Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Bye Masalah Keuangan! #YakinBisa Jadi Super Mom yang Melek Finansial di 2022!

Bye Masalah Keuangan! #YakinBisa Jadi Super Mom yang Melek Finansial di 2022!

Ngomongin keuangan, terutama di masa pandemi seperti ini? Duh, rasanya “angker” ya, Moms. Bagaimana tidak, banyak hal yang berubah di 2 tahun belakangan ini, termasuk soal keuangan. Tak sedikit Moms dan Dads yang kehilangan pekerjaan atau mengalami pemotongan gaji. Otomatis, penghasilan pun berkurang, namun kebutuhan anak dan keluarga, serta cicilan-cicilan yang ada terus berjalan.

Tapi, sebagai “menteri keuangan” rumah tangga, kita tak boleh acuh nih, Moms. Masa pandemi ini seharusnya bisa menjadi momentum untuk memikirkan kembali apakah kita siap secara finansial. Nah, untuk bisa siap secara finansial, Moms harus bisa mengatasi masalah keuangan baik di rumah tangga maupun bisnis.

Bagaimana caranya? Bertepatan dengan Hari Ibu 22 Desember lalu, HSBC Advance x Finansialku.com mempersembahkan webinar Kita #YakinBisa Jadi Super Mom “Mother of Money 2022”! Dipandu oleh Novita Angie, Editor in Chief Mother & Beyond, para super mom peserta webinar bisa curhat sekaligus mendapatkan banyak tips bermanfaat seputar keuangan dari Rista Zwestika, CFP (Head of Advisory and Financial Planning dari Finansialku.com), Sylvia (CEO Kopi Soe & COO Menantea, yang juga merupakan merchant MOKA), serta Fransisca K. Arnan (Head of Customer Propositions & Marketing PT Bank HSBC Indonesia). Yuk, simak keseruannya!

Masalah keuangan dalam rumah tangga dan bisnis, apa penyebabnya?

Sering merasa keuangan dalam rumah tangga Moms berantakan berapa pun pemasukannya? Nah Moms, masalah keuangan di rumah tangga ini biasanya disebabkan oleh tidak adanya keterbukaan keuangan, jarang melakukan financial check-up, tidak mengelola keuangan dengan baik, tak memiliki dana darurat/asuransi, tak memiliki manajemen pinjaman yang benar, dan tak punya rencana keuangan.

Lain lagi dengan Moms yang memiliki bisnis. Biasanya, masalah keuangan timbul karena keuangan pribadi dan bisnis yang tercampur, sulit melacak keuntungan dan kerugian, tidak memiliki dana darurat bisnis, market menurun, tak membuat laporan keuangan bisnis, dan kondisi keuangan bisnis yang tak menentu.

Agar masalah keuangan itu bisa dihindari, Rista Zwestika, CFP menyarankan Moms untuk mengatur keuangan. Yang penting, harus ada kesepakatan, soal sumber dan penggunaan pendapatan aktif (dana yang rutin diterima setiap bulan). Lalu, buat anggaran berdasarkan tingkat keperluan. Selain itu, jangan lupa sisihkan penghasilan secara rutin untuk menabung dan berinvestasi ya, Moms.

Mewakili mompreneur dalam webinar ini, Sylvia membenarkan bahwa kadang memang memusingkan untuk mengatur antara uang pribadi, uang rumah tangga, dengan uang untuk berbisnis. Namun Sylvia menegaskan bahwa sangat penting untuk bisa menyesuaikan dengan situasi dan kondisi. CEO Kopi dan COO Menantea ini juga merasa sangat terbantu akan adanya kemajuan teknologi seperti aplikasi MOKA yang memudahkannya mengatur bisnis sehari-hari.

#YakinBisa jadi super moms bersama HSBC Advance

Sebelum memulai investasi, kita harus paham dulu nih Moms, perbedaan antara investasi dan tabungan. Berbeda dengan menabung yang digunakan untuk kebutuhan setiap bulan, investasi adalah bagaimana uang bertumbuh untuk masa depan. Investasi ini tentunya harus disesuaikan dengan tujuan masing-masing. Setiap pilihan investasi, tetap ada risikonya. Lalu, bagaimana cara Moms me-manage risiko tersebut? Saran dari Rista, selalu rencanakan goal based investment, yang meliputi riset, hitung, proteksi, investasi, dan review.

Nah berdasarkan penjelasan dari Fransisca K. Arnan, HSBC punya Life Hacks supaya Moms makin yakin dan semangat mempersiapkan masa depan keluarga. Bersama HSBC Advance, Moms bisa:

1. Menabung lebih cerdas. Produk tabungan dengan bunga tinggi yang dapat digunakan untuk menyimpan dana darurat dan tabungan dengan 12 mata uang.

2. Invest with the best. Beragam produk investasi dan asuransi pilihan mulai dari penempatan Rp 500 ribu yang dapat disesuaikan dengan profil risiko dan jangka waktu investasi Anda. HSBC bisa menjadi pilihan tepercaya karena sudah 4 tahun berturut-turut terpilih sebagai The Best Manager di Indonesia (2018-2021) dari Triple A.

3. Penuhi kebutuhan dan gaya hidup progresif. Dapatkan keuntungan setiap kali bertransaksi.

4. Keuntungan ekstra bagi SuperMoms Entrepreneur. Dapatkan solusi perbankan lengkap untuk bisnis Anda melalui HSBC Fusion.

Banjir Hadiah!

Tak hanya dapat banyak ilmu berharga seputar mengatur keuangan, para Moms juga dimanjakan oleh berbagai hadiah, nih. Ada hadiah saldo e-wallet untuk Moms yang berhasil menjawab dengan cepat dan tepat dalam games tebak gambar dan penanya terbaik, serta free konsultasi bersama perencana keuangan Finansialku. Wah, asyik banget, ya. 

Banyak banget nih, tips-tips seputar keuangan yang bisa Moms dapatkan setelah mengikuti webinar ini, dan yang pasti, makin #YakinBisa untuk Jadi Super Mom “Mother of Money 2022”, dong.  Untuk Moms yang belum sempat ikutan, jangan berkecil hati. Moms bisa tahu lebih lengkap soal HSBC Advance di sini atau hubungi call centre di 1500 808 (HSBC Advance) dan 1500 501 melalui HSBC Fusion, ya. Sampai jumpa di webinar selanjutnya, Moms! (M&B/Nanda Djohan/SW/Foto: Mother & Beyond)