Type Keyword(s) to Search
ASK THE EXPERT

Penuh Tantangan! Ini Tips Menjaga dan Meningkatkan Mood Anak Selama Sekolah Online, Moms!

Penuh Tantangan! Ini Tips Menjaga dan Meningkatkan Mood Anak Selama Sekolah Online, Moms!

Masa pandemi yang sudah berlangsung nyaris selama dua tahun ini memang membuat perubahan yang cukup besar ya Moms, tak terkecuali pada Si Kecil. Anak-anak yang sebelumnya banyak menghabiskan waktu di sekolah untuk belajar maupun mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, sekarang mau tak mau harus sekolah secara virtual. Hal ini tentunya menjadi tantangan baru, baik untuk Moms maupun untuk Si Kecil.

Sekolah online yang penuh tantangan

Meskipun bisa dibilang bahwa anak-anak saat ini sudah sangat akrab dengan gadget, bukan berarti sekolah online ini tidak menimbulkan berbagai kendala, ya. Sebut saja deh, mulai dari setiap hari harus menggunakan laptop atau gadget lainnya untuk sekolah, hingga membiasakan anak untuk mengikuti conference call dan menggunakan teknologi.

Tak hanya sampai di situ, Moms pun harus ekstra sabar nih, dalam menghadapi mood Si Kecil yang kadang naik-turun. Karena tak bisa dimungkiri bahwa dengan sistem seperti ini, pembelajaran pun menjadi kurang interaktif dan pengalaman tidak dapat dirasakan anak-anak secara langsung. Si Kecil pun sulit untuk termotivasi dan bisa kehilangan semangat belajar.

Itu baru soal sekolah online. Lalu, bagaimana soal pengaturan waktu belajar dan bermain anak? Wah, pastinya cukup membingungkan ya, karena kadang suasana belajar di rumah tidak selalu kondusif. Begitu pun dengan waktu bermain anak. Sebagai orang tua tentunya kita khawatir kan, dengan kesehatan fisik dan mental Si Kecil yang harus selalu berada di dalam rumah? Tapi, membiarkan anak untuk bersosialisasi dengan teman atau bepergian ke tempat yang berbeda juga tentunya menimbulkan kekhawatiran baru. Duh, pusing ya, Moms!

Ngetech Bareng Lenovo: Menjaga dan Meningkatkan Mood Anak Selama Sekolah Online

Mengerti akan kekhawatiran Moms, Selasa, 14 Desember 2021 lalu, di store JD.ID Aeon Mall Sentul, Lenovo bersama Mother & Beyond menggelar YouTube Live , bertajuk “Ngetech Bareng Lenovo: Menjaga dan Meningkatkan Mood Anak Selama Sekolah Online”. Dipandu oleh Novita Angie, Editor in Chief Mother & Beyond, selama kurang lebih 1 jam, semua kekhawatiran Moms dijawab oleh Imam Alka (Lenovo Indonesia), Prema Dipta (Merchandiser PC & Laptop Category JD.ID) dan Roslina Verauli, M.Psi.,Psi. (Psikolog Klinis Anak, Remaja, dan Keluarga).

Menurut Vera, perubahan di masa pandemi ini bisa membuat stres, baik pada orang dewasa, maupun anak-anak. Namun, stres pada anak tentu berbeda, dan sayangnya hal ini sering tak disadari oleh para orang tua. Adapun bentuk-bentuk stres pada anak adalah sebagai berikut:

  • Perubahan perilaku
  • Mood yang mudah berubah, seperti mudah marah, mudah meledak-ledak
  • Mulai mengeluh tentang sekolah, pelajaran, tugas-tugas yang banyak
  • Mulai mengeluh kesepian
  • Relasi dengan orang tua dan adik kakak berubah
  • Tidak menyukai apa yang sebelumnya disukai.

Hal ini dibenarkan oleh Imam Alka dari Lenovo Indonesia. Imam menyadari bahwa Si Kecil yang sebelumnya sangat excited mengikuti sekolah online secara mandiri, lama-kelamaan jarang bertanya kepada orang tua. Tak hanya itu, Imam pun mengatakan bahwa hal simpel sekalipun bisa membuat mood anak berubah, seperti koneksi internet yang sering kali terputus saat belajar online, sehingga Si Kecil tak bisa mendengar dengan baik penjelasan guru.

Lalu, bagaimana untuk mengelola mood anak supaya tetap baik saat mengikuti sekolah online? Vera menyarankan bahwa cara termudah adalah dengan melakukan weekly monitoring. Caranya, pantau dan catat secara detail aktivitas anak, mulai dari bangun hingga tidur. Cek apakah jam tidur anak sudah sesuai kebutuhan menurut usianya. Lalu, cek juga apakah makanan Si Kecil sudah cukup bernutrisi, dan yang terakhir, cek apakah Si Kecil sudah cukup melakukan exercise. Jika 3 hal ini sudah terpenuhi, tentunya mood anak pun akan terjaga dengan baik.

Selain itu, yang paling penting, orang tua juga harus slowing down dan menurunkan ekspektasi, karena anak butuh lebih banyak variasi, kegiatan yang fun, bermain bebas, dan tidak terstruktur.

Gadget pengaruhi mood anak?

Banyak orang tua yang sekarang ini sedang struggling bagaimana menyeimbangkan antara menggunakan teknologi untuk anak belajar dan teknologi untuk bermain di waktu santai. Pastinya Moms tidak ingin kan, Si Kecil kecanduan gadget hingga nantinya memengaruhi mood mereka saat belajar?

Vera mengatakan bahwa ada beberapa ciri yang menandakan bahwa anak sudah terlalu banyak terpapar gadget, antara lain yaitu:

  • Mata mulai sering berair atau mengalami dry eyes
  • Postur tubuh membungkuk
  • Sukar untuk melakukan kegiatan lain selain berada di depan layar gadget.
Anak yang kecanduan gadget sering kali adalah anak-anak yang mengalami masalah seperti kesepian dan bosan, sehingga mereka menjadikan gadget sebagai pelarian.

Jika Moms menemukan hal ini, segera tinjau kembali dan catat jumlah jam yang mereka habiskan di depan gadget selama 1-2 minggu, untuk kemudian segera dibenahi, dengan cara:

  • Hadir dalam kegiatan anak, termasuk saat anak main game di gadget, karena sebenarnya anak belum bisa dilepas dan membuat batasan untuk diri mereka sendiri.
  • Pelajari apa yang anak sukai saat bermain game online, lalu upayakan secara offline. Ciptakan permainan sendiri beserta tantangannya di luar gadget. Hal ini dinamakan bermain aktif.

Memilih gadget yang tepat

Memang anak-anak tidak bisa lepas dari penggunaan gadget, karena itu Moms dan Dads juga harus cermat dalam memilih gadget yang tepat untuk anak, ya. Jangan khawatir, karena Lenovo punya solusinya! Mengadaptasi dari kondisi yang sedang berlangsung saat ini, Lenovo menghadirkan teknologi Smart Learning, dengan fitur-fitur sebagai berikut:

1. Lenovo Aware, di mana ada “asisten pintar” dengan fitur-fitur canggih seperti Posture, Distance, Attention & Break reminders yang selalu mengingatkan anak saat postur anak mulai membungkuk, anak mulai tidak fokus, atau terlalu dekat dengan layar.

2. Smart mic/noise cancellation agar suara tetap jernih saat conference call juga menghilangkan suara background.

3. Eye Care dengan night light untuk mengurangi warna biru di layar sehingga mata tetap terlindungi saat terekspos oleh layar laptop.

4. Super resolution yang menampilkan resolusi video secara real time.

Tak hanya melindungi penggunanya, perangkat laptop ini juga dilindungi oleh SmarterEd di mana perangkat-perangkat yang ada sudah dilengkapi dengan garansi Premium Care (24x7, onsite, single contact), Accidental Damage Protection (provides coverage against unexpected), dan McAfee LiveSafe (ancaman siber). 

Nah Moms, fitur-fitur canggih ini salah satunya bisa Moms dapatkan di laptop Lenovo tipe IdeaPad Slim 3i yang asyiknya juga sudah dilengkapi dengan Microsoft Office Home & Student. Penasaran di mana Moms bisa mendapatkan perangkat canggih ini? Segera kunjungi website maupun apps JD.ID ya, Moms!

Moms ketinggalan obrolan seru ini dan ingin menontonnya? Cek di sini, ya! (M&B/Nanda Djohan/SW/Foto: Lenovo)


Read Next

More Fromask the expert