Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

6 Cara Mudah Mengembalikan Bentuk Payudara Setelah Menyusui

6 Cara Mudah Mengembalikan Bentuk Payudara Setelah Menyusui

Moms, apakah Anda mulai merasa tak percaya diri dengan bentuk payudara yang mengendur setelah selesai masa menyusui Si Kecil? Tak perlu khawatir, karena ada cara untuk mengembalikan bentuk payudara Anda setelah menyusui.

Sebelumnya, mungkin payudara yang kendur sering dikaitkan dengan aktivitas menyusui yang dilakukan para ibu. Namun sebenarnya, masa akhir kehamilanlah yang menyebabkan payudara mulai mengendur, di mana berat badan yang bertambah bisa memengaruhi bentuk payudara, begitu pun dengan penurunan berat badan yang terjadi pada ibu hamil dan membuat bentuk payudara mengempis.

Lalu apa yang harus Moms lakukan untuk mengembalikan bentuk payudara Anda seperti semula usai masa menyusui? Ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan, Moms.

1. Mandi kontras

Melakukan mandi kontras dengan mengubah suhu air dari panas ke dingin secara bergantian dan terus-menerus selama Anda mandi disinyalir bisa meningkatkan kekuatan dan mengencangkan payudara secara bertahap. Teknik mandi ini diketahui bisa merangsang sirkulasi darah di sekitar tubuh terutama di area payudara Anda. Namun jangan lakukan teknik mandi ini setiap hari dan ingat bahwa teknik mandi ini hanya akan memiliki efek sementara dan tidak akan mengembalikan bentuk payudara Anda secara permanen.

2. Gunakan bra yang tepat sesuai postur tubuh Anda

Untuk mengembalikan bentuk payudara yang kendur, Moms bisa menggunakan bra yang tepat dan bisa menahan postur tubuh Anda dengan benar. Anda mungkin harus mengganti bra lama Anda dengan bra yang lebih baru atau bahkan memilih bra olahraga untuk mendapatkan dukungan dan bentuk yang lebih baik.

Pastikan pula untuk memperbaiki teknik menyusui Si Kecil, karena saat Anda menggendong anak Anda terus-menerus dan menyusui, postur tubuh Anda bisa mengalami perubahan dan sedikit membungkuk ke depan.

3. Pijat payudara

Menyusui dapat memberikan banyak rangsangan pada payudara Anda. Sementara saat menyapih, payudara Anda hampir tidak memiliki rangsangan sama sekali. Nah, memijat payudara diketahui bisa membantu payudara Anda untuk mendapatkan rangsangan yang telah hilang.

Berbagai teknik pijat bisa memastikan payudara Anda menerima rangsangan dari segala arah, sehingga dapat merevitalisasi sirkulasi darah serta mendukung perbaikan dan pertumbuhan jaringan payudara.

Saat memijat payudara, sebaiknya gunakan minyak zaitun atau minyak almond untuk mengurangi efek kendur, sehingga pijatan juga bisa memberikan kekuatan pada otot payudara Anda.

4. Manfaatkan krim payudara alami

Krim payudara alami yang terbuat dari fenugreek atau palmetto dikenal memiliki beberapa sifat menarik yang bisa memengaruhi kulit dan jaringan otot dengan berbagai cara. Menggunakan krim ini secara teratur disinyalir dapat mengencangkan kulit secara efektif dan menghasilkan tekstur payudara yang halus dan kencang. Selain itu, krim fenugreek juga dikenal memiliki keajaiban dalam menjaga bentuk dan ukuran payudara tetap utuh.

5. Perhatikan apa yang Anda makan

Pastikan Anda mengonsumsi makanan yang bisa meningkatkan tonus otot, membuat kulit Anda kenyal, dan melawan elastisitas kulit dengan mengencangkannya. Konsumsi makanan yang kaya vitamin B dan vitamin E, karena bisa meningkatkan warna kulit. Selain itu, Anda harus mengurangi konsumsi makanan dari sumber protein hewani yang kaya akan lemak, karena ini bisa menambah berat pada payudara Anda dan mengurangi kekenyalannya.

6. Lakukan gerakan olahraga tertentu

Melakukan latihan yang tepat adalah cara termudah dan paling nyaman untuk kembali mendapatkan bentuk payudara yang kencang dan bugar secara alami. Secara teknis, payudara hanyalah lapisan lemak sehingga Anda tidak dapat membentuknya secara langsung. Namun, berbagai otot di bawahnya bekerja untuk menahannya dengan benar dan menjaga postur Anda tetap tegak. Maka otot-otot tersebut perlu dilatih, sehingga dapat meningkatkan daya tarik visual payudara Anda.

Lakukan gerakan olahraga yang berfokus pada otot inti dan daerah dada Anda, seperti push-up, pullover dumbbell, dan chest press. Mulailah menggunakan beban yang ringan dan bangun kekuatan Anda secara bertahap. (M&B/Vonda Nabilla/SW/Foto: Freepik)


Read Next

More Frombump to birth