Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

10 Ciri-ciri Hamil Muda Tanpa Disertai Mual dan Muntah

10 Ciri-ciri Hamil Muda Tanpa Disertai Mual dan Muntah

Mual dan muntah merupakan salah satu tanda awal yang paling mudah dikenali saat Anda hamil. Meskipun begitu, beberapa wanita mungkin saja tidak mengalami mual dan muntah di awal kehamilannya. Ya, sebagian ibu hamil tidak merasakan mual, itu sebabnya mereka juga sering kali tidak menyadari kehadiran janin di dalam rahimnya.

Dilansir dari Parents, sekitar 30 persen wanita tidak mengalami mual di awal kehamilan mereka. Hamil tanpa merasa mual bisa saja dialami wanita yang tubuhnya bisa mengelola peningkatan kadar hormon hCG (Human Chorionic Gonadotrophin). Hormon ini meningkat dengan cepat pada awal kehamilan dan mual muntah cenderung terjadi bersamaan dengan meningkatnya kadar hCG.

Mual dan muntah juga disebabkan oleh perubahan fisiologis pada ibu hamil. Perubahan hormon progesteron yang berfungsi menenangkan otot polos rahim juga berpengaruh pada saluran cerna. Akibatnya, pengosongan lambung terhambat sehingga lambung terisi gas yang menyebabkan mual dan muntah.

Hamil tanpa mual bisa menjadi pertanda Anda memiliki kadar hormon kehamilan yang rendah sehingga membuat Anda tidak mengalami morning sickness. Untuk memastikannya, Moms bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai hal ini.

Baca juga: Hamil Tanpa Merasa Mual dan Muntah, Normalkah Itu?

Meskipun demikian, Moms tidak perlu khawatir berlebihan karena gejala tersebut merupakan hal yang normal dialami saat kehamilan. Mengenali tanda-tanda hamil muda tak hanya bisa dilakukan dengan mengandalkan patokan terlambat menstruasi dan mengalami mual dan muntah. Ada sejumlah tanda lainnya yang bisa menjadi ciri Anda tengah hamil, yakni:

1. Perubahan pada Payudara

Dilansir dari What to Expect, ciri-ciri kehamilan bisa dikenali lewat perubahan pada payudara. Payudara akan membesar dan terasa lebih berat dari sebelumnya. Anda juga akan merasa sedikit nyeri karena jaringan-jaringan di payudara memang lebih sensitif terhadap perubahan hormon. Pada beberapa kasus, daerah areola akan menjadi lebih gelap.

2. Mudah Merasa Lelah

Jika Anda tiba-tiba mudah merasa lelah atau mengantuk padahal baru saja tidur, Anda mungkin sedang hamil. Kelelahan merupakan salah satu tanda awal kehamilan. Dalam 2 minggu pertama pembuahan, janin akan menggunakan hampir seluruh kalori yang ada dalam tubuh, sehingga membuat energi Anda jadi cepat habis.

3. Penciuman Lebih Sensitif

Kadar hormon pada ibu hamil muda akan meningkat cukup drastis. Meningkatnya kadar hormon ini membuat indra penciuman Anda jadi lebih sensitif. Anda mungkin bisa merasa mual jika mencium aroma nasi yang sedang dimasak di rice cooker atau bahkan bau suami Anda.

4. Suhu Basal Meningkat

Suhu basal atau suhu tubuh di pagi hari sebelum beraktivitas biasanya meningkat dibandingkan saat tidak hamil. Peningkatan ini dipengaruhi naiknya hormon progesteron. Umumnya, peningkatan suhu basal pada wanita terjadi sebelum menstruasi, tetapi saat haid, suhu basal biasanya turun. Namun, pada wanita hamil, suhu basal tetap tinggi sejak ovulasi sampai selama mengandung.

5. Sering Buang Air Kecil

Di masa awal kehamilan, rahim Anda akan membesar dan hal ini akan mendorong kandung kemih. Kondisi tersebut membuat Anda jadi lebih sering buang air kecil. Meskipun Anda akan kerepotan karena harus bolak-balik kamar mandi, jaga selalu agar tubuh Anda terhidrasi dengan baik dengan cukup mengonsumsi air putih ya, Moms.

6. Nafsu Makan Berubah

Saat hamil muda, energi Anda akan terkuras karena banyak diserap oleh janin, sehingga membuat Anda jadi lebih cepat merasa lapar meski pada saat ini belum muncul keinginan atau ngidam makanan tertentu. Sebaliknya, pada beberapa kasus, ibu hamil malah bisa saja mengalami kehilangan nafsu makan. Hal ini terjadi karena peningkatan kadar hormon bhCG.

7. Sakit Punggung

Jika Anda tidak pernah mengalami pegal di punggung dan tiba-tiba merasakannya, bisa jadi Anda tengah hamil. Saat hamil, ligamen akan melebar untuk mempersiapkan tempat bagi janin untuk tumbuh dan berkembang. Ini yang membuat punggung Anda akan terasa pegal. Sayangnya, rasa sakit ini dapat berlangsung selama masa kehamilan.

8. Sakit Kepala

Peningkatan hormon yang Anda alami juga akan menimbulkan sakit kepala ringan saat hamil muda. Namun, gangguan ini akan menghilang setelah beberapa minggu, seiring tubuh yang memberikan reaksi guna menyeimbangkan peningkatan hormon tersebut.

9. Kram

Layaknya sebelum mendapat haid, Anda juga akan merasakan kram pada awal kehamilan, karena rahim meregang untuk mempersiapkan kehadiran janin.

10. Mood Swing

Anda tiba-tiba merasa jengkel kepada suami, padahal ia hanya duduk menonton televisi atau Anda menangis tanpa alasan yang jelas. Saat hamil, hormon hCG meningkat dan membuat Anda mudah lelah. Hal ini memicu perubahan mood secara drastis.

Yang perlu diperhatikan, jika Anda mengalami ciri-ciri tersebut, hal itu bukan lantas jaminan Anda sudah pasti hamil, Moms. Untuk memastikannya, Anda perlu menjalani tes kehamilan terlebih dulu dan berkonsultasi dengan dokter. (M&B/SW/Dok. Freepik)