Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Trik agar Nasi yang Dimasak dengan Rice Cooker Tidak Cepat Kering

Trik agar Nasi yang Dimasak dengan Rice Cooker Tidak Cepat Kering
(Foto: Dok. Freepik)

Seiring dengan perkembangan teknologi, kini memasak dan menyimpan nasi jadi lebih mudah dan praktis karena adanya rice cooker. Ya, rice cooker jadi alat yang sangat membantu tugas kita untuk memasak sekaligus menghangatkan nasi.

Namun sayangnya, nasi yang dimasak menggunakan rice cooker cenderung lebih mudah basi, berwarna kuning, dan kering. Akan tetapi, Moms tidak perlu khawatir, karena ada beberapa tips memasak nasi dengan rice coooker agar tidak cepat kering. Apa saja? Simak tipsnya berikut ini ya, Moms!

Baca juga: Trik Memasak Daging agar Cepat Empuk Tanpa Waktu Lama

1. Cuci beras hingga bersih

Pastikan Anda mencuci beras terlebih dahulu hingga bersih sebelum memasak. Mengapa? Melakukan pencucian memungkinkan kotoran-kotoran yang menempel pada beras ikut terbuang.

Kotoran-kotoran ini bisa menyebabkan munculnya bakteri dan berpotensi membuat nasi yang sudah matang menjadi mudah basi dan cepat kering. Tak hanya itu, mencuci beras hingga bersih juga akan membuat nasi menjadi bersih dan putih, sehingga nasi yang dihasilkan terasa makin enak.

2. Menggunakan rice cooker berkualitas

Gunakan rice cooker berkualitas dengan dasar panci yang tebal. Dasar panci yang tebal mampu mendistribusikan panas dengan baik. Kualitas rice cooker yang baik bisa menentukan nasi yang dihasilkan dalam keadaan bagus, tidak cepat kering, atau tidak basi.

Selain itu, pastikan rice cooker tersambung pada listrik dengan benar. Hal ini karena tegangan listrik yang tidak stabil dapat memengaruhi suhu yang dihasilkan untuk memasak nasi, yang membuat nasi jadi akan lebih lembek dan mudah basi.

3. Menggunakan air jeruk lemon

Sebelum memasak nasi, Anda bisa menambahkan beberapa tetes air jeruk lemon atau jeruk nipis ke dalam beras. Air jeruk lemon atau jeruk nipis dipercaya dapat membuat tekstur nasi menjadi semakin lembut dan enak. Selain itu, air jeruk lemon atau jeruk nipis juga bisa membuat warna nasi jadi lebih putih dan tidak mudah basi atau kering.

4. Masak nasi dengan cukup air

Gunakan air yang cukup untuk memasak nasi di rice cooker. Menggunakan air terlalu banyak akan membuat nasi jadi lebih lembek dan mudah basi, sedangkan menggunakan air terlalu sedikit akan membuat nasi menjadi kering dan keras. Karena itu, gunakan cukup air untuk memasak nasi, jangan sampai kelebihan atau kekurangan.

5. Masak untuk sekali makan

Anda disarankan memasak nasi untuk sekali makan agar nasi selalu enak dan fresh. Hal ini juga akan mencegah nasi basi, berubah warna kuning, atau kering saat akan dimakan. Hindari memasak nasi di pagi hari untuk dimakan pada sore atau bahkan malam hari. Usahakan untuk memasak nasi di pagi hari untuk makan pagi, memasak nasi siang untuk makan siang, atau memasak nasi malam untuk makan malam.

6. Jangan menyimpan nasi terlalu lama 

Jika nasi sudah matang, sebaiknya Anda tidak menyimpan nasi dalam waktu yang lama di rice cooker, karena akan membuat nasi lebih cepat kering. Untuk mencegah nasi tidak kering dan hangus, copotlah kabel listrik rice cooker dan bukalah tutupnya. Anda tidak perlu khawatir nasi menjadi dingin, karena jika ingin makan nasi hangat, Anda hanya tinggal panaskan kembali nasi di dalam rice cooker.

7. Aduk nasi setelah matang

Setelah nasi matang, buka tutup rice cooker, lalu aduk nasi secara merata. Cara ini bertujuan agar uap air pada nasi tercampur dengan rata, sehingga nasi yang dihasilkan matang sempurna dan menghindari nasi kering di bagian bawahnya.

Itulah beberapa tips memasak nasi agar tidak cepat kering. Selain beberapa tips di atas, selalu ingat untuk menjaga kebersihan rice cooker dengan membersihkan bagian dalam maupun luarnya setelah dipakai. Hal ini tentu dapat mencegah nasi menjadi berubah warna, mudah basi, dan cepat kering. Semoga tips ini bermanfaat ya, Moms! (M&B/Fariza Rahmadinna/SW/Foto: Freepik)