Type Keyword(s) to Search
BABY

7 Bahasa Tubuh Bayi yang Harus Anda Ketahui

7 Bahasa Tubuh Bayi yang Harus Anda Ketahui

Sebelum bisa berbicara, bayi berkomunikasi menggunakan bahasa tubuh mereka untuk mengekspresikan kebutuhan atau emosi mereka. Bayi berkomunikasi secara non verbal dengan menggunakan gerakan tubuh dan suara mereka.

Gerakan tubuh dan suara mereka merupakan tanda-tanda mereka ingin mengekspresikan diri dan kecenderungan bawaan mereka terhadap sebuah interaksi dan perhatian. Setiap gerakan yang dilakukan bayi juga memiliki makna dan membutuhkan respons dari Anda sebagai orang tuanya, Moms.

Nah, saat Moms mampu menafsirkan bahasa tubuh Si Kecil, Anda bisa memahami perasaan dan perubahan suasana hati bayi Anda. Karena itu, sebagai orang tua, Anda perlu tahu bahasa tubuh bayi dan artinya seperti berikut ini.

1. Menggosok mata

Saat bayi  menggosok matanya terlebih sambil menguap atau menangis, ini menandakan bahwa Si Kecil merasa lelah. Cobalah untuk menenangkannya dengan menyanyikan sebuah lagu pengantar tidur sampai ia tertidur. Bila ia terus melakukan hal tersebut, Moms perlu pergi ke dokter untuk mengetahui kemungkinan terjadinya infeksi pada matanya.

2. Melengkungkan punggung

Saat bayi melengkungkan punggungnya dan tidak bisa tenang, ini merupakan reaksi terhadap rasa sakit atau ketidaknyamanan fisik yang Si Kecil rasakan. Gerakan ini bisa menunjukkan bahwa ia perlu berubah ke posisi lain.

Gerakan ini juga bisa menjadi indikasi ketidaknyamanan lambung, seperti asam lambung. Untuk itu, Moms perlu membantu bayi Anda menemukan posisi yang lebih nyaman, terutama saat Anda memberinya makan. Anda juga perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mengatasi ketidaknyamanan lambungnya tersebut.

3. Lengan kencang dan tangan mengepal

Layaknya orang dewasa, saat bayi Anda mengepalkan tangannya, ini menandakan kemarahan atau stres. Selama bulan-bulan pertama kehidupannya, reaksi ini juga bisa menjadi pertanda bahwa Si Kecil lapar atau butuh diganti popoknya.

4. Mengisap tangan

Saat bayi merasa lapar, biasanya ia akan mengisap tangan atau kepalan tangannya. Selain itu, gerakan tubuh Si Kecil ini juga merupakan cara yang ia gunakan untuk berusaha tidur. Cara ini ia lakukan untuk menenangkan dirinya.

5. Gerakan mengejutkan

Bayi umumnya membuat gerakan secara tiba-tiba yang mengejutkan dengan tubuhnya, terutama saat sedang tidur. Gerakan ini merupakan refleks umum bayi selama 6 bulan pertama kehidupannya. Gerakan tubuh tersebut juga merupakan reaksi mendadak dari kebisingan atau tindakan mendadak yang terjadi dan mengejutkan Si Kecil. Karena itu, penting untuk menjaga suara dan gerakan seminimal mungkin ketika bayi Anda tengah tidur.

6. Menekuk lutut ke arah tubuhnya

Ketika bayi berulang kali meringkukkan tubuhnya dengan mengangkat lutut ke atas perutnya, hal ini bisa menandakan ia mengalami gangguan pencernaan. Masalah pencernaan paling umum yang dialami bayi adalah gerakan usus abnormal, akumulasi gas, atau sembelit.

Jika Anda menyusui Si Kecil, maka hindari mengonsumsi makanan yang bisa menyebabkan iritasi sehingga fungsi lambung bayi Anda kembali normal. Jika masalahnya belum mereda, Moms perlu segera berkonsultasi dengan dokter anak Anda.

7. Menggerakkan kaki secara energik

Gerakan kaki Si Kecil yang energik ini cenderung memiliki konotasi yang positif. Saat bayi secara bersemangat menendangkan kakinya, hal ini menandakan bahwa ia sedang bersenang-senang dan sangat bahagia. Karena itu, tak heran saat Anda bermain dan memandikannya dengan gelembung sabun, ia akan menggerakkan kakinya dengan semangat.

Baca juga: Bahasa Tubuh Balita dan Artinya yang Moms Perlu Tahu

(M&B/Vonda Nabilla/SW/Foto: Freepik)