Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Rekomendasi Sikat Gigi Lembut untuk Anak 1 Tahun ke Atas

Rekomendasi Sikat Gigi Lembut untuk Anak 1 Tahun ke Atas

Rutin menyikat gigi perlu dibiasakan sejak dini, Moms. Bahkan bayi yang belum tumbuh gigi pun harus rutin dibersihkan rongga mulut dan lidahnya, lho. Nah, ketika anak Anda sudah berusia di atas 1 tahun, ia sudah bisa menggenggam sendiri sikat giginya. Walau tentu anak 1 tahun masih perlu dipandu orang tua dalam menyikat gigi, rutinitas ini perlu dibiasakan agar Si Kecil terbiasa menjaga kesehatan giginya sejak dini.

Untuk mendukung proses ini, pemilihan sikat gigi untuk anak 1 tahun harus sebaik mungkin. Tak boleh sekadar memiliki gambar menarik, sikat gigi untuk anak 1 tahun ke atas juga harus nyaman digenggam dan bulunya cukup lembut untuk membersihkan rongga mulutnya yang masih sensitif.

Baca juga: Rekomendasi Pasta Gigi untuk Si Kecil

Bingung memilih sikat gigi untuk anak 1 tahun? Simak rekomendasi M&B berikut ini yuk, Moms!

1. Oral-B Stages 1 The Pooh

Merek yang satu ini sepertinya sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Oral-B Stages 1 ini cocok untuk dijadikan sikat gigi pertama anak usia 2-24 bulan. Sikat gigi ini membersihkan gigi secara halus sekaligus memijat gigi bayi dan gusi yang masih lembut.

Jangan takut gigi anak terbentur kepala sikat gigi, karena kepala sikat gigi ini dibuat empuk dan dirancang untuk membantu melindungi gusi Si Kecil. Gagangnya non-slip, sangat mudah digenggam anak dan orang tua yang membantu anaknya menyikat gigi. Lebih menariknya lagi, gambarnya pun menarik!

Beli di Tokopedia

2. Jordan Oral Care Kids Step 1

Sikat gigi dengan gagang super nyaman untuk digenggam anak 1 tahun? Bentuk sikat gigi Jordan Step 1 ini tepat banget nih, Moms. Ada lubang di tengah gagangnya, sehingga mudah digenggam anak atau orang tua yang membantu sikat gigi.

Terdapat bagian khusus pada gagang sikat yang bisa digigit anak-anak untuk dapat memijat gusi dan juga melatih otot rahang anak. Leher sikatnya juga pendek sehingga lebih aman untuk mencegah anak 1 tahun tersedak. Didesain khusus untuk anak 1-2 tahun, pilihan warnanya juga banyak lho, Moms!

Beli di Shopee

3. Dr. Brown’s Infant to Toddler Toothbrush

Menyikat gigi lebih menyenangkan dengan sikat gigi menggemaskan. Ada yang berbentuk mirip jerapah kuning, lumba-lumba biru, flamingo merah jambu, dan buaya hijau. Sikat gigi khusus anak 3 bulan ke atas ini punya suction cups yang membuatnya bisa berdiri kokoh. Tak sekadar desainnya yang menarik, bulu sikatnya juga lembut dan tahan lama. Soal keamanan tidak perlu diragukan lagi karena sikat gigi ini BPA free lho, Moms.

Beli di Tokopedia

4. Kub Training Silicone Toothbrush

Sikat gigi untuk anak 6 bulan sampai 3 tahun ini unik banget karena memiliki bulu sikat silikon BPA free! Takut anak menelan pasta gigi? Sikat gigi Kub ini memungkinkan anak menyikat giginya sendiri tanpa pasta gigi, lho.

Bahannya lembut banget dan aman melindungi gusi Si Kecil. Desain gagangnya juga nyaman digenggam dan memiliki pengaman untuk mencegah anak tersedak. Setelah digunakan, jangan lupa untuk membilas sikat gigi dengan air bersih bersuhu di atas 60 derajat Celsius ya, Moms.

Beli di Shopee

5. Pigeon Training Toothbrush Lesson 3

Pigeon memiliki varian lengkap sikat gigi khusus bayi yang menemani tumbuh kembang Si Kecil sejak baru lahir. Untuk anak 12-18 bulan, Moms bisa memilih Pigeon Training Toothbrush Lesson 3 yang nyaman digenggam dan mudah digunakan.

Beli di Shopee

6. Nuby Tooth and Gum Care Set

Desainnya menyenangkan dan pas banget di mulut Si Kecil. Sikat gigi ini dijual per set dan bisa digunakan anak sejak baru lahir hingga di atas 1 tahun. Terdapat rangkaian Stage 1-4 untuk membersihkan mulut dan gigi Si Kecil. Stage 1 untuk memijat dan membersihkan gusi bayi, Stage 2 untuk anak yang baru mulai tumbuh gigi, Stage 3 untuk membersihkan gigi-gigi yang mulai banyak tumbuh, dan Stage 4 untuk membersihkan gigi susu anak 1 tahun ke atas.

Beli di Tokopedia

Baca juga: Rekomendasi Vitamin Penambah Nafsu Makan untuk Anak

(M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Dr. Brown's, Jordan, Kub, Nuby, Oral-B, Pigeon)