Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Mimpi Aneh saat Hamil? Ketahui Penyebab dan Jenisnya, Moms!

Mimpi Aneh saat Hamil? Ketahui Penyebab dan Jenisnya, Moms!

Banyak perubahan yang terjadi saat hamil. Ada yang sekadar mengalami perubahan pola makan, ada juga yang mengalami perubahan unik seperti jenis dan intensitas mimpi. Ya, tak hanya fisik Anda yang bisa berubah, kehamilan juga kerap membuat seorang wanita lebih sering mengalami mimpi aneh lho, Moms.

Berita baiknya, tak perlu mengaitkan hal ini dengan faktor mistis, karena ternyata ada penjelasan medis di balik intensitas ibu hamil bermimpi aneh. Mau tahu apa penyebab bumil sering mimpi aneh? Mimpi aneh seperti apa yang sering muncul?

Penyebab mimpi aneh saat hamil

Perubahan hormon saat hamil ternyata tak hanya memicu morning sickness, tetapi juga mimpi-mimpi aneh. “Wanita hamil butuh lebih banyak waktu tidur, dan semakin sering Anda tidur, semakin sering pula Anda bermimpi,” ujar Patricia Garfield, PhD, penulis buku Creative Dreaming dan Co-Founder Association for the Study of Dreams, pada Web MD.

Menurut Patricia, terjadi peningkatan mimpi saat hamil dan bumil bisa mengingat mimpi-mimpi tersebut lebih baik dibandingkan sebelumnya. “Sekitar 20-25 persen tidur Anda diisi oleh mimpi, dan wanita hamil bisa mengingat mimpi-mimpi itu,” jelas Patricia.

Moms pasti penasaran kenapa bumil bisa lebih mudah mengingat mimpi dibandingkan sebelumnya? Ternyata penjelasannya sederhana saja: karena bumil lebih sering terbangun di tengah malam (misalnya untuk berkemih). Jadi, lebih mudah untuk mengingat mimpi saat baru saja terjadi dibandingkan jika Anda tidur semalaman, kan?

Dengan meningkatnya mimpi yang diingat saat sudah terbangun, maka bumil bisa mengingat detail mimpi dengan lebih baik juga, seperti warna, kejelasan cerita dalam mimpi, dan detail lainnya.

Jenis-jenis mimpi aneh

Mimpi-mimpi yang dialami bumil umumnya terkait dengan kondisi kehamilan, usia kehamilan, dan apa yang terjadi dengan tubuh di saat itu. Menurut WebMD, ini beberapa mimpi aneh yang sering terjadi pada tiap trimester:

Trimester satu

Perubahan tubuh bumil ternyata juga menjadi konten mimpi, lho! Mimpi Anda umumnya diwarnai oleh perubahan kondisi, harapan, dan kekhawatiran atas apa yang akan terjadi pada anak. Mimpi yang sering terjadi di trimester umumnya tentang air dan kesuburan.

“Umumnya, di trimester satu, banyak mimpi tentang hal mewakili kesuburan, seperti kebun, buah, bunga,” ujar Patricia. Maka jangan kaget kalau trimester satu sering diwarnai dengan mimpi sedang berenang, karena rahim Anda kini dipenuhi cairan ketuban yang menopang kehidupan janin. Makin Anda khawatir dengan kehamilan, maka mungkin makin kurang menyenangkan hal yang terjadi di dalam mimpi Anda.

Trimester dua

Inilah trimester paling menyenangkan dalam kehamilan, bahkan mimpi bercinta pun menjadi hal lumrah yang sering mewarnai tidur bumil. Perubahan hormon kehamilan memang membuat Anda lebih berhasrat untuk bercinta, yang mungkin saja ikut terbawa ke alam mimpi.

Mimpi aneh lainnya mungkin adalah mimpi diserang hewan buas atau cedera parah karena terjatuh. Ini bisa saja terjadi karena kekhawatiran Anda dengan tumbuh kembang janin. Anda ingin memastikan segalanya aman dan tidak mengganggu janin, sehingga tanpa sadar kekhawatiran itu tertuang ke mimpi Anda.

Trimester tiga

Inilah fase di mana mimpi paling sering terjadi. Kehamilan yang semakin besar juga membuat Anda lebih sering bangun tidur untuk berkemih. Ini tentu meningkatkan kesempatan untuk mengingat mimpi yang baru saja Anda alami.

Contoh mimpi aneh di trimester tiga adalah sulit untuk kabur dari tempat sempit, seperti lemari, peti, atau tempat sempit lainnya. Ini mungkin berkaitan dengan kekhawatiran Anda akan ruang gerak bayi yang semakin sempit di dalam perut.

Di trimester tiga ini Anda mungkin juga akan sering mengalami mimpi yang berkaitan dengan rusaknya hubungan Anda dan pasangan. Ini tentu normal terjadi karena ada rasa khawatir Anda akan lebih sibuk mengurus bayi ketimbang suami, takut suami menganggap tubuh Anda sudah tidak menarik lagi, takut tak punya waktu untuk merias diri, dan ketakutan lainnya yang normal dirasakan ibu baru. (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Lookstudio/Freepik)