Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

5 Jenis Olahraga yang Bisa Lancarkan Buang Air Besar

5 Jenis Olahraga yang Bisa Lancarkan Buang Air Besar

Saat weekend dan Anda serta keluarga di rumah saja dan tidak pergi ke mana-mana, aktivitas fisik pun berkurang menjadi tak seaktif biasanya. Padahal, tubuh yang kurang aktif bisa membuat BAB (buang air besar) kurang lancar lho, Moms. Untuk itu, Moms perlu tetap semangat bergerak dan berolahraga ringan, agar tubuh sehat dan BAB pun lancar.

"Rutin bergerak sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan saluran cerna kita," ujar Hannah Daugherty, personal trainer dan health coach, seperti dikutip dari SheKnows. Hannah juga memberi tips beberapa pilihan olahraga yang efektif melancarkan BAB. Penasaran? Siapkan pakaian olahraga, Moms!

1. Latihan kardio

"Berlari, melompat, berenang, bersepeda, dan berjalan adalah contoh aktivitas fisik yang membantu meningkatkan aliran darah dan mengurangi hormon stres sehingga melancarkan sistem pencernaan Anda," jelas Hannah.

Baca juga: 5 Olahraga Paling Efektif untuk Mengecilkan Perut Buncit

2. Jump squat

Menurut Bianca Kamhi, instruktur yoga sekaligus pelatih nutrisi, jump squats membantu melancarkan gerakan peristaltik saat BAB. Untuk mencobanya, lakukan gerakan jump squat dengan merenggangkan kedua kaki secara bergantian. Kamhi menyarankan untuk melakukan ini sebanyak 10-15 kali per hari. Mudah kan, Moms?

3. Latihan pernapasan

"Anal sphincter (lubang anus) merupakan bagian dari otot dasar panggul. Maka, jika Anda bermasalah dengan BAB, Anda bisa meminta bantuan pelatih pribadi yang pakar di terapi otot dasar panggul," saran Sara Reardon, founder NOLA Pelvic Health, pada SheKnows.

Menurut Sara, latihan pernapasan diafragma akan membantu melancarkan peredaran oksigen ke sel-sel tubuh, sehingga fungsi otot-otot tubuh pun makin optimal. Dengan begitu, otot anal sphincter juga makin kuat, BAB lancar, dan risiko hemoroid (wasir) pun akan berkurang.

4. Yoga

Beberapa posisi yoga sangat baik untuk meningkatkan fungsi saluran pencernaan kita. "Gerakan memutar yang lembut seperti supine twist akan membantu menggerakkan makanan ke sistem pencernaan dan membersihkan organ dalam perut dari kotoran membandel. Ini seperti 'pijat' lembut untuk organ-organ di dalam tubuh," jelas Stephanie Fowler, pengajar yoga.

Pose-pose yoga yang bisa Anda coba untuk melancarkan BAB adalah supine twist, seated spinal twist, wind-relieving pose, dan child's pose. Agar tidak salah dalam melakukan gerakan yoga, pastikan Anda diawasi oleh instruktur yang berpengalaman ya, Moms.

Baca juga: Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Sebelum Berolahraga

Nah, jika Moms dan keluarga ingin sistem pencernaan berfungsi dengan optimal dan buang air besar selalu lancar, pastikan Anda rutin melakukan olahraga-olahraga tersebut, ya. Selalu semangat! (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Freepik)