Type Keyword(s) to Search
BABY

5 Karakter Tidur Bayi Baru Lahir yang Perlu Moms Pahami

5 Karakter Tidur Bayi Baru Lahir yang Perlu Moms Pahami

Melihat bayi Anda tidur tentunya menimbulkan perasaan tenteram dalam hati ya, Moms. Si Kecil terlihat sangat damai saat tidur. Akan tetapi, pernahkah Moms memperhatikan perbedaan pola tidur antara Si Kecil dan bayi lainnya? Ternyata, bayi memiliki pola dan karakter tidur yang berbeda-beda, lho. Untuk itu, Anda perlu memahami dan mengenali pola dan karakter tidur Si Kecil agar ia bisa memiliki tidur yang berkualitas.

Tidur punya peran penting dalam tumbuh kembang bayi. Karena itu, Dr. Ethan Benore, psikolog anak dari Akron Children's Hospital, Ohio, AS, menganjurkan orang tua untuk mengenali karakter tidur bayi sehari-hari dan jika perlu mengoreksi pola tidurnya yang menyimpang. Nah, berikut ini 5 karakter tidur bayi baru lahir, Moms.

1. Nocturnal Baby

Bayi tipe ini belum mengenal siang dan malam. Siang hari, ketika orang-orang di sekelilingnya sibuk beraktivitas, ia malah asyik tidur dan bertualang di dunia mimpi. Namun sebaliknya, saat malam hari ketika waktunya orang-orang ingin beristirahat, Si Kecil justru sedang dalam kondisi fit dan segar.

Yang perlu Anda Lakukan:

* Ajak ia melakukan berbagai aktivitas fisik di siang hari agar energinya banyak terpakai dan ia merasa lelah.

* Latih Si Kecil untuk bisa belajar menenangkan diri sendiri. Caranya, baringkan bayi di atas tempat tidur saat ia masih terjaga. Jika ia menangis, Anda bisa menggendong dan memeluknya sejenak dan kembali membaringkannya kembali. Lakukan ini berulang kali hingga pada akhirnya ia tertidur.

* Hindari merespons tangis bayi di malam hari secara berlebihan. Cobalah memberi jeda waktu sebelum Anda menghampirinya. Ia akan belajar cara menenangkan dirinya sendiri tanpa kehadiran Anda, Moms.

2. Early Riser

Bayi tipe ini biasanya tidak mengalami kesulitan untuk tidur pulas sepanjang malam. Tapi, mereka memiliki kebiasaan bangun tidur yang sangat pagi, bahkan terkadang sebelum matahari terbit.

Yang perlu Anda Lakukan:

* Gunakan lampu tidur yang redup, tirai berwarna gelap, pendingin ruangan dengan temperatur yang nyaman, dan kelambu antinyamuk jika perlu.

* Pastikan ia sudah menyusu hingga kenyang sebelum tidur.

* Pertahankan suasana kamar yang tetap redup di malam hari. Hindari merespons ajakannya untuk bermain sebelum pagi tiba.

* Pastikan bayi tidak tidur dalam keadaan terlalu lelah. Kondisi ini bisa membuatnya mudah terbangun sebelum waktunya.

3. Restless Sleeper

Bayi yang satu ini kerap terlihat gelisah dalam tidurnya, seperti orang dewasa yang sedang bermimpi buruk. Ia mudah terbangun karena penyebab yang tidak jelas.

Yang perlu Anda Lakukan:

* Bayi yang terserang kolik juga terkadang menunjukkan gejala tidur yang gelisah. Jika memang kolik, minta saran dari dokter untuk meredam keluhannya. Anda juga perlu menghindari konsumsi makanan yang bersifat alergen seperti kacang tanah, susu, dan seafood. Jika perlu, pijat Si Kecil agar ia bisa lebih rileks saat tidur.

* Susui bayi dan pastikan ia tidur dalam kondisi perut kenyang agar tidak terbangun dan atur agar ia bisa tidur dengan nyaman: kenakan pakaian tidur berbahan tipis namun mampu menutupi seluruh tubuhnya, atur suhu ruangan agar tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas, serta redupkan lampu.

4. Cat Napper

Bayi tipe ini hanya bisa tidur selama beberapa menit, rata-rata sekitar 30 menit, dalam satu kali sesi. Ibaratnya, baru saja Anda menarik napas sejenak dan ingin istirahat, Si Kecil sudah kembali terjaga. Sesi tidur yang sekejap ini kerap membuat Si Kecil mengantuk, karena tidurnya kurang lama.

Yang perlu Anda Lakukan:

* Siapkan ruang tidur bayi yang nyaman dan kondusif agar ia bisa tidur lebih nyaman dan lama.

* Jika perlu, bedong Si Kecil di dalam pelukan agar ia bisa merasakan kehangatan serta kenyamanan pelukan Anda.

5. Predictable Sleeper

Bayi dalam kategori ini terbiasa tidur dan bangun pada waktu semestinya. Mereka seolah memiliki jadwal tidur yang tetap dan tidak memiliki masalah dalam menenangkan diri sendiri ketika terbangun di malam hari.

Yang perlu Anda Lakukan:

* Usahakan untuk selalu menerapkan jadwal tidur secara konsisten, tidak hanya saat di rumah tapi juga saat sedang di perjalanan atau menginap di tempat lain.

Jadi, yang mana karakter tidur bayi Anda, Moms? (M&B/SW/Dok. Freepik)