Type Keyword(s) to Search
TODDLER

12 Makanan yang Bisa Berisiko Membuat Anak Tersedak

12 Makanan yang Bisa Berisiko Membuat Anak Tersedak

Sebagai orang tua, Moms secara alami selalu mengkhawatirkan keselamatan anak Anda. Misalnya saja saat sedang di taman, Moms mungkin saja tak akan mengalihkan pandangan Anda dan terus mengawasinya, memastikan ia tidak terjatuh saat sedang bermain. Atau Anda mungkin khawatir saat Si Kecil bermain di rumah dengan benda-benda kecil yang mungkin saja akan ia masukkan dalam mulutnya sehingga risiko tersedak pun tak dapat dielakkan.

Berbicara tentang risiko tersedak pada anak, mungkin Moms tidak menyadari bahwa bukan hanya benda atau mainan kecil saja yang bisa menyebabkan Si Kecil tersedak. Makanan tertentu juga bisa menjadi penyebabnya. Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), 1 anak meninggal setiap 5 hari karena tersedak makanan, sehingga menjadikannya penyebab utama kematian pada anak-anak usia 14 tahun ke bawah.

Nah, apa saja sebenarnya makanan yang bisa membuat anak tersedak?

1. Apel

Apel, terutama kulitnya, bisa menimbulkan risiko tersedak bagi anak-anak karena bisa dengan mudah tersangkut di bagian belakang tenggorokan. Selain apel, sebaiknya Moms juga hindari memberi buah apa pun yang memiliki biji seperti semangka, jeruk, dan ceri, kecuali jika Si Kecil memang sudah terampil makan buah-buahan tersebut, atau Anda bisa memisahkan biji-bijinya sebelum memberikan buahnya pada anak.

2. Anggur utuh

Tekstur anggur mungkin tampak aman buat balita, tetapi nyatanya buah ini sangat berbahaya dan bisa menimbulkan risiko tersedak jika anak-anak menelannya secara utuh. Memang secara sekilas, buah ini tidak terlalu besar dan mudah dimasukkan ke mulut langsung secara utuh. Namun, jika tidak sengaja tertelan, ukuran dan bentuk buah anggur utuh bisa benar-benar menyumbat saluran udara anak-anak serta bisa sulit untuk dikeluarkan dengan manuver pertolongan pertama sekalipun.

3. Sayuran mentah

Sayuran yang berbentuk bulat dan bertekstur keras bisa sangat berbahaya bagi anak, termasuk potongan wortel mentah, seledri, dan brokoli yang bisa dengan mudah tersangkut di belakang tenggorokan Si Kecil sehingga bikin anak tersedak.

4. Roti putih

Roti putih sering membentuk tekstur padat berukuran besar di bagian belakang tenggorokan anak dan bisa dengan cepat tersangkut sehingga menyebabkan kesulitan bernapas pada anak dan berpotensi membuat Si Kecil tersedak.

5. Popcorn

Berondong jagung atau popcorn termasuk ke dalam jenis makanan bertekstur keras dan renyah yang bisa dengan mudah tersangkut di tenggorokan anak. Bahkan balita yang sudah bisa makan dengan baik sebaiknya tidak diberikan makanan ini, karena bisa dengan mudah tersangkut di saluran udara. Tekstur popcorn diketahui juga bisa menimbulkan bahaya karena produk makanan lain dapat menempel ke popcorn tersebut dan membuat sumbatan jalan napas yang lebih besar yang bisa berakibat fatal.

6. Crackers

Sama halnya dengan popcorn, crackers atau kue beras juga merupakan makanan bertekstur kasar dan bisa sangat berbahaya buat Si Kecil. Keduanya pun termasuk ke dalam makanan kering yang tidak mudah dipecahkan oleh mulut balita.

7. Permen keras

Segala jenis makanan manis yang keras berbahaya dan ada kemungkinan besar akan terperangkap di jalan napas anak Anda. Anak-anak berjuang untuk memecah makanan apa pun yang tidak larut dengan cepat, sehingga memberi segala makanan yang bertekstur keras pada anak sebaiknya dihindari ya, Moms.

8. Permen karet

Permen karet memiliki tekstur yang lengket. Frekuensi gerakan mengunyah saat mengonsumsi permen karet ini bisa menimbulkan risiko tersangkut di bagian belakang tenggorokan anak-anak. Bila anak tergoda untuk menelannya, hal ini juga bisa menyebabkan permen karet menghalangi tenggorokannya.

9. Marshmallow

Meskipun teksturnya lembut, marshmallow sering kali bisa menggumpal dan berkembang di dalam tenggorokan sehingga bisa menyebabkan risiko tersedak yang tinggi pada anak.

10. Potongan keju

Meskipun Moms mungkin telah memotong keju dalam ukuran kecil-kecil, potongan keju tersebut masih berpotensi menimbulkan bahaya tersedak yang besar pada anak. Karena teksturnya yang keras, keju bisa dengan mudah terjepit di bagian belakang tenggorokan anak yang menyebabkan saluran napasnya jadi tersumbat.

11. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Jika anak Anda masih belum memiliki gigi geraham, sebaiknya Moms menghindari untuk memberi Si Kecil jenis makanan ini karena kemampuan balita untuk mengunyah makanan belum optimal.

12. Hot dog

Hot dog merupakan salah satu makanan yang paling sering membuat anak tersedak karena ukurannya yang besar. Untuk meminimalkan risiko, potong hot dog menjadi bentuk yang sangat kecil saat akan dikonsumsi anak Anda. (M&B/Vonda Nabilla/SW/Foto: Freepik)


Read Next

More Fromtoddler