Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Wajib untuk Ibu Hamil, Ini Dia Beragam Manfaat Vitamin B Kompleks

Wajib untuk Ibu Hamil, Ini Dia Beragam Manfaat Vitamin B Kompleks

Di masa kehamilan, semua yang calon ibu konsumsi tak hanya penting untuk menjaga kesehatan tubuhnya sendiri, tapi juga untuk Si Kecil yang ada di dalam kandungan. Nah, Moms, salah satu nutrisi penting yang wajib Anda penuhi dalam menu makanan Anda sehari-hari untuk mendukung kehamilan yang sehat adalah vitamin B kompleks.

Karena bila tak tercukupi, Moms bisa mengalami anemia, dermatitis, sering merasa kelelahan, risiko preeklampsia, risiko bayi dengan berat badan lahir rendah, hingga cacat lahir. Duh, tentunya Anda tak ingin hal ini terjadi, kan?

Apa sih, vitamin B kompleks?

Moms pasti sudah mengenal vitamin B. Tapi apa sih, sebenarnya vitamin B kompleks itu, ya? Nah, vitamin B kompleks ini adalah gabungan dari 8 jenis vitamin B yang ada, yaitu B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, dan B12. Vitamin yang memiliki sifat mudah larut dalam air ini tentunya bisa memberikan beragam manfaat yang berbeda, sesuai dengan jenisnya.

Oleh karena itu, kedelapan vitamin B ini harus dipenuhi setiap harinya karena memiliki peran penting untuk kesehatan calon ibu maupun janin di dalam kandungan, terutama di trimester pertama dan ketiga kehamilan.

Manfaat dan sumber vitamin B kompleks

Seperti yang sudah disebutkan di atas, 8 jenis vitamin B yang termasuk ke dalam vitamin B kompleks ini memiliki manfaat yang berbeda-beda. Yuk, kita pahami satu per satu, Moms!

1. Vitamin B1

Vitamin B1 atau disebut juga thiamine memiliki manfaat besar untuk menunjang perkembangan otak bayi. Karena itu, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B1 setidaknya 1,4 mg per hari.

Makanan yang mengandung vitamin B1: Oat, pasta dari gandum, sereal, kacang polong, ikan salmon, kaldu jamur, roti yang difortifikasi vitamin B1.

2. Vitamin B2

Vitamin yang juga disebut riboflavin ini sangat penting untuk kesehatan mata dan kulit bumil. Tak hanya itu, vitamin B2 juga bermanfaat untuk perkembangan penglihatan janin, pertumbuhan tulang, otot, saraf, hingga kulit janin. Dengan mengonsumsi vitamin B2 secara teratur, Moms juga bisa terhindar dari risiko preeklampsia dan komplikasi kehamilan lainnya.

Makanan yang mengandung vitamin B2: Wortel, gandum, brokoli, tempe, bayam, ubi jalar, kacang almond, asparagus, jamur, keju, susu, telur, yoghurt.

3. Vitamin B3

Disebut niasin, mengonsumsi vitamin ini setidaknya 18 mg per hari mampu membantu mengurangi mual serta melancarkan pencernaan bumil. Untuk janin, vitamin B3 akan membantu perkembangan otaknya, sistem saraf, dan kesehatan kulit.

Makanan yang mengandung vitamin B3: Dada ayam, tuna, kacang merah, biji bunga matahari, chia seeds.

4. Vitamin B5

Moms sering mengalami kram kaki saat hamil? Nah, vitamin B5 yang mengandung asam pantotenat ini berfungsi untuk meringankannya, lho. Tak perlu banyak, cukup 6 mg per hari sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin B5 Anda.

Makanan yang mengandung vitamin B5: Kuning telur, beras merah, kacang mede, brokoli, alpukat, tomat.

5. Vitamin B6

Mengandung pridoxine, vitamin ini sangat penting untuk perkembangan sistem saraf dan otak Si Kecil setiap minggu selama kehamilan. Konsumsi vitamin B6 sebanyak 25-50 mg setiap hari agar glukosa Si Kecil tetap terjaga, juga agar ia terhindar dari berat badan lahir rendah dan cacat lahir.

Makanan yang mengandung vitamin B6: Bawang putih, kacang polong, ubi jalar, buncis, alpukat, biji bunga matahari, beras merah, bayam, pisang, pepaya, dan daging sapi organik.

6. Vitamin B7

Jika Moms sering mengalami rambut rontok, kuku rapuh, atau ruam kulit saat hamil, itu berarti Anda kekurangan vitamin B7 alias biotin. Tak hanya itu, asupan salah satu vitamin B7 juga memberikan manfaat untuk mengoptimalkan pertumbuhan janin selama kehamilan. Jumlahnya? Tak banyak Moms, hanya sekitar 30 mcg per hari, kok.

Makanan yang mengandung vitamin B7: Susu, gandum, alpukat, bayam, brokoli, bunga kol, jamur, keju, kuning telur, daging ayam, kentang, dan kacang kedelai.

7. Vitamin B9

Familiar dong, dengan asam folat? Ya, kandungan yang terdapat dalam vitamin B9 ini adalah asupan yang sangat penting untuk bumil. Manfaatnya sangat beragam, mulai dari menunjang pertumbuhan plasenta, mengurangi risiko bayi cacat lahir lahir seperti spina bifida dan bibir sumbing, mengurangi risiko preeklampsia, cacat jantung, serta mencegah anemia. Agar mendapatkan manfaat vitamin B kompleks yang satu ini, penuhi asupan vitamin B9 harian sebanyak 600 mcg setiap hari ya, Moms.

Makanan yang mengandung vitamin B9: Bayam, kacang-kacangan, asparagus, kacang polong, kecambah, mi telur, alpukat, lentil, hati sapi.

8. Vitamin B12

Vitamin B12  atau cobalamin tak hanya penting untuk menjaga kesehatan sistem saraf bumil, tapi jika dikombinasikan dengan asam folat, vitamin B12 ini bisa mencegah spina bifida dan cacat lahir sistem saraf tulang belakang. Supaya manfaat ini bisa didapatkan secara maksimal, pastikan Moms selalu memenuhi kebutuhan vitamin B12 sebanyak 4,5 mcg setiap hari.

Makanan yang mengandung vitamin B12: Ikan salmon, unggas, udang, yoghurt, daging sapi, susu, keju, susu kedelai.

Nah, Moms, selain dari bahan-bahan alami, manfaat vitamin B kompleks bagi ibu hamil sebetulnya juga bisa Moms dapatkan melalui suplemen B kompleks yang lebih praktis. Namun, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan Anda mengenai jenis dan dosis suplemen yang tepat sesuai dengan kondisi kesehatan Anda ya, Moms. (M&B/Nanda Djohan/SW/Foto: Freepik)


Read Next

More Frombump to birth