Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Makanan yang Perlu Dikonsumsi Bumil agar Bayi Lahir Cerdas

Makanan yang Perlu Dikonsumsi Bumil agar Bayi Lahir Cerdas

Saat hamil, apa yang Anda konsumsi akan berpengaruh kepada perkembangan fisik dan mental anak selama bertahun-tahun yang akan datang. Karena itu, penting bagi Anda untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan selama menjalankan masa kehamilan.

Bila Moms mendambakan punya anak yang cerdas dan pintar, tentunya Anda harus rajin mengonsumsi makanan yang bisa meningkatkan fungsi otak, baik sebelum hamil maupun selama kehamilan, karena perkembangan kognitif anak dimulai sejak ia berada di dalam perut Anda. Dengan begitu, Moms bisa membantu meningkatkan IQ, kemampuannya berperilaku, serta meningkatkan daya ingat anak hingga dewasa kelak.

Nah, berikut ini 10 makanan yang bisa Moms konsumsi agar Si Kecil lahir cerdas.

Baca juga: 7 Makanan Alami agar Bisa Cepat Melahirkan

1. Ikan berlemak

Asam lemak omega-3 yang biasanya ditemui pada ikan berlemak seperti sarden, salmon, atau makerel berperan penting dalam perkembangan otak bayi Anda. Untuk itu, ibu hamil disarankan untuk setidaknya makan dua porsi ikan atau lebih dalam seminggu.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada 12 ribu wanita hamil, anak-anak yang lahir dari ibu yang makan kurang dari dua porsi ikan per minggu punya skor yang rendah pada tes kecerdasan, perilaku dan perkembangan, dibandingkan anak-anak yang lahir dari ibu yang makan setidaknya dua porsi ikan per minggu.

2. Susu 

Bila bumil kekurangan zat besi, hal ini bisa berdampak pada perkembangan kognitif bayi secara keseluruhan. Selain itu, bayi Anda juga berisiko mengalami keterbelakangan mental. Untuk itu, bumil perlu mengonsumsi susu untuk mengembangkan fungsi kognitif yang sehat dan mendukung perkembangan otak Si Kecil.

3. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam, sawi, selada, dan kale, baik dikonsumsi untuk membantu menjaga otak bayi Anda agar terlindungi dari kerusakan jaringan. Selain itu kandungan asam folat yang ada pada sayuran berdaun hijau diketahui bisa mengurangi risiko cacat tabung saraf, bibir sumbing dan berbagai cacat jantung pada bayi.

4. Blueberry

Selain bagus untuk kesehatan mata, blueberry merupakan buah kaya antioksidan yang baik untuk perkembangan kognitif bayi Anda. buah ini juga mengandung vitamin C yang bisa membantu meningkatkan sistem imun Moms selama hamil.

Bila Moms tidak menyukai blueberry, Anda bisa mengonsumsi buah beri lainnya seperti strawberry, raspberry, atau blackberry, dengan tetap mendapatkan manfaat yang sama untuk meningkatkan perkembangan kognitif calon buah hati Anda.

5. Telur

Selain kaya protein dan rendah kalori sehingga bisa menjaga berat badan agar tetap normal selama hamil, telur juga diketahui kaya akan asam amino yang disebut kolin yang terbukti membantu perkembangan otak dan meningkatkan daya ingat bayi Anda ketika dewasa nanti.

6. Keju

Keju mengandung vitamin D yang sangat penting untuk perkembangan kognitif janin. Karena itu, untuk melahirkan bayi yang cerdas, bumil disarankan untuk mengonsumsi keju. Namun pastikan Anda tidak mengonsumsi keju terlalu berlebihan saat hamil agar berat badan Anda tetap terkontrol ya, Moms.

7. Kacang almond

Ibu hamil direkomendasikan untuk mengonsumsi segenggam kacang almond setiap harinya agar melahirkan bayi yang cerdas. Pasalnya selain mengandung lemak, magnesium, vitamin E, dan protein, kacang almond juga mengandung asam lemak omega-3 yang berpengaruh pada perkembangan kecerdasan otak bayi Anda.

8. Yoghurt

Yoghurt diketahui kaya akan kalsium yang dapat membantu mengoptimalkan pembentukan tulang janin. Namun, bukan cuma itu, yoghurt juga mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk kecerdasan bayi saat lahir nanti.

9. Kacang-kacangan

Zat besi sangat diperlukan oleh tubuh untuk membantu mengangkut oksigen ke sel-sel saraf di otak bayi. Maka, mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi dianjurkan bagi bumil untuk mendukung perkembangan saraf dan otak bayi Anda. Moms bisa mengonsumsi makanan kaya zat besi, seperti ayam, sayuran hijau, kismis, dan lain-lain.

10. Biji labu

Biji labu kaya akan zinc yang berpengaruh pada pembentukan struktur otak yang tepat dan membantu pemrosesan informasi secara kognitif. Selain itu biji labu juga kaya akan antioksidan yang baik untuk tubuh. (M&B/Vonda Nabilla/SW/Foto: Freepik)