Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

7 Makanan Alami agar Bisa Cepat Melahirkan

7 Makanan Alami agar Bisa Cepat Melahirkan

Saat kehamilan sudah memasuki usia 39 atau 40 minggu, Anda pasti ingin mencoba berbagai hal yang bisa memicu kontraksi agar cepat melahirkan. Salah satu hal aman yang bisa Anda coba adalah mengonsumsi beberapa makanan yang bisa membantu mempercepat persalinan. Apa saja makanan tersebut? Lihat daftarnya berikut ini, Moms!

1. Nanas

Walau belum terbukti secara medis, What to Expect menyebutkan bahwa nanas memiliki enzim bromelain yang mampu melembutkan leher rahim dan memicu kontraksi. Nah, jika Anda ibu hamil yang sudah mendekati (atau bahkan melewati) due date tapi belum juga melahirkan, tak ada salahnya mengonsumsi nanas yang enak dan sehat ini kan, Moms.

2. Castor oil

Ternyata sudah terbukti dalam penelitian kalau castor oil atau minyak jarak memang bisa memicu kontraksi. Namun, para dokter tidak menyarankan penggunaan castor oil untuk menstimulasi kontraksi, karena memberikan efek laksatif yang membuat bumil jadi lebih sering ke toilet. Sering BAB saat sedang kontraksi? Wah, sepertinya bukan perpaduan yang baik ya, Moms.

3. Red raspberry leaf tea

Teh herbal ini mungkin masih aneh didengar, tapi sudah banyak dijual kok, Moms. Banyak yang bilang, buah raspberry merah bisa meningkatkan aliran darah ke rahim dan memicu kontraksi. Sayangnya, belum ada penelitian yang membuktikan khasit teh herbal ini untuk melancarkan persalinan.

4. Makanan pedas

Walau bisa mengiritasi saluran pencernaan, banyak bumil yang percaya kalau makanan pedas bisa membantu memicu persalinan. Namun, jenis makanan ini sepertinya lebih manjur jika dikonsumsi saat bumil sudah memasuki pembukaan awal. Jika benar makanan pedas bisa memicu kontraksi, berbagai makanan khas Indonesia juaranya ya, Moms. Tapi, jangan dikonsumsi berlebihan juga, ya.

Baca juga: Ini Makanan yang Bisa Membuat Anda Hamil Anak Kembar

5. Terung

Tidak ada penelitian yang menyebutkan terung bisa memicu kontraksi yang merangsang pembukaan persalinan. Alasan terung dipercaya bisa memicu kontraksi mungkin berkaitan dengan terung parmesan yang terkenal di restoran Scalini, Atlanta, Amerika Serikat. Restoran ini menjamin terung parmesan buatan mereka bisa merangsang persalinan. Jika tidak terbukti, ya setidaknya Anda bisa menikmati makanan enak sebelum berjuang di ruang bersalin.

6. Balsamic vinegar

Sama dengan terung, balsamic vinegar juga sering disebut sebagai makanan yang bisa mempercepat kontraksi karena sebuah restoran yang menyajikan maternity salad di California. Restoran ini bernama Caioti Pizza Cafe, yang menjamin menu andalannya (yang bumbu rahasianya berbahan dasar balsamic vinegar) bisa merangsang persalinan. Namun, sekali lagi kami tekankan, ini tidak ada bukti klinisnya ya, Moms. 

7. Kurma

Ada studi yang menyebutkan kalau bumil yang rutin mengonsumsi 6 buah kurma per hari selama sebulan sebelum melahirkan, maka kesempatannya untuk melahirkan tepat waktu pun akan meningkat. Jadi, tak ada salahnya mengonsumsi 6 kurma per hari kan, Moms. Selain enak, kurma juga tinggi serat yang baik untuk pencernaan Anda.

Baca juga: 10 Makanan Penguat Kandungan untuk Ibu Hamil

(M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Freepik)