Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Cara Ampuh Mengatasi Kantuk Berlebihan saat Sedang Beraktivitas

Cara Ampuh Mengatasi Kantuk Berlebihan saat Sedang Beraktivitas

Rasa mengantuk bisa muncul kapan saja, saat kita sedang bekerja, membaca buku, menonton film, atau bahkan saat sedang berkendara. Salah satu gejala munculnya kantuk adalah fokus menjadi buyar dan kita bahkan sulit berkonsentrasi. Kantuk pun bisa menghampiri kapan saja, baik di siang hari, sore hari, bahkan di pagi hari saat kita sedang sibuk beraktivitas.

Mengantuk bisa disebabkan oleh banyak hal, umumnya adalah karena kurangnya tidur dan keseringan begadang. Tak jarang rasa kantuk yang datang berlebihan bisa mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Untuk itu, penting buat Anda mengetahui bagaimana cara menghilangkan kantuk yang ampuh dan efisien agar aktivitas Anda tidak terganggu akibat kantuk yang menyerang. Ini beberapa cara yang bisa dilakukan, Moms.

Baca juga: Ini Penyebab Seseorang Mudah Mengantuk yang Jarang Diketahui

1. Minum air putih

Salah satu penyebab kantuk adalah dehidrasi yang diakibatkan oleh kurangnya asupan air dalam tubuh sehingga membuat Anda cepat lelah dan mudah mengantuk. Karena itu, cara untuk menghilangkan kantuk adalah dengan rutin mengonsumsi air putih. Untuk itu, cukupilah kebutuhan cairan dengan mengonsumsi air putih minimal 8 gelas per hari, sehingga bisa mencegah dan mengurangi rasa mengantuk saat Anda melakukan aktivitas.

2. Hindari duduk terlalu lama

Duduk terlalu lama dan tidak mengubah posisi akan mengundang kantuk menghampiri Anda. Padahal inilah yang dilakukan kebanyakan orang saat bekerja. Untuk menghindari kantuk, usahakanlah agar Anda sesekali berdiri dari kursi dan berjalan ke tempat lain agar darah bisa mengalir dengan lancar. Setelah melakukan hal tersebut, tubuh tentu akan terasa lebih segar dan kantuk pun berkurang.

3. Berada di tempat yang terang

Berada di tempat yang terang atau cukup cahaya saat melakukan aktivitas juga bisa mencegah kantuk menyerang. Hal ini dikarenakan tubuh akan merespons cahaya terang dan menyesuaikan diri. Cahaya bisa membantu meningkatkan konsentrasi dan meredam kantuk. Karena itu, nyalakan lampu, dan jika memungkinkan, bukalah penutup jendela agar cahaya matahari bisa masuk, saat Anda sedang bekerja atau belajar.

4. Mendengarkan musik

Suasana ruangan yang sunyi berpeluang besar mengundang kantuk datang. Nah, mendengarkan musik bisa menjadi salah satu solusi untuk mengurangi dan mencegah kantuk. Cukup pilih lagu atau musik favorit Anda yang ceria dan bertempo cepat untuk “membangunkan” otak Anda dan membantu menyegarkan kembali tubuh Anda.

5. Ngobrol dengan teman

Berbincang dengan teman juga bisa menjadi salah satu cara untuk menghilangkan kantuk. Mengobrol, baik membahas soal pekerjaan ataupun hal lainnya, bisa membantu otak kita tetap terjaga dan kita pun jadi bisa tetap fokus, karena saat ngobrol kita akan berkonsentrasi mendengar dan menanggapi orang yang berbicara dengan kita.

6. Senantiasa bergerak

Agar kantuk hilang, seperti sudah disebutkan di atas, hindari duduk atau berdiam terlalu lama dan usahakan untuk senantiasa bergerak. Hal ini dilakukan agar otak tetap bisa terjaga dan berkonsentrasi sehingga tidak muncul kantuk berlebih. Anda bisa melakukan aktivitas ringan seperti berjalan atau melakukan peregangan. Selain menangkal kantuk, aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin juga bermanfaat menjaga tubuh kita tetap sehat, lho.

7. Melakukan peregangan

Jika Anda terlalu sibuk bangkit dari tempat duduk untuk sekadar berjalan-jalan guna mengusir kantuk, melakukan peregangan sederhana di tempat duduk juga bisa mengatasi kantuk, misalnya dengan merentangkan kedua tangan, menekuk salah satu tangan secara bergantian, menekuk leher ke samping kiri dan kanan, atau hanya sekadar memutar badan ke kiri dan kanan sambil tetap duduk.

8. Ambil napas dalam-dalam

Duduk dalam waktu lama tanpa bergerak sama sekali bisa mengakibatkan paru-paru sulit menangkap udara secara optimal. Akibatnya tubuh Anda akan kekurangan oksigen dan Anda akan merasa mengantuk. Karena itu, Anda perlu ubah cara duduk menjadi tegak sambil mengambil napas dalam-dalam untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan oksigen. Dengan begitu, rasa kantuk dan lelah pun akan berkurang.

9. Tidur siang

Apabila kantuk menyerang dan Anda juga tidak sedang terlalu sibuk atau diburu pekerjaan, tak ada salahnya menyempatkan untuk tidur siang sejenak guna mengusir kantuk. Cukup luangkan waktu sekitar 15-30 menit untuk tidur siang, Anda akan bisa segar kembali saat terbangun. Aktivitas tidur kilat ini sering disebut dengan istilah power nap dan sudah terbukti bisa mengisi kembali tenaga Anda. (M&B/SW/Foto: KamranAydinov/Freepik)