Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

6 Rekomendasi Menstrual Cup Berbahan Aman dan Nyaman

6 Rekomendasi Menstrual Cup Berbahan Aman dan Nyaman

Kesadaran masyarakat Indonesia tentang keberlangsungan lingkungan hidup semakin tinggi saat ini. Berbagai produk yang terbuat dari bahan ramah lingkungan dan aman untuk dipakai berulang pun semakin banyak. Salah satunya menstrual cup, yang bisa menjadi pengganti pembalut sekali pakai yang dapat mengurangi jumlah sampah plastik dan kimia. Moms pun bisa mengintip rekomendasi menstrual cup dari berbagai brand lokal yang M&B kumpulkan berikut ini.

1. Dayliee

Menstrual cup dari Dayliee terbuat dari bahan latex rubber yang termasuk sebagai silicon medical grade. Bahan ini aman digunakan sebagai pengganti pembalut dengan pemakaian hingga 10 tahun. Tersedia ukuran S untuk perempuan yang belum melahirkan dan L untuk perempuan yang sudah melahirkan.

2. Ecotalk

Moms bisa temukan 3 ukuran menstrual cup dari Ecotalk sesuai kebutuhan. Ada ukuran Small dengan diameter 3,8 cm, Medium berdiameter 4,2cm, dan Large yang berdiameter 4,6cm. Ukuran ini bisa dibilang mirip dengan menstrual cup yang diproduksi dari luar negeri. Saat membelinya, Anda akan mendapatkan canvas pouch yang bisa dipakai buat menyimpan menstrual cup untuk dibawa bepergian.

3. Rhea

Menstrual cup dari Rhea merupakan produk pertama yang diuji dengan standar FDA dari Indonesia. Hanya ada satu warna, yaitu merah muda dengan ukuran S berkapasitas 15 ml dan L dengan kapasitas 20 ml. Yang menjadi keunikan lainnya dari produk ini adalah bentuk packaging yang terbuat dari kertas dan dapat digunakan kembali sebagai tempat penyimpanan pulpen atau peralatan makeup.

4. Soul

Moms masih ingat dengan brand Soul? Selain menstrual pad, mereka juga memproduksi menstrual cup yang hadir dengan 3 bentuk berbeda. Tersedia basic, ring, dan crown yang dapat Moms pilih sesuai dengan kebutuhan dan tinggi rendahnya serviks. Dengan kisaran harga Rp156.000 sampai Rp225.000, Anda bisa menjalani perubahan gaya hidup yang lebih ramah lingkungan.

5. GCup

Salah satu brand lokal, GCup juga memiliki menstrual cup yang hadir dalam dua warna, biru dan pink. Menstrual cup tersedia dalam 3 ukuran, yaitu XS yang berdiameter 38 mm, S yang berdiameter 42 mm, dan L yang berdiameter 47 mm. Terbuat dari bahan silikon medis yang aman untuk tubuh, menstrual cup ini juga memiliki harga yang cukup terjangkau, lho.

6. Natureal

Natureal juga menghadirkan Aisha V-Cup, menstrual cup yang nyaman dan pas untuk Moms yang aktif. Satu V-Cup dapat dipakai selama 5 hingga 10 tahun, sehingga lebih ekonomis. Produk ini terbuat dari bahan silikon medis yang aman untuk tubuh, sehingga tidak akan menimbulkan iritasi pada area kewanitaan, meskipun dipakai untuk beraktivitas sehari-hari.

Penting diingat, Moms perlu memperhatikan beberapa hal saat memilih menstrual cup sebelum membelinya. Untuk memastikan ukuran cup yang pas, sesuaikan dengan usia dan riwayat kehamilan Anda. Ukur juga panjang vagina dengan cara memasukkan 1-3 buku jari ke dalam vagina hingga menyentuh serviks. Pastikan juga volume darah haid, aktivitas fisik, serta alergi yang mungkin Anda alami agar menstrual cup bisa berfungsi dengan baik dan Anda pun dapat menggunakannya dengan nyaman. (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Freepik, Instagram)