Type Keyword(s) to Search

Agar Cepat Hamil, Ini 7 Buah Penyubur Kandungan Terbaik

Agar Cepat Hamil, Ini 7 Buah Penyubur Kandungan Terbaik

Moms, jika Anda dan pasangan sedang merencanakan kehamilan, ada beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan. Salah satunya adalah mengonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan.

Penelitian telah membuktikan bahwa makan buah-buahan kaya nutrisi dapat meningkatkan tingkat kesuburan, sehingga Anda bisa segera hamil dan mendapatkan momongan. Nah, berikut ini beberapa buah yang bisa Anda konsumsi untuk penyubur kandungan, Moms.

1. Alpukat

Alpukat adalah salah satu superfood yang baik untuk meningkatkan kesuburan. Bagaimana tidak, alpukat merupakan sumber vitamin E, vitamin K, potasium, dan asam folat, yang membantu tubuh Anda menyerap vitamin lain dengan baik sambil menjaga keseimbangan hormon, serta bermanfaat untuk memperbaiki dan menebalkan lapisan rahim.

Ada banyak cara untuk mengonsumsi alpukat: bisa dimakan secara langsung, dicampur ke dalam salad, atau dijadikan jus buah segar. Ingatlah untuk tidak menambahkan susu atau pemanis buatan lainnya agar Anda bisa mendapatkan nutrisi penuh dari segelas jus buah alpukat segar. Anda juga bisa mengolah alpukat menjadi makanan yang lezat, seperti avocado deviled eggs, chicken avocado sandwich, dan avocado toast.

2. Berry

Buah berry, termasuk blueberry, strawberry, dan raspberry, diperkaya dengan antioksidan, asam folat, vitamin C, dan zinc yang baik bagi kesuburan, menurut Jayne Williams, seorang ahli nutrisi dan kesehatan integratif. Antioksidan dan vitamin C dapat membantu melindungi tubuh dari radikal bebas, yang dapat merusak kualitas sel sperma dan sel telur.

Pada pria, vitamin C tidak hanya membantu menjaga kualitas sperma, tetapi juga meningkatkan motilitas sperma. Sementara pada wanita, vitamin C juga dapat membantu meningkatkan kadar progesteron dalam tubuh yang bisa meningkatkan kesehatan rahim dengan menebalkan lapisan rahim.

Berry juga merupakan sumber serat baik yang dapat membantu menurunkan berat badan. Sebagai informasi, wanita dengan berat badan yang berlebihan cenderung lebih sulit untuk hamil.

Anda dapat mengonsumsi berry secara langsung atau segar, dibuat menjadi jus buah atau smoothie segar bersama jenis buah lainnya, atau ditambahkan ke dalam yoghurt dan oatmeal.

3. Delima

Sudah sejak lama delima dikenal sebagai salah satu buah yang baik bagi kesuburan. Ini karena delima kaya akan antioksidan, vitamin C, vitamin K, asam folat, zinc, serta beberapa vitamin dan mineral lainnya yang terbukti bermanfaat bagi kesuburan pria dan wanita.

Sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Clinical Nutrition menunjukkan bahwa antioksidan dalam delima dapat meningkatkan kualitas sperma dan sel telur serta melindungi tubuh dari radikal bebas. Sementara zinc dalam delima juga telah terbukti mampu meningkatkan jumlah sperma dan kualitas sperma, keduanya penting untuk keberhasilan pembuahan.

Sangat mudah untuk menikmati delima, cukup tambahkan ke dalam oatmeal atau greek yoghurt sebagai menu sarapan di pagi hari, dimakan segar, atau dijadikan jus delima.

4. Sitrus

Jeruk, jeruk bali, dan buah sitrus lainnya tidak hanya merupakan sumber vitamin C terbaik, tetapi juga mengandung potasium, kalsium, dan asam folat, yang semuanya sangat penting untuk meningkatkan peluang kehamilan.

Vitamin C dalam buah sitrus sudah tidak perlu diragukan lagi manfaatnya bagi kesuburan pria dan wanita. Bahkan, satu penelitian dalam jurnal Fertility and Sterility menyatakan, vitamin C juga dapat meningkatkan kesuburan pada wanita dengan luteal phase defect, gangguan endokrin umum yang terkait dengan infertilitas dan keguguran spontan. Sementara itu, asam folat dalam buah sitrus diketahui dapat membantu Anda cepat hamil dengan menciptakan lingkungan yang sehat untuk sel telur dan mengatur ovulasi.

5. Kiwi

Buah berikutnya yang termasuk ke dalam buah penyubur kandungan adalah kiwi. Kiwi mengandung vitamin C dan vitamin E yang relatif tinggi. Keduanya telah terbukti dapat meningkatkan kualitas sperma dan sel telur sekaligus meningkatkan motilitas sperma.

Vitamin C dan vitamin E merupakan antioksidan yang dapat mengurangi radikal bebas berbahaya, yang bisa menurunkan kualitas sperma dan sel telur. Menurut penelitian dalam International Journal of Reproductive BioMedicine, ketika dikonsumsi secara bersamaan, vitamin C dan vitamin E terbukti lebih efektif meningkatkan parameter air mani, terutama untuk pria tidak subur.

6. Pisang

Pisang dikemas dengan banyak nutrisi yang diketahui dapat meningkatkan kesuburan, seperti vitamin A, B6, dan C, potasium, dan antioksidan. Semua nutrisi ini bagus untuk meningkatkan jumlah, kualitas, dan motilitas sperma.

Pisang juga mengandung bromelain, enzim yang terbukti dapat meningkatkan kadar testosteron. Seperti diketahui, testosteron berhubungan langsung dengan libido pria, kinerja seksual, dan kesuburan.

7. Jambu

Jambu memiliki kandungan vitamin C tinggi yang diketahui dapat secara signifikan meningkatkan motilitas, jumlah, dan kualitas sperma, serta meningkatkan kesehatan rahim. Buah tropis ini juga mengandung asam folat, vitamin B3, B6, dan A, serta magnesium, yang mana semua kandungan tersebut sangat baik bagi kesuburan.

Dalam sebuah penelitian, pria yang mengonsumsi vitamin C diketahui mengalami peningkatan motilitas sperma dari 30 persen menjadi 60 persen. Ini bisa meningkatkan peluang kehamilan. Perlu diketahui, motilitas sperma dianggap normal jika setidaknya mencapai 50 persen.

Nah, itulah 7 buah-buahan terbaik untuk menyuburkan kandungan. Mengonsumsi buah-buahan tersebut terbukti dapat meningkatkan peluang kehamilan Anda, Moms. (M&B/Fariza Rahmadinna/SW/Foto: Cookie_Studio/Freepik)


Read Next

More Frombump to birth