Type Keyword(s) to Search
BABY

8 Makanan yang Bisa Membuat Bayi Tidur Nyenyak

8 Makanan yang Bisa Membuat Bayi Tidur Nyenyak

Menidurkan bayi bukanlah perkara mudah, setuju kan dengan pendapat ini, Moms? Anda pasti sering kali mendapati Si Kecil terbangun setiap malam dan sulit untuk tidur nyenyak. Bila ini terjadi hampir setiap hari, hal tersebut dikhawatirkan bisa memengaruhi kesehatan Moms yang pada akhirnya mengganggu aktivitas Anda, terutama saat mengurus dan merawat bayi.

Segala cara mungkin Moms lakukan, mulai dari menciptakan ritual sebelum tidur, membuat jadwal tidur, sampai membuat suasana ruangan nyaman untuk membantu bayi tidur. Bila cara-cara tersebut tak berhasil, mungkin ini saatnya Anda memperhatikan makanan yang ia konsumsi. Melansir FirstCry Parenting, sebuah penelitian menunjukkan bahwa apa yang dimakan bayi Anda punya peran sangat penting dalam siklus tidurnya.

Pada dasarnya, kandungan pada setiap makanan bisa memengaruhi kesehatan secara keseluruhan. Di saat ada banyak makanan yang membuat kita terjaga, ada pula makanan yang diketahui mampu membantu kita lebih mudah tidur. Nah, berikut ini beberapa makanan yang bisa membantu bayi Anda tidur lebih nyenyak.

1. Bayam

Selain kaya akan nutrisi seperti zat besi, vitamin, dan mineral, sayuran hijau seperti bayam juga kaya akan triptofan, yaitu asam amino yang digunakan tubuh untuk menyintesis protein, yang juga membantu memproduksi hormon melatonin (hormon tidur) di tubuh. Hormon ini diketahui bisa menentukan siklus tidur dan bangun bayi.

2. Ceri

Sama seperti bayam, buah ceri juga mengandung melatonin yang bisa membantu Si Kecil tidur dengan nyenyak. Selain itu ceri memiliki rasa yang cukup lezat sehingga bayi Anda tentu akan menyukainya. Agar mudah dicerna Si Kecil, Moms bisa membuatnya dalam bentuk puree.

3. Pisang

Teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis membuat banyak bayi menyukai pisang. Terlepas dari hal tersebut, pisang ternyata mengandung magnesium yang bisa menjadi pelemas otot alami. Nah, saat otot Si Kecil rileks, ia pun akan lebih mudah merasa mengantuk setelah makan malam dan akhirnya bisa tidur lebih nyenyak. Selain itu, pisang diketahui mengandung melatonin dan serotonin yang tentunya bisa membantu bayi tertidur pulas.

4. Ayam

Daging ayam memiliki kandungan triptofan yang tinggi. Seperti telah disinggung sebelumnya, asam amino ini bisa membuat buah hati Anda mengantuk setelah makan malam. Selain itu, ayam juga baik dikonsumsi Si Kecil karena bisa memenuhi kebutuhan protein bayi Anda. Selain disajikan sebagai sup, Moms bisa membuat ayam suwir yang lembut.

5. Produk olahan susu

Keju merupakan produk olahan susu yang diketahui mengandung triptofan yang bisa membantu proses tidur lebih mudah. Untuk bayi Anda, Moms bisa memilih jenis keju Swiss dan cheddar karena keduanya punya kandungan jumlah triptofan maksimum.

6. Oatmeal hangat

Tak hanya untuk orang dewasa, oatmeal juga merupakan makanan yang sehat untuk bayi. Oatmeal diketahui merupakan sumber melatonin yang sangat baik dan bisa membantu memicu produksi insulin, yang pada gilirannya dapat mendorong Si Kecil tidur nyenyak. Cobalah untuk membuatkan bubur oatmeal hangat yang dicampur dengan apel sebagai menu makan malam bayi Anda, Moms.

7. Nasi putih

Nasi putih diketahui memiliki indeks glikemik yang tinggi. Beberapa penelitian ilmiah menemukan bahwa mengonsumsi nasi putih bisa membantu orang tidur lebih nyenyak dan lebih cepat. Bayi memang lebih dianjurkan untuk mengonsumsi beras merah karena nilai gizinya yang lebih tinggi. Namun, beras putih punya indeks glikemik lebih tinggi dibandingkan beras merah. Ditambah lagi, nasi putih mudah dicerna bayi dan juga ringan di perut.

8. Kacang kenari

Mengonsumsi kacang kenari bisa membantu tubuh untuk memproduksi serotonin, zat kimia yang mampu menenangkan otak, memengaruhi suasana hati, dan membuat tubuh lebih rileks. Selain itu, konsumsi kacang kenari disinyalir bisa membantu tidur lebih nyenyak dan lebih lama. Kandungan melatonin di dalamnya juga bisa membantu bayi tidur. Pastikan menambahkan kacang kenari yang sudah dihaluskan pada menu makan malam bayi Anda untuk membuatnya tidur nyenyak nanti malam, Moms.

9. Chickpea atau kacang Arab

Secara umum, kacang Arab tinggi protein serta triptofan yang bisa membantu Anda tidur dengan baik. Selain itu, kacang Arab tinggi zat besi, kalium, serat, serta vitamin B6, C, dan K. Tentunya ini menjadi makanan yang enak dan bergizi untuk bayi Anda. Moms bisa merebus kacang Arab lalu menghaluskannya sebelum menambahkannya pada menu makan malam Si Kecil.

Yuk Moms, berikan jenis makanan di atas agar Si Kecil bisa tidur lebih nyenyak!

Baca juga: 7 Makanan dan Minuman yang Bantu Turunkan Demam Anak

(M&B/Vonda Nabilla/SW/Foto: Freepik)