Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Ragam Makanan Sumber Kalsium untuk Dukung Tumbuh Kembang Anak

Ragam Makanan Sumber Kalsium untuk Dukung Tumbuh Kembang Anak

Untuk mendukung tumbuh kembang Si Kecil yang optimal, Moms perlu memenuhi kebutuhan nutrisinya. Dan salah satu mineral yang penting adalah kalsium yang berperan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, meningkatkan metabolisme, serta membangun kekuatan pada otot.

Yang penting diketahui, kebutuhan kalsium harian setiap anak berbeda-beda, tergantung usianya. Anak usia 7-12 bulan membutuhkan sekitar 260 mg, balita usia 1-3 tahun sekitar 700 mg, dan anak di atas 4 tahun memerlukan 1.000 mg kalsium per hari. Agar kebutuhan kalsium anak bisa terpenuhi, Moms perlu memberikan beragam makanan yang kaya kalsium untuknya. Berikut ini sejumlah makanan sumber kalsium yang penting buat Si Kecil, Moms.

1. Produk Olahan Susu

Seperti diketahui, susu memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Maka, tidak heran jika susu menjadi sumber utama yang bisa diberikan kepada Si Kecil setiap hari. Selain susu, Moms juga dapat memberikan produk olahan susu, seperti keju dan yoghurt. Namun, Anda tetap perlu membatasi pemberian produk olahan susu pada anak karena adanya kandungan lemak yang bisa memicu obesitas jika dikonsumsi secara berlebihan ya, Moms.

2. Kacang Kedelai dan Almond

Apabila Si Kecil memiliki intoleransi laktosa, Moms bisa mengganti susu dengan susu dari kacang kedelai atau kacang almond. Kedua jenis kacang ini memiliki kandungan kalsium yang juga cukup tinggi. Selain itu, kedelai dan almond juga mengandung zat besi, serat, dan mineral lain yang dibutuhkan tubuh untuk mengoptimalkan tumbuh kembang balita Anda.


3. Sayuran Hijau dan Buah-buahan

Brokoli, bayam, buncis, kacang panjang, pokcoy, dan jenis sayuran hijau lainnya juga menjadi sumber yang baik untuk memenuhi kebutuhan kalsium Si Kecil. Selain kalsium, jenis sayuran ini juga kaya akan folat, Vitamin A, C, E, dan K, serta B kompleks. Buah-buahan seperti jeruk, pepaya, dan alpukat juga tidak boleh ketinggalan untuk diberikan kepada Si Kecil sebagai sumber kalsium. Setidaknya, terdapat sekitar 20 sampai 40 miligram kalsium dari buah-buahan tersebut.

4. Olahan Kedelai

Selain dijadikan sebagai susu, kacang kedelai yang diolah menjadi tahu dan tempe juga tetap mengandung kalsium yang dibutuhkan anak Anda. Edamame sebagai jenis kedelai lainnya pun dapat Moms jadikan camilan atau menu utama Si Kecil yang akan memenuhi kebutuhan kalsium hariannya. Hasil dari olahan kedelai ini juga berperan sebagai sumber protein yang mampu memperbaiki jaringan tubuh serta meningkatkan daya tahan tubuh anak.

5. Ikan dan Daging

Jenis ikan seperti salmon dan sarden juga bisa dikonsumsi secara rutin oleh Si Kecil sebagai sumber kalsium. Kedua ikan ini pun mengandung omega-3 yang akan menambah kecerdasan otak, serta protein hewani dan vitamin D yang membantu meningkatkan metabolisme. Moms juga dapat mengolah daging merah, daging ayam, serta telur sebagai sumber kalsum yang dibutuhkan selama fase tumbuh kembang Si Kecil.

Tidak bisa dimungkiri bahwa beberapa sumber kalsium tersebut memang bisa menimbulkan reaksi alergen pada anak. Jadi, sebelum memberikannya, Moms bisa berkonsultasi dahulu kepada dokter untuk memaksimalkan pemenuhan kalsium, baik dengan mengganti makanan atau menambahkan suplemen sesuai anjuran. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)