Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Tips Tepat Memasak Daun Singkong

Tips Tepat Memasak Daun Singkong

Daun singkong atau daun ketela sering dikonsumsi masyarakat Indonesia sebagai sayur ataupun lalapan pendamping makan utama. Sayuran ini banyak digemari karena punya rasa yang enak, apalagi jika dipadukan dengan kuah sayur yang gurih. Tak hanya lezat, daun singkong juga dikenal kaya antioksidan yang ampuh mencegah kanker hingga asam amino esensial yang siap meregenerasi sel tubuh.

Namun, untuk mendapatkan kandungan nutrisi dan rasa lezatnya, ada teknik khusus dalam mengolah daun singkong, Moms. Pasalnya, sering kali terdapat kesalahan saat mengolah dan memasak daun singkong yang membuat daun jadi tidak empuk dan berubah warna menjadi gelap dan tidak tampak segar. Berikut ini beberapa tips dan cara yang bisa kita pakai agar daun singkong bisa tetap hijau dan tidak pahit saat dimasak.

Baca juga: Manfaat Daun Singkong bagi Ibu Hamil

1. Gunakan daun yang muda

Anda disarankan untuk memilih daun singkong yang masih muda dan segar. Selain punya tekstur yang lebih empuk, daun singkong muda juga punya warna yang lebih menarik. Daun singkong yang sudah tua juga sebenarnya masih tetap bisa dikonsumsi, hanya saja daun tersebut hasilnya akan lebih liat dan proses perebusannya pun akan memakan waktu yang lebih lama.

2. Masak di air mendidih

Ketika hendak memasak daun singkong, pastikan untuk menunggu air sampai betul-betul mendidih, baru setelah itu daun singkong dimasukkan. Air yang mendidih tersebut akan membuat daun singkong lebih cepat empuk, layu, dan tidak berbau, Moms.

3. Tak perlu tutup panci

Ketika Moms merebus daun singkong, Anda tak perlu menutup panci rebusan. Biarkan saja panci terbuka. Hal ini bertujuan untuk menjaga warna daun singkong tetap hijau segar, tidak menghitam. Ketika panci dibuka, maka uap air bisa keluar dan tidak tercampur ke dalam rebusan.

4. Tambahkan sedikit garam dalam rebusan

Untuk menetralkan rasa pahit yang mungkin dimiliki daun singkong, kita bisa pakai dan tambahkan sedikit garam. Tak perlu banyak-banyak, bisa 1 sendok teh (atau kurang) untuk 1 liter air. Kita bisa aduk-aduk rebusan memakai garpu atau sendok untuk mempercepat proses pematangan. Garam bisa membuat tekstur daun singkong jadi lebih empuk dan membuat cita rasanya lebih gurih ketika disantap.

5. Peras air rebusan

Setelah daun singkong matang, Moms bisa langsung tiriskan lalu peras air rebusan. Ini merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk menghilangkan rasa pahit daun singkong. Setelah diperas, daun singkong pun siap diolah jadi hidangan yang kita inginkan.

Selamat memasak daun singkong, Moms! (M&B/Binar MP/SW/Foto: Freepik)