Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

7 Makanan Buka Puasa Terbaik untuk Bumil dan Busui

7 Makanan Buka Puasa Terbaik untuk Bumil dan Busui

Bulan Ramadan telah tiba! Menjadi ibu hamil atau ibu menyusui tak berarti Anda tak bisa menjalankan ibadah puasa. Bila dipersiapkan dengan tepat, misalnya berkonsultasi dahulu dengan dokter serta memastikan kesehatan buah hati, tentu berpuasa terasa makin nikmat selama hamil atau menyusui.

Namun, selama masa ini juga, asupan nutrisi Anda sangat perlu diperhatikan, Moms. Berpuasa menyebabkan perubahan pola makan dan hal ini tentu bisa berpengaruh pada kecukupan gizi Anda dan Si Kecil. Maka dari itu, mengoptimalkan asupan nutrisi saat buka puasa sangatlah penting. M&B sudah merangkum beberapa makanan buka puasa terbaik untuk ibu hamil dan ibu menyusui. Simak berikut ini ya, Moms!

1. Kurma

Tradisi Nabi Muhammad untuk berbuka puasa dengan kurma merupakan salah satu cara yang patut dicontoh, Moms, tidak lain karena kurma merupakan salah satu buah yang kaya nutrisi. Setelah hampir seharian berpuasa, kadar gula darah akan cenderung turun drastis. Bila gula darah terlalu rendah, maka distribusi oksigen bisa tidak lancar. Jika tidak segera dikembalikan, Anda bisa pingsan atau bahkan perkembangan janin bisa terganggu. Kandungan gula yang tinggi dalam kurma dapat membantu tubuh mendapatkan kembali kadar gula darah yang normal.

2. Nasi merah

Walau berpuasa, menjaga pola makan sehat seimbang tetap perlu dilakukan. Alangkah baiknya jika Moms menyantap makanan sumber karbohidrat yang baik buat tubuh, seperti nasi merah. Nasi merah termasuk karbohidrat kompleks dan mengandung banyak serat, sehingga lebih lama dicerna tubuh dan membuat sistem pencernaan lebih sehat setelah berpuasa selama beberapa jam. Selain itu, asupan karbohidrat yang tepat juga bisa membantu mencegah konstipasi.

3. Buah-buahan

Buah-buahan adalah salah satu sumber gula alami yang baik bagi tubuh, sehingga dapat membantu mengembalikan kadar gula darah menjadi normal. Selain itu, buah juga mengandung cukup vitamin, mineral, antioksidan, dan serat bagi ibu hamil dan ibu menyusui. Berbuka dengan menyantap buah-buahan bisa menjadi pilihan tepat buat Anda.

Baca juga: Ibu Menyusui Berpuasa, Apakah akan Mengurangi Produksi ASI?

4. Susu

Minum susu saat berbuka juga bisa membantu mencukupkan kebutuhan gizi bumil dan busui selama puasa. Susu mengandung lemak baik dan protein yang sangat diperlukan untuk perkembangan janin dan produksi ASI. Mulai dari perkembangan otak hingga tulang belakang, Si Kecil sangat membutuhkan kedua hal ini. Kandungan kalsium yang melimpah pada susu juga bisa membantu proses pembentukan dan pertumbuhan tulangnya.

5. Sayuran hijau

Hampir segala hal baik yang dibutuhkan oleh tubuh Anda terdapat dalam sayur-sayuran, Moms. Vitamin, mineral, serat, antioksidan, dan protein dimiliki oleh hampir seluruh sayuran hijau, seperti bayam, brokoli, selada, maupun kale. Asam folat, zat besi, dan zinc sangat diperlukan untuk perkembangan organ-organ vital janin, termasuk otak. Serat yang dikandung oleh sayuran hijau juga sangat baik untuk kesehatan sistem pencernaan Anda, Moms.

6. Ikan

Ikan, khususnya ikan laut dalam seperti salmon dan tuna, merupakan salah satu sumber protein terbaik buat Anda dan Si Kecil. Protein sangatlah dibutuhkan untuk menjaga kelancaran metabolisme dan sumber tenaga buat tubuh, baik tubuh Anda maupun Si Kecil. Kaya akan berbagai lemak baik, khususnya asam lemak omega-3, ikan sangat penting buat perkembangan otak dan perkembangan tubuh Si Kecil secara keseluruhan.

7. Daging merah

Penting untuk melengkapi variasi makanan Anda selama berpuasa, Moms. Maka dari itu, memasukkan daging sapi ke dalam menu berbuka Anda tentu bisa menjadi pilihan yang tepat. Daging sapi menyediakan cukup serat, vitamin, mineral, dan protein untuk tubuh Anda selama puasa. Zat besi dan zinc yang terdapat dalam daging sapi bisa membantu produksi sel darah merah, sehingga akan mencegah Anda dari gangguan anemia dan menjaga kelancaran perkembangan buah hati. (M&B/Gabriela Agmassini/SW/Foto: Freepik)