Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Ingin Cepat Punya Anak? Anda Bisa Coba 5 Langkah Ini, Moms dan Dads!

Ingin Cepat Punya Anak? Anda Bisa Coba 5 Langkah Ini, Moms dan Dads!

Memiliki anak tentunya merupakan keinginan hampir semua pasangan suami istri. Nah, ada sejumlah cara buat Moms dan Dads agar lebih cepat punya anak atau menambah momongan.

Perlu diketahui, bercinta tidak selalu berujung pada kehamilan. Dilansir dari WebMD, peluang terjadinya kehamilan secara alami setelah berhubungan seks tanpa alat kontrasepsi pada umumnya hanya berkisar sebesar 15-25 persen.

Persentase tersebut tentunya dipengaruhi oleh sejumlah kondisi, seperti masa subur, kondisi kesehatan suami maupun istri, gaya hidup, dan lain sebagainya. Nah, jika Anda menginginkan anak, Anda bisa mengikuti tips berikut ini.

1. Bercinta pada masa subur

Yang dimaksud dengan masa subur adalah periode pada wanita ketika ovarium akan melepaskan sel telur yang telah siap dibuahi oleh sperma ke dalam tuba falopi. Apabila Anda bercinta pada masa subur, maka peluang untuk terjadinya pembuahan akan lebih besar.

Lantas bagaimana mengetahui seorang wanita tengah memasuki masa subur? Salah satu caranya adalah dengan rutin mencatat jadwal menstruasi. Anda juga bisa menggunakan alat tes masa subur atau memeriksa tekstur lendir serviks.

Sebagai catatan, lendir serviks selama masa subur biasanya berjumlah lebih banyak, berwarna jernih, dan teksturnya cair. Jumlah dan tekstur lendir serviks pada masa subur ini dianggap sebagai kondisi terbaik guna mempermudah sperma bergerak menuju sel telur.

Baca juga: Moms, Ini 6 Tanda Anda Tengah Memasuki Masa Subur

2. Bercinta secara rutin

Setelah mengetahui masa subur, Anda dan pasangan tentunya juga perlu rutin melakukan hubungan seks. Anda bisa bercinta setiap 2 atau 3 hari sekali selama masa ovulasi, yaitu sekitar 12-16 hari sebelum menstruasi dimulai. Jangan lupa juga untuk melepaskan segala bentuk alat kontrasepsi, seperti tidak minum pil KB atau tidak memakai kondom. 

3. Coba posisi bercinta tertentu

Ada cukup banyak posisi bercinta yang bisa Anda coba dengan pasangan. Tetapi beberapa posisi seks diyakini bisa membantu memperbesar peluang untuk hamil, yaitu misionaris dan doggy style atau penetrasi dari belakang.

Klaim ini memang masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Namun kedua posisi seks tersebut dapat mempermudah masuknya sperma ke rahim dan membuahi sel telur sehingga dianggap dapat meningkatkan peluang untuk hamil.

Namun yang tak kalah penting, pastinya Anda merasa nyaman saat bercinta dengan pasangan. Pasalnya, kondisi mental seseorang juga dapat memengaruhi peluang untuk bisa hamil.

4. Mengonsumsi makanan bergizi

Ya, asupan makanan Anda sehari-hari juga bisa memengaruhi peluang untuk hamil, Moms dan Dads. Makanan dengan kandungan nutrisi yang baik tidak hanya menjaga tubuh Anda tetap sehat, tetapi juga bisa menyuburkan kandungan dan meningkatkan kualitas sperma.

Nutrisi seperti asam folat, zat besi, antioksidan, asam lemak omega-3, dan zinc, disinyalir dapat meningkatkan peluang terjadinya kehamilan. Asupan beragam nutrisi tersebut dapat diperoleh dari beberapa jenis makanan, seperti sayuran hijau, buah-buahan, telur, biji-bijian utuh, dan ikan salmon.

5. Perbaiki gaya hidup

Badan yang sehat dan bugar tidak hanya diperoleh dari mengonsumsi makanan bergizi. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, Anda juga perlu memperbaiki gaya hidup mulai dari cukup berisirahat, berolahraga, dan tidak mengonsumsi terlalu banyak makanan manis serta berlemak.

Tahukah Anda bahwa berat badan berlebih (obesitas) pada wanita dapat mengganggu jadwal menstruasi? Sedangkan pada pria, berat badan berlebih dapat menurunkan jumlah dan kualitas sperma. Oleh sebab itu, Anda dan pasangan sangat disarankan untuk menjaga berat badan tetap ideal guna memperbesar terjadinya kehamilan.

Selain itu, Anda juga perlu menjauhi stres, serta meninggalkan kebiasaan mengonsumsi alkohol dan merokok. Kebiasaan buruk semacam itu juga bisa mengganggu program kehamilan Anda. (M&B/Wieta Rachmatia/SW/Foto: Senivpetro/Freepik)


Read Next

More Frombump to birth