Type Keyword(s) to Search
TODDLER

10 Makanan agar Anak Cepat Tinggi

10 Makanan agar Anak Cepat Tinggi

Semua orang tentu ingin anaknya bisa tumbuh optimal. Jika bicara mengenai tinggi badan anak, sekitar 60-80 persen memang dipengaruhi oleh faktor genetik atau keturunan, tapi asupan nutrisi dan olahraga juga turut berperan tinggi untuk menunjang tinggi anak lho, Moms.

Mau Si Kecil memiliki tinggi badan yang optimal? Yuk, berikan ia aneka makanan kaya nutrisi yang baik untuk menunjang pertumbuhannya. Menurut Swati Patwal, M.Sc, pakar nutrisi dari Mom Junction, berikut ini 10 jenis makanan yang bisa membantu anak cepat tinggi.

1. Telur

Sebutir telur kaya asam amino penting dan memiliki 6,5 gram protein. Selain itu, telur juga tinggi vitamin D, asam lemak omega-3, selenium, dan iodin. Itulah yang menjadikan telur sebagai "bahan bakar" yang baik untuk pertumbuhan tulang anak.

2. Susu

Sudah bukan rahasia lagi, susu kaya protein, vitamin (seperti vitamin D), dan mineral (seperti potasium, kalsium, fosfor, dan magnesium). Semua nutrisi tersebut sangat penting untuk menunjang pertumbuhan tulang anak lho, Moms.

3. Kedelai

Ini solusi tepat buat anak yang alergi susu sapi. Beberapa produk kedelai seperti susu kedelai, tahu, tempe, adalah contoh makanan tinggi protein yang bisa dibilang mirip dengan protein hewani. Walaupun rasanya cukup berbeda, manfaatnya hampir sama dalam mengoptimalkan pertumbuhan tulang anak.

4. Daging merah

Daging merah seperti daging sapi kaya protein dan mikronutrien seperti kalsium. Semua kandungan tersebut baik untuk mencegah anak mengalami anemia, yang bisa melemahkan atau mengganggu pertumbuhan Si Kecil.

5. Ikan

Ikan, kalkun, dan ayam tanpa kulit adalah sumber protein yang rendah lemak jenuh. Tentu saja ini pilihan yang baik buat Si Kecil agar ia cepat tinggi, Moms.

Baca juga: 5 Jenis Olahraga yang Bisa Tambah Tinggi Badan Anak

6. Kacang-kacangan

Tak hanya tinggi protein, kacang-kacangan juga enak dan merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik. Hampir semua jenis kacang-kacangan mengandung kalsium dan serat diet yang penting untuk dikonsumsi Si Kecil yang sedang bertumbuh.

7. Sayuran hijau

Jika anak Anda alergi susu sapi atau intoleransi laktosa, maka sayuran hijau bisa membantu memenuhi kebutuhan kalsiumnya. Sayuran hijau juga merupakan sumber vitamin K yang baik, yang tentu saja penting untuk memelihara kesehatan tulang anak. Contoh sayuran hijau yang tinggi kalsium adalah bok choy, kale, bayam, dan kangkung.

8. Biji-bijian

Hampir semua jenis biji-bijian mengandung protein dan mineral seperti kalsium. Salah satu contoh biji-bijian yang tinggi kalsium adalah chia seeds, yang tentunya baik untuk dikonsumsi untuk mengoptimalkan pertumbuhan Si Kecil agar cepat tinggi.

9. Buah tinggi mineral

Beberapa buah tergolong tinggi aneka mineral penting dan jumlah kalsium yang cukup untuk menunjang pertumbuhan tulang anak, contohnya jeruk, aprikot, kiwi, dan nanas. Namun, bukan berarti anak hanya boleh makan buah-buahan itu ya, Moms. Untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak, Anda perlu memberikan berbagai jenis makanan sehat dan bervariasi.

10. Padi-padian

Makanan yang satu ini mungkin tidak terlalu banyak mengandung kalsium, tapi padi-padian merupakan sumber magnesium yang baik lho, Moms. Magnesium penting untuk menjaga kesehatan tulang anak dan mengoptimalkannya. Selain beras merah, Moms bisa memberikan gandum, barley, dan quinoa untuk Si Kecil. (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Freepik)