Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Ingin Rambut Anak Sehat dan Lebat? Beri Si Kecil Makanan Ini

Ingin Rambut Anak Sehat dan Lebat? Beri Si Kecil Makanan Ini

Punya anak yang memiliki rambut sehat dan lebat tentu menjadi kebahagiaan tersendiri ya, Moms. Anda pasti senang melihat dan menatanya. Ya, rambut anak yang tebal dan sehat adalah dambaan setiap ibu.

Namun, bagaimana jika rambut Si Kecil ternyata tidak seperti itu? Tak usah khawatir, Moms. Ada cara mudah untuk mengatasinya, yaitu dengan memberikan makanan kaya nutrisi dan punya manfaat terhadap pertumbuhan rambut Si Kecil.

Memang sih, faktor genetik tetap punya peran besar dalam membuat helai rambut jadi tebal dan lebat. Namun, menurut Lawrence Samuels, MD, Kepala Divisi Dermatologi, St. Luke's Hospital, St. Louis, AS, nutrisi yang baik sangat bermanfaat dalam merawat dan menjaga jumlah dan ukuran folikel rambut di kulit kepala. Karena itu, Anda bisa memberikan 7 makanan berikut ini agar rambut Si Kecil tumbuh sehat dan lebat, Moms.

Baca juga: Begini Cara Merawat Rambut Keriting Anak

1. Bayam

Bayam merupakan sayuran yang memiliki zat besi paling tinggi dibandingkan sayuran hijau lain. 100 gram bayam rebus mengandung 3,57 mg zat besi. Zat besi berperan penting dalam pertumbuhan rambut, yaitu membantu metabolisme protein dan mendorong produksi enzim serta sel darah merah, sehingga akar rambut ternutrisi dengan baik. Menurut European Journal of Dermatology, kekurangan zat besi bisa menyebabkan kerontokan.

2. Telur

Rambut terdiri dari 70% protein keratin, sehingga sangat membutuhkan asupan protein untuk membangun kembali kerusakan pada batang rambut. Satu butir telur ayam biasa memiliki kandungan 6,5 gram protein yang sangat bermanfaat bagi kesehatan rambut Si Kecil.

3. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian seperti kacang merah, kacang hijau, beras merah, kedelai, kacang tanah, lentil, dan oat, kaya vitamin B, zinc, dan protein. Vitamin B memiliki fungsi utama sebagai pengantar nutrisi dan oksigen ke kulit kepala melalui sel darah merah sehingga folikel rambut ternutrisi dan rambut tetap sehat. Jadikan kacang-kacangan dan biji-bijian ini sebagai bahan utama atau campuran dalam menu makanan atau snack Si Kecil ya, Moms.

4. Daging sapi

Menurut lembaga penelitian dan pengembangan Meat & Livestock Australia, Ltd., daging sapi merupakan sumber protein dengan kandungan vitamin B12, zinc, dan zat besi tertinggi dibandingkan daging unggas dan ikan. Dalam 100 gram daging sapi terdapat 22,7 g protein, 4,2 mg zinc, 2 mg zat besi, dan 1,1 mg vitamin B12. Vitamin B12 sangat bermanfaat dalam pembentukan sel darah merah yang berfungsi untuk mengangkut nutrisi dan oksigen ke kulit kepala serta akar rambut.

5. Susu

Susu adalah makanan super untuk rambut. Selain kaya protein, susu mengandung vitamin A, B, fosfor, kalsium, magnesium, dan zinc, yang bermanfaat untuk menguatkan dan menyuburkan rambut. Mengonsumsi susu secara rutin bisa membuat rambut Si Kecil tetap lentur dan mengkilap.

6. Buah-buahan

Satu buah alpukat mengandung 2-6 mikrogram biotin, sedangkan satu cangkir raspberry mengandung 0,2-2 mikrogram biotin. Biotin adalah salah satu komponen vitamin B kompleks yang bermanfaat untuk menyehatkan kulit kepala dan membuat rambut kuat. Selain vitamin B, alpukat kaya vitamin E yang mampu mencegah pengaruh buruk sinar matahari terhadap rambut. Mengonsumsi buah kaya vitamin C seperti, jeruk, kiwi dan strawberry juga dapat mendorong produksi kolagen yang menjaga pertumbuhan rambut.

7. Salmon dan makerel

Ikan salmon dan makerel kaya asam lemak omega-3 yang mampu mendorong pembukaan folikel rambut sehingga rambut Si Kecil tumbuh sehat. (M&B/SW/Foto: Freepik)