Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

7 Hal yang Bisa Diajarkan pada Anak tentang Lebaran

7 Hal yang Bisa Diajarkan pada Anak tentang Lebaran

Merayakan Idul Fitri atau Lebaran memang dipenuhi dengan suasana bahagia. Hampir setiap anak pasti merekam momen ini sebagai sesuatu yang menyenangkan, karena bisa berkumpul dengan keluarga besar, menikmati sajian khas Lebaran, dan bahkan mendapatkan uang THR dari keluarga. Seru banget!

Namun, selain kesenangan tersebut, ada hal-hal penting yang bisa Moms ajarkan pada anak tentang Lebaran. Dengan begitu, Si Kecil mengerti makna suci dari Hari Raya Idul Fitri, yang bukan sekadar memakai baju baru, makan ketupat dan opor ayam, serta mendapat uang THR saja. Yuk, kenalkan Si Kecil pelajaran yang bisa dipetik dari Lebaran.

1. Berbagi zakat fitrah

Penting bagi anak untuk mengetahui kewajiban membayar zakat fitrah, berapa yang harus dibayarkan, bagaimana proses membayarnya, dan apa fungsinya. Libatkan Si Kecil dalam setiap proses membayar zakat fitrah ini, agar ia merasa dirinya berguna dan turut memberi buat mereka yang membutuhkan.

Moms bisa ajak anak untuk ke masjid tempat kita biasanya membayarkan zakat fitrah. Di sini, Si Kecil bisa tahu dan belajar banyak tentang zakat fitrah.

2. Semua sama di mata Allah SWT

Ketika takbir berkumandang, suasana penuh kemenangan pun makin terasa. Semua muslim menjalankan ibadah salat Idul Fitri berjemaah di masjid. Tua, muda, kaya, miskin, semua duduk sejajar berdampingan untuk menyembah Allah SWT.

Di momen ini, Moms bisa ajarkan pada anak untuk melihat bahwa semua manusia sama di mata Allah SWT. Maka tidak perlu sombong dan tidak perlu minder, karena hanya Allah yang Maha Besar.

3. Saling bermaafan

Inilah momen paling menyentuh, di mana semua orang ikhlas saling memaafkan satu sama lain. Ini mengajarkan kepada anak untuk berani meminta maaf dan tentu saja berani memaafkan kesalahan orang lain. Yuk, ajak Si Kecil bermaaf-maafan dengan keluarga, kerabat, dan tetangga sekitar kita, Moms!

4. Bersilaturahmi

Lebaran waktu yang tepat untuk bersilaturahmi. Ini penting dilakukan untuk menjaga hubungan tetap erat. Tak hanya dengan keluarga dan kerabat, dengan tetangga dan sahabat juga, lho.

5. Mengajarkan etika bertamu

Mulai dari mengetuk pintu, mengucap salam, hingga duduk manis di ruang tamu dan berbincang dengan tuan rumah, semua itu butuh etika yang perlu diajarkan sejak dini lho, Moms. Jangan sampai Si Kecil menjadi tamu yang mengganggu.

Begitu juga etika ketika menerima tamu, mulai dari mempersilakan duduk, menyuguhkan makanan dan minuman, hingga adab mengantar tamu keluar rumah. Ajarkan Si Kecil soal ini ya, Moms.

6. Saling berbagi

Berbagi maaf, makanan, minuman, uang THR, atau parsel Lebaran? Ya, semua hal kecil yang dibagikan saat Lebaran bisa menjadi momen bagus untuk mengajarkan kepada Si Kecil rasa saling berbagi dengan sesama.

7. Mensyukuri nikmat

Lebaran tentu dipenuhi dengan makanan dan minuman enak! Ini hal sederhana yang bisa diajarkan kepada anak untuk mensyukuri nikmat. Si Kecil perlu tahu bahwa nikmat dan rezeki tidak hanya berbentuk mainan, tapi juga waktu untuk berkumpul bersama, hidup sehat, dan bisa menikmati sajian khas Lebaran.

8. Mengatur waktu

Lebaran memang seru, tetapi juga melelahkan karena harus bangun dari pagi dan terus bertamu atau menerima tamu. Manfaatkan momen "seru tapi sibuk" ini untuk mengajarkan kepada Si Kecil pentingnya mengatur waktu, kapan harus tidur, harus bangun pagi, dan kapan mencuri waktu sejenak untuk beristirahat agar kembali segar saat ada saudara yang datang.

Selamat merayakan Idul Fitri bersama keluarga, kerabat, dan teman tercinta ya, Moms! (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Freepik)