Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

7 Manfaat Konflik Suami Istri bagi Kebahagiaan Rumah Tangga

7 Manfaat Konflik Suami Istri bagi Kebahagiaan Rumah Tangga

Siapa bilang konflik dengan pasangan menandakan rumah tangga yang tak bahagia? Faktanya, munculnya sedikit konflik justru dibutuhkan dan memberikan manfaat untuk memperkuat hubungan Anda dan pasangan lho, Moms. Ya, karena konflik adalah hal penting yang menjadi bagian tak terpisahkan dari rumah tangga yang sehat. Yuk, ketahui apa saja manfaat konflik dengan pasangan.

1. Meningkatkan rasa saling percaya

Melansir Law Offices of William M. Strachan, konflik yang terjadi akan membuat Anda dan pasangan menghargai batasan dan membuat masing-masing suami dan istri bisa mengekspresikan diri.

Argumen yang keluar dari konflik ringan bisa meningkatkan rasa saling percaya. Ketika Anda dan pasangan memiliki konflik, berargumen, dan berhasil melalui semua itu dengan baik, maka Anda dan pasangan pun akan menganggap konflik sebagai hal yang tidak mengancam rumah tangga.

2. Bye bye cemas!

Mengekspresikan emosi punya banyak manfaat lho, Moms, seperti bisa meredakan cemas berlebih, ketegangan, dan ketakutan. Ini tak hanya akan membuat Anda merasa lebih baik dan lebih lega, mengekspresikan emosi juga akan bisa membuat fisik Anda jadi lebih sehat.

3. Makin "lengket" kayak prangko

Saat pasangan Anda memahami pikiran, perasaan, opini, batasan, dan apa yang membuat Anda sedih, maka hal tersebut akan menciptakan keintiman dan rasa menghargai yang lebih dalam. Dengan kata lain, saat konflik mengajarkan pasangan untuk lebih memahami karakter Anda, maka romantisme pun bisa makin terukir. Anda dan pasangan pun akan bisa makin "lengket" alias mesra.

4. Mendorong perubahan positif

Pernah menyesal setelah bertengkar dengan pasangan? Ada sisi positifnya lho, Moms! Penyesalan tersebut bisa menjadi "cambuk" yang mendorong perubahan positif bagi Anda dan pasangan. Pasti timbul rasa ingin mencegah pertengkaran terjadi kembali, sehingga Anda dan pasangan akan saling introspeksi diri agar konflik tak berulang.

Baca juga: Lakukan 5 Hal Ini saat Anda Bertengkar dengan Pasangan

5. Memperbaiki karakter

Pasangan yang menggunakan konflik sebagai "alat" untuk tumbuh bersama, maka hubungan mereka pun bisa makin berkualitas. Konflik bisa mengajarkan pasangan untuk meningkatkan kesabaran, kasih sayang, dan membantu Anda fokus pada hal penting.

Dan yang terpenting, konflik mengajarkan Anda bahwa kebahagiaan dan kesehatan rumah tangga Anda adalah hal yang penting. Itulah "bahan bakar" yang akan terus menghangatkan hubungan Anda dan pasangan.

6. Kehidupan jadi lebih menarik

Banyak yang bilang, konflik adalah "bumbu" yang membuat rumah tangga lebih semarak. Sepertinya ini banyak benarnya ya, Moms. Konflik memang membuat kehidupan rumah tangga lebih menarik karena ritme hubungan Anda dan suami menjadi lebih dinamis dan tidak membosankan.

7. Makin kompak

Bisa dibilang, konflik adalah ujian untuk naik kelas. Makin sering Anda mengerjakan soal, maka makin lancar Anda mengetahui jawabannya. Begitulah peran konflik dalam membangun rumah tangga yang sehat. Makin Anda mengenali hal-hal yang bisa memicu konflik, makin baik Anda mencegahnya, maka makin kompak pula hubungan rumah tangga Anda, Moms dan Dads. (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Freepik)