Type Keyword(s) to Search
BABY

7 Manfaat MPASI Mangga untuk Tumbuh Kembang Bayi

7 Manfaat MPASI Mangga untuk Tumbuh Kembang Bayi

Semua suka mangga! Buah khas Asia ini memang banyak penggemarnya ya, Moms. Selain rasanya yang manis asam menyegarkan, tekstur dan aroma mangga juga enak banget.

Mangga juga punya banyak varian, mulai dari mangga manalagi, gedong gincu, madu, harumanis, golek, kweni, cengkir indramayu, hingga ke mangga alpukat yang merupakan hasil kawin silang antara mangga gedong gincu dan mangga madu.

Duh, Moms pasti jadi ngiler deh, membaca jenis-jenis mangga di atas. Jangankan orang dewasa, bayi saja banyak yang suka mangga, lho! Eh, memangnya boleh mangga dijadikan makanan bayi atau MPASI?

Tentu saja boleh, asalkan tidak diberikan berlebihan, tidak terlalu asam, dan sudah sesuai dengan arahan dokter anak, Moms. Mengutip FirstCry Parenting, mangga sangat aman dikonsumsi oleh bayi berusia 8-10 bulan. Mau tahu apa saja manfaat mangga untuk MPASI bayi? Keep reading, Moms!

1. Meningkatkan kesehatan mata

Mengutip MomJunction, satu cangkir mangga potong bisa membantu memenuhi 25 persen rekomendasi vitamin A harian anak, lho! Tingginya kandungan vitamin A pada mangga bermanfaat untuk kesehatan mata Si Kecil dan menjaganya agar tidak kering.

2. Ampuh lawan sembelit

Bagi bayi yang baru mulai MPASI, sembelit atau sulit buang air besar (BAB) merupakan masalah yang sering terjadi. Nah, untuk membantu mengatasi atau mencegahnya, MPASI puree mangga manis bisa jadi cara ampuh, Moms. Mangga mengandung banyak enzim yang baik untuk pencernaan agar BAB lancar. Rutin mengonsumsi mangga juga bisa mencegah gangguan pencernaan seperti konstipasi.

3. Mempertajam daya ingat

Ingin meningkatkan memori anak? Rutin berikan mangga dong, Moms! Buah ini tinggi akan kandungan asam glutamat yang ampuh banget untuk meningkatkan fungsi otak anak, terutama kemampuan otak dalam mengingat. Tak hanya untuk bayi, anak usia sekolah juga bisa merasakan manfaatnya, lho.

4. Menjaga kesehatan kulit

Kulit tak sekadar harus cantik, tapi juga harus sehat. Nah, agar Si Kecil memiliki kulit yang sehat, lembut, dan berkilau alami, rutin mengonsumsi mangga bisa jadi cara mudahnya. Terlebih, mangga adalah buah yang cukup berair, sehingga sedikit banyak dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap hari. Tubuh bebas dehidrasi, kulit pun sehat terawat.

5. Mencegah anemia

Moms tahu enggak, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyebutkan kalau anemia defisiensi besi (ADB) adalah masalah kekurangan nutrien yang paling sering terjadi pada anak di dunia, lho. Ini tentu bahaya banget karena ADB bisa mengganggu tumbuh kembang anak. Nah, mangga adalah makanan tinggi zat besi yang bisa membantu mencegah ADB sejak bayi.

6. Meningkatkan berat badan

Untuk meningkatkan berat badan bayi, ada banyak makanan tinggi kalori yang bisa Moms coba berikan, salah satunya adalah mangga. Menurut FirstCry Parenting, mangga adalah buah yang rendah lemak, tapi tinggi kalori baik. Ini tentu saja bisa jadi cara ampuh untuk menaikkan berat badan bayi secara sehat.

7. Meningkatkan daya tahan tubuh

Sudah bukan rahasia lagi, mangga adalah buah yang kaya akan berbagai nutrisi, termasuk vitamin C yang terkenal baik agar tubuh enggak gampang sakit. Mangga juga tinggi akan karoten dan beta karoten yang ampuh untuk mengoptimalkan sistem imun anak (yang saat bayi belum terbentuk sempurna). Mangga juga terkenal baik untuk meningkatkan fungsi epitelial dalam tubuh bayi. Fungsi ini penting banget dalam melawan kuman dan infeksi.

Daftar nutrisi mangga

Apa saja sih nutrisi yang terkandung dalam buah mangga? Menurut laman Being The Parent, ini jumlah nutrisi di dalam mangga:

  • Vitamin A: 210 mikrogram
  • Protein: 0,5 gram
  • Kalori: 55
  • Karbohidrat: 11,3 gram
  • Asam folat: 90,43 mikrogram
  • Vitamin B6: 0,1 miligram
  • Vitamin C:  29,08 miligram
  • Copper: 0,07 miligram.

(M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Racool_studio/Freepik)