Type Keyword(s) to Search
KID

Cara Ampuh untuk Bantu Menurunkan Berat Badan Anak

Cara Ampuh untuk Bantu Menurunkan Berat Badan Anak

Moms, pernah perhatikan gerak-gerik anak Anda? Apakah ia mengalami kesulitan bergerak karena tubuhnya terlalu gemuk atau apakah ia sulit bernapas saat melakukan aktivitas fisik yang intens? Jika ya, bisa jadi ia mengalami kelebihan berat badan atau bahkan menderita obesitas.

Kelebihan berat badan atau bahkan obesitas memang tidak baik, khususnya jika terjadi pada anak-anak. Di luar soal penampilan, anak yang mengalami kegemukan bisa menderita banyak masalah kesehatan yang berbahaya. Dan gangguan ini akan bertahan hingga ia beranjak dewasa nantinya, Moms.

Anak yang kelebihan berat badan atau kegemukan mungkin bisa dibilang merupakan fenomena lazim di era digital ini. Kebiasaan menggunakan gadget di rumah membuat anak kurang berminat untuk melakukan aktivitas fisik di luar rumah.

Agar terhindar dari risiko kelebihan berat badan atau obesitas, ia tentu perlu dibantu untuk menjaga berat badannya agar tetap ideal. Moms dapat melakukan beberapa hal berikut ini untuk membantunya menurunkan berat badannya dengan langkah yang mudah dan menyenangkan.

1. Atur jadwal dan porsi makan

Sejak awal, tubuh harus dibiasakan untuk makan tepat waktu dan dengan porsi yang cukup. Dengan begitu, sistem pencernaan akan bisa bekerja dengan optimal. Apabila jadwal makan anak berantakan, hal tersebut bisa mengganggu sistem pencernaan serta metabolisme tubuh. Sedangkan porsi makanan yang tepat akan menghindari tumpukan lemak pada perut dan bagian tubuh lain serta mencegah obesitas.

Baca juga: 5 Menu Sarapan Ini Bisa Sebabkan Obesitas pada Anak, Lho!

2. Batasi konsumsi makanan tinggi lemak dan kalori

Yang namanya anak-anak, mereka tentu menyukai makanan manis atau makanan cepat saji yang tinggi lemak dan kalori. Nah, Moms perlu membatasi pemberian makanan tersebut sehingga tidak terjadi penumpukan lemak berlebihan. Anda tentu saja boleh memberikan makanan apa pun dalam porsi dan jumlah yang cukup, tapi sebisa mungkin carilah jenis makanan yang sehat dan usahakan untuk mengolah sendiri menu kesukaan anak Anda, Moms.

3. Perbanyak aktivitas fisik

Saat ini penggunaan gadget memang sudah sangat akrab di kalangan anak-anak. Namun, bukan berarti smartphone atau televisi menggantikan aktivitas yang memerlukan kekuatan fisik. Ajaklah anak untuk bermain sepeda atau berolahraga di sekitaran rumah. Dengan melakukan aktivitas fisik, tubuhnya akan berkeringat dan membantu pembakaran kalori sehingga tidak ada kalori yang menumpuk.

4. Jaga kualitas tidur

Selain melakukan aktivitas fisik, anak juga perlu memiliki waktu istirahat yang cukup, setidaknya sekitar 8-10 jam dalam sehari. Jadwal tidur yang diterapkan dengan disiplin akan membantu tubuh anak bekerja dengan optimal sehingga terjaga kesehatannya.

5. Beri contoh dan pengertian

Yang tak kalah penting, Moms dan Dads tentu juga perlu memberikan contoh kepada anak untuk memiliki berat badan yang ideal. Jelaskan padanya bahwa menurunkan berat badan sesuai ukuran yang ideal akan membuatnya tetap sehat, bugar, dan aktif. Rasa percaya diri anak juga akan lebih tinggi karena memiliki bentuk tubuh yang ideal.

6. Punya target

Apabila anak sudah menunjukkan bahwa ia mengalami obesitas, maka Anda perlu menentukan target berat badan agar lebih ideal. Untuk hal ini, Moms perlu mendiskusikannya dengan ahli gizi agar target tersebut tetap realistis dan tidak membebani anak. Yang terpenting adalah tetap penuhi kebutuhan nutrisinya sehingga tumbuh kembangnya tetap optimal, Moms. (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Freepik)