Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Ketahui Pelvic Rest, Tidak Berhubungan Intim saat Hamil

Ketahui Pelvic Rest, Tidak Berhubungan Intim saat Hamil

Saat hamil, sebenarnya kegiatan berhubungan seks tetap boleh dilakukan, lho. Namun, untuk menghindari kemungkinan masalah yang bisa terjadi pada kehamilan Anda, terkadang berhubungan seks justru menjadi kegiatan yang harus dihindari. Kondisi ini dikenal dengan istilah pelvic rest.

Pelvic rest merupakan istilah kebidanan yang mengindikasikan bahwa ibu hamil harus menghindari aktivitas seksual selama masa kehamilan. Namun, sesungguhnya pengertian pelvic rest atau menghindari hubungan seks ini bisa dimaknai berbeda oleh setiap orang. Oleh karena itu Anda harus memastikan pada dokter mengenai pelvic rest yang harus Anda jalani.

Baca juga: Adakah Waktu yang Dilarang untuk Berhubungan Intim saat Hamil? Ini Kata Ahli

Apa sih, pelvic rest itu?

Pelvic rest biasanya disesuaikan dengan kondisi ibu hamil. Dalam beberapa kasus, pelvic rest mungkin berarti bumil harus menghindari hubungan seks secara vaginal saja atau seks oral. Pelvic rest juga bisa berarti Anda diharuskan berhenti menggunakan vibrator, atau Anda diminta untuk menghindari orgasme selama kehamilan dan stimulasi puting.

Dalam beberapa kasus, pelvic rest lainnya juga bisa mencakup pembatasan aktivitas yang dapat meningkatkan tekanan panggul atau kontraksi otot panggul, seperti jalan cepat, jongkok, latihan tubuh bagian bawah, atau aktivitas lain apa pun yang dapat merenggangkan dasar panggul.

Mengapa ibu hamil perlu melakukan pelvic rest?

Pelvic rest perlu dilakukan bila kondisi ibu hamil:

  • Mengalami pendarahan selama kehamilan
  • Memiliki riwayat keguguran
  • Mengalami tanda-tanda persalinan prematur
  • Memiliki riwayat persalinan prematur
  • Mengalami plasenta previa atau kondisi plasenta lainnya
  • Didiagnosis menderita insufisiensi serviks
  • Bumil mengalami atau mengembangkan hernia selama kehamilan sehingga berisiko persalinan prematur.

Apa manfaat pelvict rest saat hamil?

Pelvic rest bertujuan agar bumil tidak melakukan kegiatan apa pun yang bisa meningkatkan tekanan panggul atau membuat kontraksi otot panggul terjadi. Kontraksi yang Anda alami saat hamil bisa saja mengakibatkan masalah kehamilan, terutama saat Anda sudah berisiko mengalami persalinan prematur, memiliki riwayat keguguran atau perdarahan selama kehamilan.

Pelvic rest ini menjaga area panggul Anda untuk "beristirahat" sehingga mengurangi risiko perdarahan dan kontraksi. Selain itu, pelvic rest juga menjaga kehamilan berisiko tinggi yang mungkin Anda alami seaman mungkin.

Kapan harus menghubungi dokter?

Saat dokter mengharuskan Anda untuk melakukan pelvic rest, ini berarti kehamilan Anda berisiko lebih tinggi mengalami komplikasi atau persalinan prematur. Bila saat menjalani pelvic rest Anda mengalami tanda-tanda seperti adanya rembesan cairan dari vagina, pendarahan di vagina, kontraksi atau kram , atau nyeri punggung yang tidak biasa, Anda harus segera menghubungi dokter.

Sekali lagi perlu diingat, Moms, pelvic rest ini hanya dilakukan untuk sementara waktu dan demi menjaga kondisi kehamilan dan bayi Anda dengan aman, ya. (M&B/Vonda Nabilla/SW/Foto: Freepik)