Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

7 Tanaman yang Ampuh untuk Mengusir Ular agar Tak Masuk Rumah

7 Tanaman yang Ampuh untuk Mengusir Ular agar Tak Masuk Rumah

Di musim hujan seperti saat ini, Moms harus ekstra waspada karena rawan bermunculan ular di sekitar rumah. Ular mudah dijumpai di musim ini karena sarang hewan ini mungkin tergenang air sehingga mereka keluar untuk mencari tempat bersembunyi yang lain.

Menurut keterangan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta dan Komunitas Penyayang Ular, musim hujan adalah waktu di mana telur-telur ular menetas karena kelembapan yang lebih tinggi. Maka jangan kaget kalau beberapa bulan ini terjadi fenomena penyebaran ular di perkotaan ya, Moms.

Ular, khususnya ular kobra, biasanya bertelur di tumpukan batu, semak, atau kayu. Karena itu sangat penting untuk memantau area tumpukan di sekitar rumah agar tidak menjadi sarang ular bertelur.

Menurut Pemprov DKI Jakarta, ada beberapa cara untuk mencegah ular datang ke rumah, seperti membersihkan rumah dari tumpukan barang, menutup lubang tikus, memotong dahan pohon agar tidak menyentuh plafon rumah, dan menggunakan keset ijuk di pintu rumah.

Selain cara-cara di atas, ada juga cara ampuh untuk mencegah ular agar tak masuk rumah, yaitu dengan memelihara beberapa tanaman hias berikut ini. Apa saja tanaman pengusir ular? Melansir Home and Garden Digest, ketahui daftarnya, yuk!

1. Marigold

Bunga cantik ini memiliki warna kuning cerah dan putih yang sangat indah dipandang. Akarnya sangat kuat dan cukup agresif serta bau akarnya cukup kuat hingga bisa mengganggu sarang ular di sekitarnya. Ya, bau kuat dari akar Marigold ternyata ampuh untuk mencegah ular, karena ular memiliki organ spesifik yang disebut Jacobson’s organ, yang membuat ular sangat sensitif dengan aroma kuat.

2. Lidah mertua

Tanaman hias ini juga ampuh mencegah ular masuk ke dalam rumah lho, Moms. Lidah mertua ampuh karena daunnya yang tajam dan bisa melukai ular. Ya, ular ternyata takut dengan tanaman yang tajam dan kasar seperti ini. Lidah mertua memang layak banget menghiasi rumah Anda, karena selain bisa mencegah ular, tanaman ini juga menghasilkan lebih banyak oksigen dibandingkan tanaman lain, Moms.

3. Sereh

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ular adalah hewan yang sangat sensitif dengan bau menyengat dan tidak suka dengan permukaan kasar atau tajam. Itulah yang membuat tanaman sereh ampuh banget untuk mengusir ular. Aroma sereh sangat kuat dan memiliki sentuhan aroma citrus, suatu aroma yang paling dibenci ular.

Menurut Home and Garden Digest, jenis sereh West Indian (Cymbopogon citratus) adalah jenis sereh yang aromanya paling kuat dan paling ditakuti ular. Bonusnya: tanaman sereh juga ampuh untuk mengusir nyamuk dan kutu.

4. Bawang putih

Setiap rumah pasti punya bawang putih. Namun, kalau bicara soal mengusir ular, cobalah untuk menanamnya sendiri di halaman rumah Anda, Moms. Aroma bawang putih yang sangat kuat ini tentunya bikin ular ogah masuk ke pekarangan Anda dan membuat ular bingung arah. Ya, saking kuatnya bau bawang putih, ular sampai bisa disorientasi arah karena sesaat mengira ada mangsa dan tiba-tiba sadar ada ancaman.

5. Sambiloto

Bahasa Latin tanaman ini adalah Andrographis paniculata, suatu tanaman obat yang ternyata juga ampuh untuk mengusir ular karena akarnya yang sangat pahit. Tak hanya bau pahit yang menyengat, Home and Garden Digest juga menyebutkan kalau daun sambiloto diusapkan ke ular, maka tubuh ular akan sangat bengkak.

6. Snakeroot

Ini adalah tanaman yang mudah ditemui di Asia dan racunnya cukup berbahaya. Tanaman ini juga sering disebut serpentina atau devil pepper. Akarnya sangat pahit dan daunnya sangat tidak disukai ular. Tanaman ini ampuh mengusir ular karena snakeroot punya komponen bernama reserpine yang membuat ular jadi pusing dan detak jantungnya melemah.

7. Pink agapanthus

Sama seperti bunga marigold, bunga ini juga cantik untuk menghiasi halaman Anda, tapi tetap ampuh mengusir ular agar tak masuk ke dalam rumah. Baunya cukup menyengat dan tidak disukai ular. Bahkan hama pun bisa kabur kalau ada bunga cantik ini di halaman rumah Anda lho, Moms. Menariknya, bunga ini sering dipakai untuk meredakan infeksi sinus. Unik ya, Moms. (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Azerbaijan_stockers/Freepik)