Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

8 Cara Alami untuk Membuat Wajah Anda Jadi Glowing

8 Cara Alami untuk Membuat Wajah Anda Jadi Glowing
Intip, 8 Cara Membuat Wajah Glowing Ini, Yuk!

Salah satu tanda kulit yang sehat adalah kulit tampak lebih alami bercahaya. Tetapi sayangnya, beberapa penyebab seperti kurang tidur, stres, gaya hidup, paparan sinar matahari, usia, dan bahkan makanan yang Anda konsumsi dapat merampas pancaran cahaya kulit wajah Anda.

Kabar baiknya, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat kulit wajah tampak lebih glowing. Yuk, ikuti caranya berikut ini, Moms!

1. Membersihkan wajah secara teratur dan menyeluruh

Salah satu kunci mendapatkan kulit glowing adalah membersihkan wajah dari kotoran secara menyeluruh seperti sebum, debu, dan partikel polusi yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan kulit jadi kusam.

Para ahli dermatologi menyarankan untuk membersihkan wajah 2 kali sehari, sekali pada pagi hari dan sekali lagi pada malam hari, meskipun wajah tidak terlihat kotor atau Anda tidak memakai riasan wajah.

Gunakan pembersih wajah (face wash) yang gentle dan sesuai dengan jenis kulit Anda. Lakukan dengan gerakan melingkar mulai dari bagian luar wajah hingga ke dalam untuk hasil yang menyeluruh.

2. Melakukan eksfoliasi secara rutin

Cara berikutnya yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan kulit glowing adalah dengan melakukan eksfoliasi, atau pengelupasan kulit. Mengangkat sel-sel kulit mati pada permukaan kulit dapat membuatnya lebih halus, bersih, dan glowing. Anda bisa menggunakan chemical exfoliator atau physical exfoliator -sesuaikan dengan jenis kulit Anda- 1 hingga 2 kali dalam seminggu.

Kedua jenis eksfoliator ini sama-sama memiliki manfaat baik untuk kulit wajah. Pada chemical exfoliator, proses pengelupasan kulit menggunakan bahan-bahan kimia, seperti AHA (alpha hydroxy acid), BHA (beta hydroxy acid) dan PHA (poly hydroxy acid). Sementara itu, pada physical exfoliator, proses pengelupasan kulit dengan cara scrubbing atau menggosok permukaan kulit wajah menggunakan produk scrub atau alat tertentu.

Jika Anda memiliki kulit normal atau kombinasi, Anda dapat memilih salah satu dari kedua jenis eksfoliasi ini. Sedangkan pemilik jenis kulit lainnya direkomendasikan menggunakan chemical exfoliator. Setelah melakukan eksfoliasi, segera aplikasikan pelembap untuk menjaga kelembapan kulit Anda.

3. Melindungi kulit wajah dengan sunscreen

Untuk kulit glowing dan sehat, pastikan Anda melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari. Sinar matahari dapat menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan dini, kulit kering dan kusam, serta sunburn. Bahkan, studi telah menunjukan bahwa terpapar sinar UV dalam waktu lama tanpa perlindungan bisa meningkatkan risiko kanker kulit.

4. Menjaga kelembapan kulit

Dikutip dari laman Good Housekeeping, Jeanine Downie, M.D., seorang dokter kulit di New Jersey, menjelaskan bahwa kurangnya hidrasi dapat membuat kulit tampak lebih kusam. Oleh karena itu, gunakan pelembap pada pagi dan malam hari untuk memberikan hidrasi pada kulit.

Anda juga bisa menggunakan aloe vera gel untuk menjaga kulit tetap lembap dan sehat. Ini karena lidah buaya memiliki healing properties dan dapat merangsang pertumbuhan sel baru serta dapat menenangkan dan melembapkan kulit tanpa menyumbat pori-pori wajah. Menggunakan aloe vera gel sebagai pelembap setelah membersihkan wajah dapat memberikan efek natural glowing pada kulit Anda.

5. Minum lebih banyak air

Dikutip dari laman Healthline, sebuah studi yang diterbitkan dalam Clinical Cosmetic and Investigational Dermatology pada 2015 menyimpulkan bahwa ada hubungan kuat antara minum lebih banyak air, minimal 8 gelas per hari, dengan memiliki kulit yang lebih sehat dan glowing.

6. Mengonsumsi makanan yang bernutrisi untuk kulit

Mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi, seperti buah dan sayuran, dapat membuat kulit tampak lebih bercahaya. Dikutip dari Mayo Clinic, mengonsumsi makanan sehat dan menjauhi makanan olahan dengan banyak pengawet memiliki hubungan langsung dengan kulit yang tampak lebih sehat.

Menurut studi pada 2014, mengonsumsi makanan tinggi probiotik dapat berkontribusi pada rambut yang sehat dan kulit yang tampak sehat bercahaya. Selain itu, penelitian lain juga menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan tinggi vitamin dan antioksidan dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan radikal bebas, yang bisa membuat kulit kehilangan cahayanya.

7. Melakukan facial massages

Melakukan pijat wajah atau facial massages dapat memberikan efek relaksasi dan meremajakan, sehingga membuat tampilan kulit Anda lebih sehat dan glowing. Sebuah penelitian pada 2002 melaporkan bahwa wanita yang melakukan pijat wajah merasakan kulit wajah yang lebih segar, kenyal, dan mengalami pengencangan kulit.

Terdapat berbagai bukti yang melaporkan bahwa pijat wajah dapat membantu mengencangkan kulit, merilekskan otot wajah, dan meningkatkan sirkulasi, yang pada gilirannya dapat membuat kulit lebih glowing dan sehat.

8. Menerapkan gaya hidup sehat

Merokok atau terekspos asap rokok akan melapisi wajah Anda dengan segala macam racun kimia. Ini dapat meningkatkan stres oksidatif pada sel kulit Anda yang mengarah ke kulit yang menua sebelum waktunya dan membuat kulit kehilangan cahayanya. Maka dari itu, jika Anda ingin membuat kulit lebih glowing, sebaiknya hindari asap rokok dan hentikan kebiasaan merokok.

Di sisi lain, olahraga yang rutin dan istirahat yang cukup juga menjadi faktor penting yang dapat membuat wajah tampak lebih bercahaya. Olahraga dapat membuat aliran darah menjadi lancar sehingga bisa meningkatkan sirkulasi oksigen dan nutrisi pada kulit. Inilah yang kemudian membuat kulit Anda tampak lebih bercahaya.

Selain rutin berolahraga, istirahat yang cukup juga berpengaruh terhadap kesehatan kulit karena saat tidur tubuh akan memperbaiki sel-sel yang rusak di dalam tubuh, sehingga natural glowing pada kulit Anda akan tetap terjaga.(Fariza Rahmadinna/SW/Dok. Senivpetro/Freepik)