Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Ini Cara Tepat Mandikan Anak untuk Hilangkan Dakinya

Ini Cara Tepat Mandikan Anak untuk Hilangkan Dakinya

Daki yang menumpuk mungkin adalah salah satu masalah kebersihan yang umum dialami anak-anak. Tak hanya menunjukkan kesan kotor, daki yang tidak dibersihkan dengan baik juga bisa memicu pertumbuhan bakteri lho, Moms!

Berbagai permasalahan kulit, seperti iritasi dan infeksi, bisa dialami Si Kecil. Maka dari itu, ketahui cara yang tepat untuk membasmi daki di tubuh anak dengan optimal. Simak beberapa cara berikut ini agar saat memandikan Si Kecil Anda bisa sekaligus melenyapkan daki dari tubuhnya.

1. Gunakan waslap atau handuk basah

Memandikan Si Kecil hanya dengan air mungkin tidak akan bisa membersihkan daki yang ada di kulitnya dengan optimal. Untuk itu, menggunakan waslap atau handuk yang dibasahkan dengan air hangat bisa membantu meluruhkan daki yang membandel pada kulit. Seka bagian tubuh yang berlipat-lipat dan rawan daki, seperti leher maupun siku, dengan handuk yang sudah dibasahi dengan air hangat ya, Moms.

2. Gunakan baby oil

Tak hanya untuk memijat dan menjaga kulit bayi, baby oil juga bisa Anda manfaatkan untuk membersihkan daki yang membandel lho, Moms. Hal ini dikarenakan kandungan baby oil mampu melembutkan daki yang mengerak, sehingga bisa juga digunakan untuk mengatasi masalah cradle cap.

Cukup tuangkan beberapa tetes baby oil pada air mandi Si Kecil, lalu gosok kulitnya dengan lembut, Moms. Selain itu, Anda juga bisa balurkan baby oil di kulit Si Kecil lalu gosok kulitnya setelah mandi. Sedangkan untuk membersihkan cradle cap, Moms bisa membilas kepalanya setelah digosok dengan baby oil.

3. Gunakan pelembap kulit

Daki bisa muncul akibat penimbunan sel kulit mati di tubuh Si Kecil. Kulit yang kering juga dapat menambah jumlah sel kulit yang mati, sehingga meningkatkan jumlah daki juga, Moms. Maka dari itu, menjaga kelembapan kulitnya juga menjadi bagian yang penting untuk menghilangkan daki. Jangan lupa gunakan pelembap kulit khusus anak atau bayi, terutama yang hypoallergenic, untuk mengurangi risiko iritasi dan alergi.

4. Gunakan sabun dan sampo khusus anak

Penggunaan sabun dan sampo saat mandi juga mampu membantu menghilangkan daki Si Kecil. Pastikan anak Anda menggunakan sabun dan sampo yang diformulasikan khusus untuk anak atau bayi. Hal ini diperlukan agar kelembapan kulitnya terus terjaga sembari membersihkannya. Karena bila kulitnya kering, maka daki pun bisa mengumpul makin banyak pula.

Baca juga: Bolehkah Balita Mandi Memakai Sabun Orang Dewasa?

5. Gunakan air hangat

Air yang suhunya hangat, tidak dingin tapi juga tak terlalu panas, dapat membantu memudahkan saat membersihkan daki Si Kecil. Air hangat mampu melembutkan daki yang membandel di kulit dan membuatnya mudah hilang saat dibersihkan. Jangan lupa, gosok seluruh bagian tubuh anak yang berdaki dengan lembut ya, Moms. (M&B/Gabriela Agmassini/SW/Foto: Freepik)