang satu ini dan mintalah bantuan orang lain untuk mengerjakannya.

Baca juga: 7 Hal yang Sebaiknya Dihindari saat Hamil Anak Kembar

Mengharuskan berdiri di atas kursi atau pijakan

Pekerjaan rumah yang mengharuskan Anda untuk berdiri di atas kursi atau pijakan seperti membersihkan bagian kaca yang tinggi, mengambil sesuatu di tempat yang tinggi, ada baiknya dihindari selama Anda hamil.

Memaksakan diri melakukan pekerjaan rumah ini tentu bisa meningkatkan risiko terjatuh, karena Anda harus menjaga keseimbangan tubuh saat melakukannya. Daripada berujung pada hal-hal yang tak diinginkan, sebaiknya hindari melakukan pekerjaan rumah yang satu ini ya, Moms.

Itulah beberapa pekerjaan rumah tangga yang sebaiknya Anda hindari selama masa kehamilan. Memang, melakukan pekerjaan rumah tangga merupakan kewajiban Anda sebagai seorang istri. Namun, saat hamil, sebaiknya mintalah bantuan Dads atau orang lain untuk mengerjakan beberapa pekerjaan rumah. (M&B/Fariza Rahmadinna/SW/Foto: Freepik)