Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Rekomendasi 5 Santan Instan dan Cara Mengolahnya

Rekomendasi 5 Santan Instan dan Cara Mengolahnya

Buat Anda yang suka masak tapi enggak mau repot, penggunaan santan instan tentu sangat membantu ya, Moms. Anda tidak perlu lagi repot ke pasar hanya untuk membeli kelapa, memarut, dan memeras santannya.

Dengan santan instan, rasa dan aroma yang dihasilkan tak jauh berbeda, harganya terjangkau, dan tentunya mudah didapat di minimarket terdekat. Yuk, berkenalan dengan aneka merek santan instan rekomendasi M&B berikut ini.

1. Kara Santan Kelapa

Mungkin inilah salah satu merek pelopor santan instan di Indonesia ya, Moms. Tekstur dan rasanya bisa dibilang mirip dengan santan segar. Pengemasannya juga sangat apik, aman, dan bersih. Santan kelapa siap pakai Kara diproses dengan teknologi UHT (Ultra High Temperature) yang menjaganya tetap awet dan higienis.

Beli di Tokopedia

2. Sasa Santan Kelapa

Untuk Anda yang tidak ingin santan yang mengubah tekstur makanan, maka santan kelapa Sasa bisa menjadi pilihan tepat. Santan instan ini teksturnya cair seperti santan segar, jadi tidak perlu khawatir penambahan santan akan mengubah tekstur makanan. Praktis, enak, dan higienis!

Beli di Tokopedia

3. Rose Brand Santan Kelapa

Tak hanya enak dan praktis, santan kelapa Rose Brand juga mengandung antioksidan, vitamin C, E, dan B lho, Moms! Teksturnya tidak sekental krim tapi juga tidak terlalu cair, sangat pas untuk dicampurkan ke dalam adonan kue basah.

Beli di Shopee

4. Sun Kara Santan Kelapa

Sama seperti Kara, santan kelapa Sun Kara juga diolah dengan teknologi mutakhir, diproses secara UHT, dan dikemas secara aseptik dalam kemasan praktis. Produk ini telah memenuhi berbagai standar kualitas makanan dengan tetap mempertahankan kesegaran dan rasa alami kelapa.

Beli di Tokopedia

5. Klatu Santan Kelapa Tua

Merek santan instan yang satu ini menawarkan santan kelapa tua pilihan yang dihasilkan dari perasan pertama, berkualitas! Klatu Santan Kelapa Tua rasanya juga gurih dengan tekstur sangat kental, cocok untuk diolah menjadi aneka masakan gurih maupun manis.

Beli di Shopee

Cara mengolah santan instan

Memasak memang jadi lebih mudah dengan santan instan, setuju kan, Moms? Namun terkadang agak sulit menghitung takaran santan instan. Berbagai resep sering meminta Anda untuk memasukkan 100 ml santan dari 1 butir kelapa, lalu bagaimana jika Anda memakai santan instan?

Nah, Moms perlu tahu kalau santan instan (umumnya berukuran 200 ml) biasanya terbuat dari 2 butir kelapa. Jadi kalau resep Anda meminta 100 ml dari 1 butir kelapa, gunakan saja setengah kotak santan instan.

Agar santan instan tidak mudah pecah saat dimasak, maka cara memasaknya tidak jauh berbeda dengan santan segar, yaitu harus sering diaduk. Memasak resep bersantan dengan cara sering diaduk mencegah santan menggumpal atau yang sering disebut santan pecah.

Masukkan santan sedikit demi sedikit ke kuah dasar yang belum mendidih, sambil terus diaduk. Ingat ya, Moms, mengaduknya harus konsisten, jangan hanya sesekali. Penggunaan api kecil juga bisa membantu mencegah santan pecah, Moms.

Berita baiknya, penggunaan santan instan jarang menimbulkan santan pecah, karena kebanyakan santan instan sudah diberi emulsifier atau bahan penstabil, sehingga teksturnya cukup stabil. Selamat mencoba! (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Freepik)