Type Keyword(s) to Search
TODDLER

12 Makanan yang Bisa Berisiko Membuat Anak Tersedak

12 Makanan yang Bisa Berisiko Membuat Anak Tersedak

Sebagai orang tua, Moms secara alami selalu mengkhawatirkan keselamatan anak Anda. Misalnya saja saat sedang di taman, Moms mungkin tak akan mengalihkan pandangan Anda dan terus mengawasinya, memastikan ia tidak terjatuh saat sedang bermain. Atau Anda mungkin khawatir saat Si Kecil bermain di rumah dengan benda-benda kecil yang mungkin saja akan ia masukkan dalam mulutnya sehingga risiko tersedak pun tak dapat dielakkan.

Berbicara tentang risiko tersedak pada anak, mungkin Moms tidak menyadari bahwa bukan hanya benda atau mainan kecil saja yang bisa menyebabkan Si Kecil tersedak, namun makanan tertentu juga bisa menjadi penyebabnya. Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), 1 anak meninggal setiap 5 hari karena tersedak makanan, sehingga menjadikannya penyebab utama kematian pada anak-anak usia 14 tahun ke bawah.

Nah, apa saja sebenarnya makanan yang bisa membuat anak tersedak?

1. Apel

Apel, terutama kulitnya, bisa menimbulkan risiko tersedak bagi anak-anak karena bisa dengan mudah tersangkut di bagian belakang tenggorokan. Selain apel, sebaiknya Moms juga hindari memberi buah apa pun yang memiliki biji seperti semangka, jeruk, dan ceri, kecuali jika Si Kecil memang sudah terampil memakan buah-buahan tersebut, atau Anda bisa memisahkan biji-biji tersebut sebelum memberikan buahnya pada anak.

2. Anggur utuh

Tekstur anggur mungkin tampak aman buat balita, tetapi nyatanya buah ini sangat berbahaya dan bisa menimbulkan risiko tersedak jika anak-anak menelannya secara utuh. Memang secara sekilas, buah ini tidak terlalu besar dan mudah dimasukkan ke mulut langsung secara utuh. Namun, jika tidak sengaja tertelan, ukuran dan bentuk buah anggur utuh bisa benar-benar menyumbat saluran udara anak-anak serta bisa sulit untuk dikeluarkan dengan manuver pertolongan pertama sekalipun.

3. Sayuran mentah

Sayuran yang berbentuk bulat dan bertekstur keras bisa sangat berbahaya bagi anak kecil, termasuk potongan wortel mentah, seledri, dan brokoli yang dapat dengan mudah tersangkut di belakang tenggorokan Si Kecil sehingga bikin anak tersedak.

4. Roti putih

Roti putih sering membentuk tekstur padat berukuran besar di bagian belakang tenggorokan anak Anda dan dapat dengan cepat tersangkut sehingga menyebabkan kesulitan bernapas pada anak dan berpotensi membuat Si Kecil tersedak.

5. Popcorn

Berondong jagung atau popcorn termasuk ke dalam jenis makanan bertekstur keras dan renyah yang dapat dengan mudah tersangkut di tenggorokan anak Anda. Bahkan balita yang sudah bisa makan dengan baik sebaiknya tidak diberikan makanan ini, karena dapat dengan mudah tersangkut di saluran udara. Tekstur popcorn diketahui juga menimbulkan bahaya karena produk makanan lain dapat menempel ke popcorn tersebut dan membuat sumbatan jalan napas yang lebih besar yang bisa berakibat fatal.

6. Crackers

Sama halnya dengan popcorn, crackers atau kue beras juga merupakan makanan yang bertekstur kasar dan bisa sangat berbahaya bagi Si Kecil. Keduanya juga termasuk ke dalam makanan kering yang tidak mudah dipecahkan oleh mulut balita.

7. Permen keras

Segala jenis makanan manis yang keras berbahaya dan ada kemungkinan besar itu akan terperangkap di jalan napas anak Anda. Anak-anak berjuang untuk memecah makanan apa pun yang tidak larut dengan cepat, sehingga memberi segala makanan yang bertekstur keras pada anak sebaiknya Anda hindari ya, Moms.

8. Permen karet

Permen karet memiliki tekstur yang lengket. Frekuensi gerakan mengunyah saat mengonsumsi permen karet ini bisa menimbulkan risiko tersangkut di bagian belakang tenggorokan anak-anak. Bila anak tergoda untuk menelannya, hal ini juga bisa menyebabkan permen karet menghalangi tenggorokan mereka.

9. Marshmallow

Meskipun teksturnya lembut, marshmallow sering kali dapat menggumpal dan berkembang di dalam tenggorokan sehingga bisa menyebabkan risiko tersedak yang tinggi pada anak-anak.

10. Potongan keju

Meskipun Moms mungkin telah memotong keju dalam ukuran kecil-kecil, potongan keju tersebut masih berpotensi menimbulkan bahaya tersedak yang besar pada anak. Karena teksturnya yang keras, keju dapat dengan mudah terjepit di bagian belakang tenggorokan anak yang menyebabkan saluran napas mereka jadi tersumbat.

11. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Jika anak Anda masih belum memiliki gigi geraham, sebaiknya Moms menghindari untuk memberi Si Kecil jenis makanan ini karena kemampuan balita untuk mengunyah makanan belum optimal.

12. Hot dog

Hot dog merupakan salah satu makanan yang paling sering membuat anak tersedak karena ukurannya yang besar. Untuk meminimalkan risiko, potong hot dog menjadi bentuk yang sangat kecil saat akan dikonsumsi anak Anda. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)