Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

8 Makanan yang Bisa Bantu Memudahkan Persalinan Anda

8 Makanan yang Bisa Bantu Memudahkan Persalinan Anda

Para ahli setuju bahwa melahirkan adalah salah satu kegiatan yang membutuhkan banyak usaha fisik. Maka, wajar saja bila hampir semua ibu hamil mengharapkan persalinannya dapat berjalan lancar dan minim masalah.

Berbagai cara bisa dilakukan untuk membantu memudahkan proses persalinan, salah satunya dengan mengonsumsi sejumlah makanan untuk memudahkan persalinan. M&B telah merangkum beberapa makanan yang dipercaya banyak orang mampu membantu proses persalinan. Apa saja, ya?

Baca juga: Menjelang Persalinan, Ini 10 Tanda Anda Akan Segera Melahirkan

1. Kurma

Bukan hanya kisah kuno bahwa kurma bisa membantu persalinan, karena sebuah penelitian menyatakan kesimpulan yang mendukung kisah ini. Studi yang dimuat di Journal of Obstetrics and Gynaecology ini menemukan bahwa ibu yang mengonsumsi kurma setiap hari selama 4 minggu sebelum tanggal persalinan berpeluang melahirkan secara alami dan mengalami pembukaan serviks yang lebih besar.

2. Teh daun raspberry merah

Masyarakat Eropa percaya bahwa mengonsumsi teh daun raspberry merah bisa membantu mempercepat kontraksi dan persalinan. Kaya zat besi, kalsium, dan vitamin, minuman herbal ini dipercaya mampu mendorong aliran darah menuju uterus sehingga mampu memancing kontraksi. Resepnya, minum teh daun raspberry merah saat kandungan berusia 32 minggu ya, Moms.

3. Nanas

Anda mungkin sering mendengar bahwa mengonsumsi nanas di trimester awal kehamilan sangat berbahaya karena bisa membuat kontraksi dini sehingga bisa menyebabkan keguguran. Maka, berdasarkan pemahaman ini, nanas dapat membantu persalinan. Hal ini dilandaskan oleh kehadiran enzim bromelain yang diyakini mampu melembutkan serviks dan memancing kontraksi.

4. Yoghurt

Anda membutuhkan protein yang cukup untuk menghadapi persalinan, Moms. Protein berperan besar dalam proses perkembangan tubuh Si Kecil, mulai dari otak hingga kulit. Kekurangan protein bisa membuat proses perkembangannya tak optimal dan tubuh Anda melemah. Maka dari itu, mengonsumsi yoghurt dapat membantu memenuhi kebutuhan protein Anda, Moms.

5. Nasi merah

Karbohidrat dibutuhkan sebagai sumber energi bagi tubuh. Maka, nasi merah mengandung kadar serat yang tinggi dan menjadi sumber karbohidrat terbaik bagi Anda yang sedang menyambut persalinan. Kedua hal ini akan sangat Anda butuhkan saat melahirkan, terutama bila durasi bersalin Anda memakan waktu yang lama.

Baca juga: Pembukaan saat Persalinan Berjalan Lama, Ini Penyebabnya

6. Makanan pedas

Banyak orang mengatakan bahwa makanan pedas bisa membantu memudahkan persalinan. Meskipun begitu, sebaiknya Moms jangan serta merta memakan makanan super pedas, karena bila terlalu banyak, perut akan terlalu mulas akibat kepedasan dan malah bisa membuat momen melahirkan Anda jadi tak terasa menyenangkan.

7. Licorice

Licorice, khususnya licorice hitam (black licorice), dipercaya mampu membantu memudahkan persalinan. Hal ini dikarenakan licorice kaya glycyrrhizin, yakni zat yang mampu menstimulasi produksi prostaglandin.

Prostaglandin bisa membantu melembutkan serviks agar segera siap bersalin. Sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti Finlandia menemukan bahwa ibu yang mengonsumsi cukup banyak licorice saat hamil bersalin dua setengah hari lebih cepat dibandingkan mereka yang tidak. Namun, hati-hati, karena konsumsi licorice yang terlalu banyak bisa menimbulkan diare ringan ya, Moms.

8. Terung

Kepercayaan bahwa terung bisa membantu persalinan dimulai oleh sebuah restoran di Amerika Serikat yang bernama Scalini's. Restoran masakan Italia ini memiliki 300 gambar bayi yang digadang lahir setelah ibu mereka memakan menu eggplant parmesan, yakni salah satu hidangan khas Scalini's. Meski belum ada penelitian medis yang mengamini hal ini, tak ada salahnya untuk dicoba kan, Moms?

Walaupun begitu, jangan lupa juga untuk berkonsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu sebelum mengonsumsi makanan-makanan tersebut ya, Moms! (M&B/Gabriela Agmassini/SW/Foto: Freepik)