Type Keyword(s) to Search
BABY

Ini Vitamin yang Dibutuhkan Bayi dan Fungsinya buat Si Kecil

Ini Vitamin yang Dibutuhkan Bayi dan Fungsinya buat Si Kecil

Guna menunjang tumbuh dan kembangnya, bayi memerlukan asupan gizi yang lengkap. Salah satu nutrisi yang penting bagi Si Kecil adalah vitamin. Setiap jenis vitamin memiliki peran berbeda dalam tubuh buah hati Anda. Moms, berikut adalah jenis-jenis vitamin yang diperlukan bayi beserta fungsinya masing-masing.

1. Vitamin A

Vitamin A berfungsi untuk mendukung sistem kekebalan tubuh bayi serta menjaga kesehatan kulit, rambut, dan matanya. Bayi berusia 0-6 bulan membutuhkan sekitar 370 mikrogram (mcg) vitamin A per hari, sedangkan bayi berusia 6 bulan hingga anak berusia 3 tahun membutuhkan sekitar 400 mcg vitamin A per hari. Secara alami, vitamin A terkandung dalam beberapa jenis makanan, seperti wortel, ubi, kuning telur, jamur, bayam, brokoli, hati ayam, ikan, minyak ikan, dan hati sapi.

2. Vitamin B1

Vitamin B1 atau tiamin dapat membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan, perkembangan, serta fungsi sel-sel tubuh bayi, terutama sel saraf. Moms perlu tahu, bayi membutuhkan sekitar 0,3 miligram (mg) vitamin B1 setiap harinya. Vitamin ini secara alami terdapat pada nasi, daging sapi, hati sapi, daging ayam, ikan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Beberapa produk sereal atau makanan bayi juga sudah diperkaya dengan vitamin B1.

3. Vitamin B2

Vitamin B2 atau riboflavin dapat membantu tubuh dalam menggunakan energi dan melindungi sel dari kerusakan. Seperti halnya vitamin A, vitamin B2 juga baik untuk kesehatan mata.. Selain itu, vitamin ini juga memiliki manfaat bagi kulit dan sistem saraf bayi. Asupan vitamin B2 yang disarankan untuk bayi adalah sekitar 0,3 mg per hari. Si Kecil bisa mendapatkan vitamin B2 dari makanan dan minuman seperti susu, daging sapi, telur, dan sayuran.

4. Vitamin B3

Vitamin B3 atau niacin diperlukan tubuh untuk mengubah protein dan lemak menjadi energi. Vitamin ini juga baik untuk menjaga kesehatan kulit dan sistem saraf. Bayi membutuhkan antara 2 hingga 4 mg asupan vitamin B3 per hari. Mendapatkan sumber vitamin B3 juga tidak terlalu sulit, Moms. Anda bisa membuat menu MPASI Si Kecil dengan menu daging atau hati ayam, ikan, jamur, alpukat, kentang, dan kacang polong.

5. Vitamin B6

Vitamin B6 atau pyridoxine berperan dalam menjaga kesehatan otak dan sistem kekebalan tubuh. Bayi membutuhkan sekitar 0-1 hingga 0-3 mg vitamin B6 setiap harinya. Sumber vitamin B6 antara lain terdapat dalam daging ayam, ikan, sayuran, buah, kacang-kacangan, dan susu.

6. Vitamin B9

Vitamin B9 atau yang biasa disebut folat merupakan salah satu jenis vitamin yang sangat penting bagi kesehatan bayi. Asupan folat yang cukup sejak bayi berada dalam kandungan dapat mengurangi risikonya terlahir cacat. Setelah bayi lahir, vitamin B9 memiliki peran siginifikan dalam pembentukan sel darah merah dan sistem kekebalan tubuh, serta mencegahnya terkena anemia.

Kebutuhan folat bayi adalah 65 hingga 80 mg setiap harinya. Si Kecil bisa mendapatkan folat dari makanan seperti bayam, brokoli, kacang-kacangan, jagung, alpukat, dan telur. Saat ini, beberapa jenis susu dan sereal bayi juga sudah dilengkapi dengan asam folat.

7. Vitamin B12

Vitamin B12 atau cobalamine berfungsi untuk mempertahankan sel-sel saraf dan darah segar agar tetap sehat, serta membuat DNA yang merupakan materi genetik di setiap sel. Bayi membutuhkan 0,4-0,5 mcg vitamin B12 setiap harinya. Asupan vitamin B12 bisa didapatkan dari telur, daging sapi, keju, susu, dan ikan.

8. Vitamin C

Vitamin C memiliki fungsi untuk melindungi tubuh dari infeksi, membantu tubuh menyerap zat besi, membangun tulang dan otot, serta membantu menyembuhkan luka. Kebutuhan harian vitamin C bayi berkisar 40-50 mg. Jenis vitamin yang satu ini terdapat pada buah dan sayuran, seperti jeruk, pepaya, stroberi, kiwi, mangga, jambu biji, kembang kol, kentang, dan brokoli.

9. Vitamin D

Vitamin D dapat membantu tubuh menyerap kalsium, serta memperkuat tulang dan gigi. Rekomendasi dosis vitamin D untuk adalah sekitar 5 mcg per hari. Vitamin D dapat diperoleh dengan cara berjemur di bawah sinar matahari pagi dan mengonsumsi makanan seperti daging atau hati sapi, kuning telur, ikan, dan susu kedelai.

10. Vitamin E

Vitamin E bertugas untuk melindungi sel dari kerusakan, memperkuat sistem kekebalan tubuh, serta baik bagi kesehatan kulit dan mata bayi. Si Kecil membutuhkan sekitar 4-5 mg vitamin E setiap harinya. Alpukat, mangga, kiwi, bayam, dan brokoli merupakan beberapa sumber vitamin E yang bisa dikonsumsi bayi Anda.

11. Vitamin K

Vitamin K membantu proses pembekuan darah dan mempercepat proses penyembuhan luka. Bayi memerlukan sekitar 5-10 mcg vitamin K setiap harinya. Vitamin ini bisa ditemukan pada bayam, brokoli, kembang kol, kol, ikan, hati, daging, dan telur. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)