Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

7 Penyebab Perut Gatal saat Hamil dan Cara Mengatasinya

7 Penyebab Perut Gatal saat Hamil dan Cara Mengatasinya

Kehamilan memang sering membuat Anda merasakan beberapa ketidaknyamanan, mulai dari mual, kaki bengkak, hingga perut gatal. Nah, masalah perut gatal saat hamil memang tidak terlalu sering dibahas ya, Moms, padahal ini sering terjadi, lho. Yuk, ketahui penyebab perut gatal saat hamil dan cara tepat untuk mengatasinya berikut ini, Moms!

Perut gatal, tanda bahaya?

Makin besar perut Anda, makin mungkin juga Anda mengalami rasa gatal di sekitar perut (bahkan sering menjalar ke paha). Ya, rasa gatal ini tentu sangat mengganggu, tapi Anda bisa tenang karena gangguan ini tidak berbahaya kok, Moms. Seperti yang disebutkan BabyCentre, adalah hal yang sangat normal jika Anda merasa gatal di area perut saat hamil. Anda tidak sendiri Moms, perut gatal bahkan terjadi pada seperempat wanita hamil di dunia.

Penyebab perut gatal saat hamil

Saat hamil, kulit Anda meregang seiring dengan membesarnya ukuran janin di dalam rahim. Ketika itu pula kulit di area perut Anda melebar dan kekurangan kelembapan. Inilah yang menyebabkan perut bumil sering gatal dan terasa tidak nyaman. Sebenarnya tak hanya kulit perut yang meregang dan terasa gatal, kulit di area paha dan bokong Anda sering kali juga ikut meregang dan gatal.

Selain kulit meregang, ini beberapa penyebab perut ibu hamil gatal:

1. Kering. Meregangnya kulit di area perut bumil membuatnya cenderung mudah kering. Ketika kulit kering, rasa gatal dan tak nyaman pun makin meningkat.

2. Alergen. Kulit bumil memang lebih sensitif. Beberapa alergen seperti pewangi pakaian dan jenis kain yang tidak nyaman mungkin membuat perut Anda lebih mudah gatal.

3. Perubahan hormon. Perubahan hormon saat hamil tak hanya membuat bumil jadi lebih moody, tapi juga jadi lebih mudah gatal di area perut.

4. Kolestasis. Ini adalah kelainan pada organ hati yang menyebabkan terjadinya penumpukan asam di darah. Tanda utamanya adalah gatal, dan bisa jadi gatalnya di perut.

5. PUPPP. Ini adalah singkatan dari pruritic urticarial and plaques of pregnancy, suatu ruam gatal yang terjadi di sekitar stretch mark saat hamil besar.

6. Prurigo. Ini adalah benjolan atau bintil di sekitar kulit lengan, dahi, pipi, bokong, dan perut.

Baca juga: Gatal-gatal saat Hamil Umum Terjadi, Namun Bisa Jadi Gejala Penyakit

Cara mengatasi gatal di perut bumil

Walaupun gatal di perut memang sangat mengganggu, ada beberapa tips sederhana yang bisa Anda coba untuk meredakannya kok, Moms. Menurut American Pregnancy Association, berikut ini beberapa cara meredakan perut gatal saat hamil.

  • Gunakan losion, krim, atau minyak zaitun untuk melembapkan area perut Anda.
  • Gunakan pakaian yang longgar, sehingga tidak mengiritasi kulit perut.
  • Gunakan pakaian dengan serat natural yang nyaman, seperti katun. Hindari pakaian dari bahan sintetis karena bisa meningkatkan iritasi yang membuat Anda makin gatal.
  • Jika penyebabnya karena PUPPP, gunakan perawatan kulit berbahan dasar yoghurt.
  • Oleskan losion calamine yang membantu meredakan gatal. Ini aman untuk ibu hamil.
  • Penuhi kebutuhan air minum harian Anda. Ini turut melembapkan kulit agar gatal di perut pun berkurang.
  • Nyalakan pelembap udara atau humidifier, ini akan menjaga udara di sekitar Anda lebih lembap dan lebih nyaman di kulit.

(M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Freepik)