Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Ramah Lingkungan, Intip Rekomendasi Menstrual Pad Brand Lokal

Ramah Lingkungan, Intip Rekomendasi Menstrual Pad Brand Lokal

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi pencemaran lingkungan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya dengan memilih produk ramah lingkungan seperti menstrual pad atau pembalut kain. Pembalut dari bahan kain tentunya bisa dicuci dan dapat dipakai kembali setelah bersih, sehingga bisa jadi alternatif pengganti pembalut sekali pakai.

Saat ini ada banyak pembalut kain yang dibuat oleh brand lokal dengan kualitas yang baik. Selain mengurangi pencemaran lingkungan, Moms juga bisa lebih irit karena tidak ada lagi pengeluaran khusus buat pembalut sekali pakai.

Nah, kali ini M&B punya rekomendasi menstrual pad atau pembalut kain buatan brand lokal untuk Anda coba, Moms. Yuk, intip rekomendasinya berikut ini!

1. Baby Oz

Sudah ada sejak 2009, Baby Oz menjadi salah satu brand lokal yang memproduksi beberapa ukuran reuseable menstrual pad. Ada 3 ukuran, yaitu Minipad dengan panjang 20 cm, Day dengan panjang 27 cm, dan Nite dengan panjang 35 cm. Bahan yang digunakan adalah polyester/cotton PUL, mulai dari yang polos sampai bermotif lucu. Menspad-nya memiliki bukaan yang akan memudahkan Moms membersihkannya sampai ke bagian dalam pembalut.

2. Nadnad

Ada banyak motif ceria dengan berbagai warna pada menspad buatan Nadnad. Salah satu keunggulannya adalah bahan bagian dalam yang terbuat dari kain diadora stay dry dan bahan waterproof dari jasbaby lembut. Daya serapnya pun bisa mencapai 100 ml dengan panjang hingga 27 cm, sehingga cocok untuk Moms dengan flow menstruasi yang lumayan banyak.

3. Cluebebe

Cluebebe menjadi brand lokal lain yang memiliki menspad dalam berbagai warna. Ukuran yang ada terdiri dari Night sepanjang 35 cm, Day sepanjang 27 cm, dan Minipad/pantyliner dengan ukuran 20 cm. Bahan dari menspad ini adalah inner microfleece yang lembut dan kering, insert microfiber yang dapat menyerap cairan, dan outer waterproof yang breathable, sehingga tidak gerah dan bikin lecet. Moms juga tak perlu khawatis saat siklus heavy flow terjadi, karena terdapat insert dan insert khusus nifas yang bisa dipakai jika diperlukan.

4. Sedarikini

Untuk mendukung gaya hidup yang sustainable, Moms bisa memiliki menspad dari Sedarikini. Tersedia 3 ukuran pembalut, untuk malam (35 cm) dan sehari-hari (27 cm), serta panty liner (24 cm). Menspad terbuat dari bahan yang lembut dan nyaman di kulit serta memiliki tambahan inner pad ketika lapisan dirasa kurang cukup untuk menampung atau sedang heavy flow.

5. Yuspin

Brand lokal Yuspin tidak hanya mengirim produk di Indonesia, tetapi juga menerima worldwide shipping. Karena secara khusus memproduksi pembalut kain, brand ini pun menyediakan beberapa ukuran, mulai dari paket pembalut day use 27 cm, night use 30 cm, super night use 35 cm, dan pantyliner 18 cm. Kain yang digunakan pun bersifat antibacterial dan berkualitas tinggi serta mudah dipakai oleh pemula maupun pemakai setianya.

6. Herbi

Koleksi menspad dari Herbi memiliki 3 lapisan yang menjadi keunggulannya. Lapisan tersebut terdiri dari lapisan luar yang bermotif dari kain waterproof, lalu lapisan bagian dalam berupa kain handuk microfiber yang digunakan untuk menampung cairan dan menjaga permukaan tetap kering, serta yang terakhir lapisan luar polos dari microfleece yang lembut dan cepat kering. Tersedia 2 variasi ukuran pembalut, yaitu reguler dengan ukuran 30 cm dan pembalut kain diamond type ukuran 27 cm yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan Moms.

7. Biyung

Salah satu keunikan brand Biyung adalah filosofinya, yaitu ingin membalas kasih ibu bumi kepada kita. Karenanya, Moms bisa menemukan beragam produk ramah lingkungan untuk kebutuhan sehari-hari seperti menspad. Pembalut yang dapat dibeli dalam 1 set ini terdiri dari 4 ukuran, di antaranya S dengan ukuran 25 cm, M dan L dengan ukuran 30 cm, dan XL untuk pemakaian malam sepanjang 35 cm. Motif batik pada kain katun di lapisan luar juga memberikan nilai tersendiri dengan bahan lapisan dalam berupa kain flanel serta kain waterproof yang tidak mudah tembus.

8. Soul

Dengan nama akun Instagram soul4earth, brand Soul juga menghadirkan reuseable menstrual pad yang bisa Moms pilih. Brand lokal ini menyediakan 4 ukuran menspad, mulai dari S (20 cm), M (23 cm), L (28 cm), dan XL (30 cm). Ketebalan bahan lapisan mikrofiber akan disesuaikan pada tiap ukurannya serta terdapat bahan bamboo terry untuk lapisan bagian dalam. Moms juga bisa memiliki kantong pembalut kain tahan air yang disediakan Soul untuk membawa menspad tanpa repot ketika traveling.

9. Demi bumi

Single Pad Waterproof menjadi produk menspad dari Demi Bumi yang bisa Moms pakai saat datang bulan tiba. Bahan yang digunakan terdiri dari lapisan bawah yang waterproof, 2 lapisan kain katun dalam, dan 2 lapisan kain katun flanel baby yang membuat menspad ini nyaman digunakan. Menspad tersedia dalam 3 ukuran, yaitu S dengan panjang 20 cm, M dengan panjang 26 cm, dan L dengan panjang 32 cm. Jika dibutuhkan, Anda bisa menambahkan insert refill yang sangat berguna untuk Anda yang heavy flow.

10. Babyclo

Selain menyediakan baby cloth diaper, Babyclo juga memiliki menstrual pad dengan varian yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Ada yang bentuknya sama seperti pembalut pada umumnya dan ada yang memiliki bagian belakang lebih lebar dengan ukuran mulai dari S sampai XL. Terdapat menspad dengan bahan bamboo terry pada bagian dalam dan polyurethane laminate yang waterproof dan breathable pada bagian luar. Selain itu, tersedia juga menspad untuk heavy flow, dibuat dengan bahan bamboo charcoal dengan ukuran 30 cm.

Perlu diingat, Moms harus merasa nyaman dengan reuseable menstrual pad yang dipakai. Bawalah lebih dari satu pembalut ketika beraktivitas untuk mengantisipasi haid dialami. Lakukan stripping jika muncul bau pada pembalut kain dengan merendam pembalut menggunakan baking soda dan air panas. Trik ini akan meluruhkan detergen cuci yang menumpuk dan menstrual pad bisa kembali bersih serta nyaman saat dipakai kembali. (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Instagram, Pikisuperstar/Freepik)


Read Next

More Fromfamily & lifestyle